cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis
Lupakan Pemutih, Ini 5 Cara Memutihkan Wajah Dengan Jeruk Nipis
20/12/2018
masker buah naga
5 Masker Buah Naga Untuk Menambah Kencantikan Wanita
21/12/2018

5 Universitas Di Perancis dan Jurusannya yang Perlu Anda Ketahui

universitas di perancis dan jurusannya

Universitas Di Perancis dan Jurusannya – Cobalah sesekali melihat data jumlah mahasiswa Indonesia yang studi ke Prancis maka anda akan tercengang, Karena grafik pertumbuhan studi mahasiswa Indonesia ke Prancis dalam setiap tahunnya akan mengalami kenaikan. Grafik kenaikan ini dipicu dengan banyaknya beasiswa ke Prancis atau ke negara-negara eropa yang mempunyai sistem dual degree dengan Prancis.

Beasiswa yang ditawarkan pun macam-macam. Ada yang ditawarkan oleh pemerintah Prancis sendiri yaitu beasiswa EIFL SCholarship, atau beasiswa konsosium Uni Eropa seperti Erasmus Mundus. Atau beasiswa yang didanai oleh pemerintah republik Indonesia.

Seperti Beasiswa Unggulan Kementerian Pendidikan Nasional dan Beasiswa LPDP Kementerian Keuangan dan juga Beasiswa 5000 Doktor Kementerian Agama Republik Indonesia.

Baca Juga  Apa Itu SAT Test Jakarta dan Bagaimana Agar Bisa Lulus Tes?

Dari sekian banyak lowongan beasiswa tersebut, beasiswa EIFL Scolarship dan LPDP Kementerian Keuangan menjadi yang favorit. Kenapa demikian? Karena beasiswa EIFEL Scholarship ditujukan untuk universitas-universitas di Prancis, seleksinya pun mudah dengan menginput berkas dari Indonesia ke website universitas tujuan atau Kedutaan Besar Negara Prancis di Jakarta.

Mengenal Jenis-Jenis Beasiswa Di Perancis

jenis jenis beasiswa di perancis
Sementara untuk seleksi LPDP Kementerian Keuangan, anda bisa mengikuti seleksinya di kota-kota besar seluruh Indonesia. Proses pemberkasannya pun online dan hanya mengikuti seleksi selajutnya. Nah, berbicara beasiswa lainnya, seperti Erasmus Mundus dan Beasiswa Unggulan Dikti dan Program 5000 Doktor Kementrian Agama. Dua beasiswa terakhir (Unggulan Dikti dan 5000 Doktor) biasanya hanya dikhususkan untuk pns dan dosen. Kampus-kampus yang menjadi tujua studi di Prancis pun hanya universitas-universitas tertentu.

Berbeda dengan Erasmus Mundus, beasiswa ini termasuk bergengsi tetapi seleksinya sangat ketat. Kenapa disebut bergengsi? Karena Erasmus Mundus memberikan pengalaman bagi penerimanya (awardee) untuk studi di dua kampus di Eropa. Anda bisa memilih satu di Italia dan satunya lagi di Prancis. Kerjasama dengan skema ini telah lama dijalankan oleh Erasmus Mundus. Dan tentunya juga berefek bagi seleksinya.

Anda lebih baik menguasai bahasa Inggris dan Bahasa Prancis ketika mengajukan berkas ke Erasmus Mundus. Dengan demikian, anda bisa memilih studi di universitas Prancis pada tahun pertama. Kemudian tahun kedua anda bisa berpindah ke universitas di negara yang berbahasa Prancis seperti Belgia atau Austria. Bisa juga ke negara lain di lingkup Uni Eropa.

Selain program-rpogram beasiswa di atas. Anda bisa juga studi di Prancis atau negara Eropa dengan biaya mandiri. Tenang saja, anda bisa mengetahui lebih mendalam mengenai studi di Prancis melalui lembaga konsultan pendidikan yang telah berpengalaman. Silakan kunjungi: www.virtueducation.org. disana anda bisa memperoleh informasi seputar studi di Prancis atau negara eropa lainnya.

