cara menghilangkan panu secara alami
Cara Menghilangkan Panu Secara Alami Tanpa Gunakan Obat-Obatan
10/01/2019
fase menstruasi
Mengenal 4 Fase Menstruasi Yang Terjadi Pada Wanita
11/01/2019

Penyebab Telapak Tangan Berkeringat dan Cara Mudah Mengatasinya

penyebab telapak tangan berkeringat

Telapak Tangan Berkeringat – Saat cuaca sedang tidak panas atau Anda tidak sedang beraktivitas, tiba-tiba telapak tangan berkeringat berlebih.

Banyak yang mengatakan telapak tangan berkeringat berlebih merupakan gejala penyakit jantung, hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Dalam istilah medis hal tersebut disebut juga dengan palmar Hiperhidrosis, sedangkan keringat berlebih pada telapak kaki dikenal dengan plantar Hiperhidrosis. Keduanya merupakan bagian dari Hiperhidrosis

Apakah Hiperhidrosis itu?

Hiperhidrosis sendiri pada dasarnya bukanlah suatu penyakit, tetapi merupakan kelainan pada jaringan kelenjar keringat pada bagian tubuh tertentu yang bersifat bersifat lokal (tidak terjadi pada seluruh bagian tubuh). Hal tersebut pada umumnya menjadi gangguan yang sangat tidak nyaman bagi penderita. Jika tidak diobati, masalah ini dapat berlanjut sepanjang hidup.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Biang Keringat Di Wajah Dengan 6 Tips Ini

Banyak anggapan keringat berlebih itu memalukan, bisa menodai pakaian, merusak romansa, dan mempersulit interaksi bisnis dan sosial. Pada kasus telapak tangan berkeringat yang parah bisa menyebabkan dampak yang serius pula seperti mempersulit orang untuk memegang pena, memegang setir mobil, atau berjabat tangan.

Selain mengganggu aktivitas normal sehari-hari, telapak tangan berkeringat jenis ini dapat menyebabkan kecemasan dan rasa malu sosial bagi penderita.

Apakah Penyebab Telapak Tangan Berkeringat?

telapak tangan berkeringat

Berkeringat adalah mekanisme tubuh untuk mendinginkan dirinya sendiri. Sistem saraf secara otomatis memicu kelenjar keringat ketika suhu tubuh seseorang naik. Meskipun neurologis, endokrin, infeksi, dan penyakit sistemik lainnya kadang-kadang dapat menyebabkan hiperhidrosis, sebagian besar kasus terjadi pada orang yang sehat.

Panas dan emosi dapat memicu hiperhidrosis pada beberapa orang, tetapi banyak yang menderita hiperhidrosis berkeringat hampir sepanjang waktu mereka, terlepas dari suasana hati mereka atau cuaca.

Baca Juga  4 Langkah Untuk Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Bentuk hiperhidrosis yang paling umum disebut hiperhidrosis fokal primer (esensial). Dengan tipe ini, saraf yang bertanggung jawab untuk memberi sinyal kelenjar keringat menjadi terlalu aktif, meskipun mereka tidak dipicu oleh aktivitas fisik atau kenaikan suhu. Saat stres atau gugup, masalahnya bisa menjadi lebih buruk. Jenis ini biasanya memengaruhi telapak tangan dan kaki dan kadang-kadang pada wajah.

Tidak ada penyebab medis untuk jenis hiperhidrosis atau telapak tangan berkeringat ini. Mungkin faktor keturunan, karena terkadang bisa diturunkan dalam keluarga.

Hiperhidrosis sekunder terjadi ketika keringat berlebih disebabkan oleh kondisi medis. Itu jenis yang kurang umum. Ini lebih cenderung menyebabkan keringat di seluruh tubuh, bukan hanya telapak tangan berkeringat. Kondisi yang dapat menyebabkan keringat berlebih antara lain:

– Diabetes

– Menopause

– Masalah tiroid

– Gula darah rendah

– Beberapa jenis kanker

– Serangan jantung

– Gangguan sistem saraf

– Infeksi

3 Cara Mengatasi Telapak Tangan Berkeringat Dengan Mudah

cara mengatasi telapak tangan berkeringat

1. Menggunakan Antiperspirant

Untuk mengatasi telapak tangan berkeringat, Anda bisa menggunakan Antiperspirant (antikeringat) yang dirancang khusus untuk tangan dan kaki. Antiperspirant dapat membantu menutupi pori – pori keringat sementara, sehingga keringat yang dihasilkan menjadi sedikit.

2. Menggunakan Bedak Talk

Bedak Talk berbentuk bubuk yang sangat mudah menyerap keringat. Anda dapat menggunakan bedak talk pada telapak tangan untuk mencegah keringat berlebih pada telapak tangan.

Baca Juga  5 Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi Dan Cara Mencegahnya

3. Biarkan Udara Bersirkulasi pada Telapak Tangan

Telapak tangan yang mudah berkeringat jangan terlalu sering dimasukkan ke dalam saku. Memasukkan tangan ke dalam saku atau seing menggunakan sarung tangan akan membuat telapak tangan menjadi basah. Anda harus membiarkan udara bersirkulasi pada telapak tangan dan jari – jari karena udara dapat membantu mengurangi keringat.

Pengobatan untuk Telapak Tangan Berkeringat

Pendekatan untuk mengobati keringat berlebih umumnya berlangsung sebagai berikut:

1. Aluminium Chloride Hexahydrate

Ketika antiperspiran biasa sudah gagal untuk mengobati keringat berlebih, kebanyakan dokter mulai dengan merekomendasikan aluminium klorida heksahidrat (Drysol). Itu diterapkan tepat sebelum tidur
2 sampai 3 malam berturut-turut, kemudian kira-kira seminggu sekali setelahnya untuk mempertahankan perbaikan. Gunakan sesuai anjuran dokter

Anda. Perawatan ini bekerja dengan cukup baik bagi banyak pasien yang masalahnya adalah keringat ketiak yang berlebihan, tetapi tidak memuaskan bagi sebagian besar dari mereka yang mengalami telapak tangan berkeringat.

Efek samping utama dari Drysol adalah iritasi, yang kadang-kadang bisa terjadi meskipun tidak selalu. Hal ini bisa diatasi dengan memastikan kulit kering sebelum aplikasi dan membiarkan obat kering sepenuhnya setelahnya. Juga, mengurangi frekuensi penggunaan atau menggunakan obat antiinflamasi, seperti lotion yang mengandung kortikosteroid.

Baca Juga  6 Cara Menghilangkan Henna Dengan Bahan Alami yang Simpel

2. Iontophoresis

Iontophoresis diperkenalkan lebih dari 50 tahun yang lalu sebagai pengobatan untuk keringat berlebih. Mekanisme kerjanya masih belum jelas, meskipun mungkin bekerja dengan memblokir sementara saluran keringat. Prosedur ini menggunakan air untuk mengalirkan arus listrik ke kulit beberapa kali setiap minggu, selama sekitar 10-20 menit per sesi yang diikuti oleh program perawatan-perawatan dengan interval 1 hingga 3 minggu, tergantung pada respon pasien. Perawatan Iontophoresis tidak menyakitkan.

Artikel Terkait

Embun Rinjani

Nama pena saya Embun Rinjani. Teruntuk para pembaca, terima kasih telah membaca tulisan – tulisan saya. Saya senang bisa berbagi informasi dan pengetahuan dengan para pembaca semuanya.

Saya memiliki hobi traveling, membaca, dan menulis. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi.

Dengan membaca, saya bisa menambah wawasan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update. Dari hobi membaca itu, saya jadi suka menulis. Semoga tulisan – tulisan saya bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *