Aneka Menu Prasmanan Khitanan Murah dan Lezat
Lunch Catering

Aneka Menu Prasmanan Khitanan Murah dan Lezat

Dapur efisien jadi alasan menu prasmanan khitanan murah

Dalam memproduksi makanan, dapur merupakan aset terpenting yang tidak bisa diganggu gugat selain bahan makanan itu sendiri. Termasuk ketika memproduksi menu pesta sunatan murah secara massal. Tak hanya ketersediaan alat, seperti mixer untuk roti kompor, gas, perangkat memasak, dan bahan makanan yang wajib dipikirkan, tetapi juga letak denah, dapur, alat memasak,serta bumbu masakan harus dipikirkan sedemikian cermat untuk memangkas waktu sehingga target penjualan menu prasmanan khitanan murah dapat tercapai.

Lantas, apa saja yang harus dicermati dalam membangun dapur efisien?

Pembagian area dapur

Umumnya, dapur efisien untuk memproduksi menu prasmanan khitanan murah dibagi menjadi 5 area berdasarkan fungsinya. Area pertama merupakan tempat untuk menyimpan bahan makanan. 

Dapur efisien profesional wajib memiliki gudang penyimpanan bahan makanan sendiri. Gudang tersebut tak jarang memiliki penampakan serupa grosir. Gudang bahan makanan ini pun tak boleh terlalu jauh dari dapur. Sehingga ketika bahan makanan dari supplier datang, dapat langsung dimasukkan ke dalam dapur. Pun sebaliknya, ketika bahan makanan di dapur habis dapat segera dipasok dari gudang. 

Serupa dapur, tempat penyimpanan bahan makanan juga harus dipastikan higienis dan bebas dari gangguan hewan maupun faktor eksternal lain yang dapat merusak bahan makanan.

Area kedua yaitu tempat penyimpanan barang non konsumsi seperti peralatan masak. Piranti ini bak alat perang di medan pertempuran memasak. Nah, agar waktu yang telah diestimasikan tidak terbuang sia-sia, tempat penyimpanan peralatan masak haruslah mudah dijangkau di area dapur. Selain itu, peralatan memasak pun harus dipastikan lengkap, sehingga selalu siap dalam memproduksi makanan dalam target penjualan apapun.

Area ketiga yaitu wastafel atau tempat mencuci piring. Tempat mencuci piring juga tak kalah penting keberadaannya di dapur efisien. Letaknya juga harus terjangkau dari area memasak, dan tidak boleh mengganggu lalu lalang para petugas masak.

Kemudian, area terakhir yaitu tempat memasak di mana oven dan kompor berada. Area yang akan kerap menjadi perlintasan para koki dan staf dapur ini haruslah luas, dan tidak membuat orang-orang di dalamnya tumpang tindih saat tengah menjalankan tugas.

Penyimpanan peralatan masak

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, tempat penyimpanan peralatan memasak untuk produksi menu prasmanan khitanan murah haruslah mudah dijangkau. Selain itu, usahakan peralatan memasak disimpan dengan rapi berdasarkan fungsi dan ukurannya.

Jika tidak memiliki cukup ruang untuk menaruh lemari yang dapat menyimpan peralatan tersebut, gunakan rak dinding terbuka yang memudahkan petugas dapur mengambil peralatan tersebut. Kabinet rak pun dapat disesuaikan dengan luas dapur, seperti kabinet rak bagian atas yang memungkinakan dapur terlihat lebih rapi.

Bumbu masakan haruslah terorganisir

Hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan yaitu tempat penyimpanan bumbu masakan. Setelah bahan makanan dan masakan disortir dari gudang, dapur efisien haruslah memiliki deretan wadah khusus untuk meletakkan bumbu masakan secara rapi dan terorganisir di tempat yang mudah dijangkau.

Hal ini tentu akan memudahkan petugas dapur membantu koki memasak. Wadah khusus itu pun sebaiknya ditandai dengan label nama dan tanggal kedaluwarsa. Sehingga, bahan-bahan masakan itu selain mudah digunakan ketika dapur dalam keadaan sibuk juga mudah dikenali dan diisi ulang ketika bahan masakan melewati tenggat waktu pemakaian.

Sementara itu, untuk bahan-bahan masakan seperti cabe giling, simpanlah di dalam wadah tertutup dan masukkan kedalam lemari pendingin agar kualitasnya tetap terjaga.

Ventilasi 

Ventilasi juga menjadi item terpenting di dalam dapur efisien. Terlebih ketika digunakan sehari-hari untuk memproduksi menu prasmanan khitanan murah dalam partai besar. Sirkulasi udara yang baik memungkinkan udara mengalir lancar di area dapur. Hal ini mencegah dapur menjadi lembab, pengap dan berbau. 

Untuk menyiasatinya, dapur efisien dapat menggunakan ventilasi besar di segala penjuru. Pun menggunakan exhaust fan dan cooker hood untuk mengalirkan asap ke luar ruangan. Selain itu, dapur juga wajib memiliki jendela yang tak hanya menjadi tempat lalu lalang udara tetapi juga masuknya sinar matahari.

Memaksimalkan ruang tak terpakai

Dengan memaksimalkan ruang berlebih atau ruang tak terpakai di area dapur, Anda dapat mengoptimalkan regulasi produksi di dalam dapur. Misalnya, dengan meletakkan alat pembersih ruangan di bagian rak bawah wastafel atau sudut lemari. 

Area tak terpakai juga dapat dimaksimalkan untuk menyimpan bumbu masakan maupun peralatan dapur.

Pastikan kebersihan dapur

Ada dapur yang bersih di dalam makanan yang sehat. Membersihkan dapur secara rutin dapat meningkatkan bekerja para pekerja dapur menjadi lebih baik. Selain itu, dapur yang higienis juga tak hanya menunjang kebersihan makanan yang diproduksinya, tetapi juga menyehatkan para pekerja di dalamnya. Terlebih saat memproduksi menu prasmanan khitanan murah dalam jumlah besar. 

Anda pun dapat menggunakan ekstrak jeruk dan produk pembersih dapur lainnya untuk memastikan kebersihan item dapur, mulai dari kompor, meja dapur, lantai, dan tempat cuci piring.

Leave a Reply