Info tersebut termasuk biaya hidup, biaya spp kampus-kampus, univeritas favorit ranking dunia dan jurusan-jurusan yang bergengsi. Dengan bimbingan konsultan pendidikan yang berpengalaman. Anda tidak perlu khawatir salah memilih kampus. Dan bisa bersiap-siap dari jauh-jauh hari. Termasuk mengikuti kursus bahasa Prancis agar memperoleh skor yang diinginkan.

5 Universitas Di Perancis dan Jurusannya yang Perlu Anda Ketahui

universitas di perancis

Nah, berbicara sekilas mengenai universitas-universitas di Perancis dan  jurusannya. Anda lebih baik mengetahui terlebih dahulu bahwa Prancis sangat terkenal dengan disiplin-disiplin ilmu sosial humaniora. Terlebih pada disiplin ilmu filsafat, sejarah, antropologi dan budaya.

Jika anda merupakan mahasiswa jurusan sosial humaniora tingkat sarjana di Indonesia. Anda snagat direkomendasikan untuk studi master dan doktoral di Prancis. Oya, Prancis juga terkenal dengan jurusan gender dan juga studi-studi kebudayaan serta tentunya studi ekonomi lintas ilmu (ekonomi telekomunikasi, ekonomi perminyakan, ekonomi wilayah dll). Studi-studi ini snagat jarang ditemukan di universitas-universitas Asia Tenggara.

Baca Juga  Pentingkah Mengikuti GRE Test Indonesia Sekarang? Ini Jawabannya

Beberapa tokoh-tokoh di Indonesia pun juga terkenal karena mereka dahulu studi di universitas Perancis. Beberapa tokoh sosial humaniora yang terkenal adalah: Asvi Warman Adam, seorang peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Asvi Warman Adam adalah lulusan Ecole des Hautes Etusde esn Science Sociales (atau biasa disingkat EHESS).

Selain Asvi, anda tentu mengenal dong penulis Andrea Hirata. Nah, penulis tetralogi Laskar Pelangi ini merupakan lulusan universitas di Prancis. Andrea Hirata memperoleh beasiswa Uni Eropa di dua negara, Inggris dan Prancis.

Di Perancis sendiri dia lulusan master ekonomi di Universitas Paris 1 Sorbonne Prancis. Nah, selain dua tokoh ini yang menimba ilmu di Prancis. Anda bisa mengulik beberapa universitas di Prancis yang memiliki jurusan-jurusan sosial humaniora.

1. PSL University (Ecole ratique des Hautes Etudes, EPHE) dengan jurusan Etudes Europeennes, Mediterraneenes et Asiatique. Atau studi kewilayahan.

2. Universitas Ecole Normale Superieure de Lyon dengan jurusan Literatur dan Bahasa.

3. Universitas Paris 1 Pantheoin Sorbonne dengan jurusan Parcours gestion du parimoine mondial.

4. Universitas Aix-Marseille dengan Jurusan Antropologi, Etnologi, Antropologi sosial dan budaya. Jurusan Maritim atau statistika sosial.

5. Universitas Paris Descartes dengan jurusan humaniora sosial atau juga bisa pendidikan sosial.

Baca Juga  3 Tips Mengikuti Persiapan Penting Menghadapi GRE Test Jakarta

Selain beberapa universitas yang memiliki jurusan favorit dalam bidang sosial humaniora. Anda bisa juga memeriksa satu per satu universitas yang menawarkan program sains dan teknik, Universitas Grenobel misalnya dan semoga saja artikel singkat mengenai universitas di Perancis dan jurusannya di atas ini dapat bermanfaat yah untuk menambah wawasan kalian.

Artikel Terkait

Rianto Subandi

Hai, selamat datang di lapak inspirasi. Lapak ini adalah kumpulan inspirasi yang ditulis sembari menikmati secangkir teh manis dan sepotong senja di sore hari.

Selanjutnya, perkenalkan nama saya Rianto, menjadi blogger sejak 2009. Remah remah tulisan saya mengenai inspirasi kehidupan dapat ditelusuri di blog ini atau di kompasiana. selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *