Aneka Menu Prasmanan Khitanan Murah dan Lezat
Lunch Catering

Aneka Menu Prasmanan Khitanan Murah dan Lezat

Khitanan atau sunatan merupakan salah satu tradisi yang dijalankan sebagian besar masyarakat Indonesia. Tradisi yang mulanya berawal dari tuntutan agama ini berkembang menjadi industri kebudayaan yang turut menghidupkan sektor perekonomian lain seperti catering penjaja prasmanan.

Umumnya, acara khitanan menggelar sajian prasmanan untuk mengakomodir kebutuhan konsumsi para tamu. Selain murah, faktor lain yang menyebabkan prasmanan dipilih yaitu beragamnya menu prasmanan khitanan yang disajikan. 

Contoh menu prasmanan khitanan

Menu prasmanan khitanan nyaris menyerupai menu acara resmi lainnya seperti pernikahan. Umumnya, menu pesta sunatan ini dijajakan dalam beberapa paket prasmanan berisi aneka makanan, buah dan minuman. Selain itu, menu hajatan khitanan juga kerap dijajakan melalui paket gubuk khusus yang menjajakan makanan spesial untuk para tamu. Lantas, apa saja ya deretan makanan dan minuman yang lazim ditemukan pada acara khitanan? Berikut ini contoh menu prasmanan hajatan khitanan:

Nasi putih

Nasi putih merupakan menu wajib yang umumnya selalu disediakan dalam deretan menu prasmanan khitanan. Asupan karbohidrat yang paling familiar bagi masyarakat Indonesia ini memang dapat mengakomodir kebutuhan perut setiap orang. Selain itu, nasi putih juga sangat fleksibel disantap bersama aneka lauk dan sayuran lainnya.

Ayam goreng bumbu kuning

Perpaduan aneka rempah seperti ketumbar, jahe, kunyit dan lengkuas di dalam ayam goreng bumbu kuning menjadikan menu prasmanan khitanan ini digemari banyak orang. Cita rasanya yang gurih dan lezat juga nikmat disantap bersama aneka sayur.

Ayam bakar

Selain ayam goreng, ayam bakar merupakan menu pesta sunatan lainnya yang kerap dijajakan dalam acara khitanan. Bumbu pedas manis ayam bakar tentu dapat membangkitkan suasana hati para tamu yang hadir.

Capcay

Aneka sayur di dalam capcay seperti kapri, kembang kol, brokoli dan wortel membuat menu hajatan khitanan ini disukai banyak orang. Tak hanya itu, tambahan suwir daging ayam, bakso hingga jamur menunjang cita rasa menu satu ini.

Mie goreng telur

Meski sama-sama mengandung karbohidrat, mie goreng telur tetaplah nikmat disantap bersama nasi hangat dan aneka lauk lainnya. Contoh menu prasmanan hajatan khitanan ini dapat meningkatkan tingkat kekenyangan para tamu. Jika ingin menyantap mie goreng telur, sangat disarankan untuk mengambil nasi dan mie dalam takaran yang sedikit, sehingga Anda tidak terlalu kekenyangan.

Sambal goreng kentang ati ampela

Sulit untuk menampik kelezatan sambal goreng kentang dan ati ampela. Sebab kelezatannya, menu prasmanan khitanan ini bahkan nikmat disantap bertemankan nasi saja. Tentu dengan aneka varian masakan yang disajikan di acara khitanan, Anda dapat menambah menu makanan pelengkap sambal goreng kentang ati ampela bersama deretan menu lain seperti ayam goreng, capcay maupun empal daging.

Bihun goreng

Seperti halnya mie goreng telur, bihun goreng merupakan asupan karbohidrat lainnya yang dapat menunjang tingkat kekenyangan para tamu undangan. Bihun goreng juga dapat menjadi menu alternatif pengganti nasi untuk Anda yang sedang diet lho.

Empal daging

Contoh menu prasmanan hajatan khitanan selanjutnya yaitu empal daging. Menu satu ini menunjang asupan protein para tamu yang bosan dengan olahan ayam. Rasa empal daging yang gurih dan lezat sangat cocok disantap di siang hari terik saat acara khitanan digelar.

Sate ayam

Baluran bumbu kacang pada sate ayam yang manis dan gurih jadi penetralisir rasa menu makanan lainnya di antara deretan menu prasmanan khitanan. Menu satu ini juga nikmat disantap bersama lauk dan sayur lainnya lho.

Bakso

Menu pesta sunatan lainnya yaitu bakso. Baik bakso ayam, ikan maupun sapi, ketiganya sangat cocok dihidangkan saat menggelar acara khitanan. Selain itu, bakso juga dapat menjadi alternatif makanan yang tidak terlalu mengenyangkan guna mengakomodir para tamu yang tidak ingin menyantap makanan terlalu banyak.

Siomay

Seperti halnya bakso, siomay dapat menjadi alternatif menu hajatan khitanan yang tidak terlalu mengenyangkan dan mengakomodir tamu yang tidak ingin makan banyak. Makanan ringan ini nikmat disantap bertemankan minuman segar seperti es dawet dan softdrink.

Puding

Contoh menu prasmanan hajatan khitanan selanjutnya yaitu puding. Menu pencuci mulut ini dapat menetralisir mulut maupun perut yang sebelumnya menyantap aneka makanan pedas, gurih dan asin.

Es dawet

Cita rasa es dawet nan manis dan segar juga dapat menjadi penetralisir di antara menu hajatan khitanan lainnya. Sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi es dawet sebelum makan ya, agar Anda tidak terlalu kenyang dan berkesempatan mencicipi menu prasmanan khitanan lainnya.

Es krim

Sejumlah penelitian mengungkapkan es krim dapat meningkatkan suasana hati seseorang, tak terkecuali para tamu hajatan khitanan. Cita rasa es krim yang manis dan segar akan menyempurnakan asupan makanan tamu selama berada di acara, untuk itu diperlukan mesin es krim untuk membuat eskrim tentunya.

Buah

Aneka buah seperti semangka, nanas, melon dan pepaya dapat melengkapi menu pesta sunatan. Menu pencuci mulut ini dapat membantu melancarkan pencernaan para tamu.

Air mineral

Air mineral dapat menjadi menu hajatan khitanan pelepas dahaga yang paling minim risiko daripada teh ataupun soft drink. Sebab tidak panas dan tidak pula dingin, air mineral dapat menghindarkan Anda mengalami cedera di bagian pencernaan akibat anomali suhu pasca menyantap makanan panas maupun pedas. Selain itu, air mineral juga bebas gula sehingga aman dikonsumsi bagi para tamu yang tengah menjalani diet.

Soft drink

Selain air mineral, soft drink dapat menjadi menu pelepas dahaga lainnya. Meski contoh menu prasmanan hajatan khitanan ini dapat menyegarkan tenggorokan, sangat disarankan untuk tetap mengonsumsi air mineral agar tenggorokan Anda tidak terasa kering.

Teh manis

Teh manis merupakan salah satu menu prasmanan khitanan pelepas dahaga paling familiar yang mudah ditemukan di acara khitanan. Meski demikian, sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi teh selepas makan, sebab dapat menghilangkan rasa kenyang.

Leave a Reply