sistem pemerintahan jerman
Mengenal Sistem Pemerintahan Jerman Masa Kini
24/10/2018
belajar bahasa jerman dasar
Tips Belajar Bahasa Jerman Dasar Sapaan Untuk Pemula
24/10/2018

Waspada, 6 Penyebab Trombosit Turun yang Harus Dihindari

penyebab trombosit turun

Penyebab Trombosit Turun – Apakah benar yang menyebabkan trombosit turun adalah penyakit demam berdarah? Tidak selalu, memang benar ketika Anda mengalami demam berdarah maka angka trombosit akan turun namun hal tersebut bukanlah menjadi penyebab utamanya.

Banyak orang yang mengatakan “Sepertinya trombositku turun”. Apa artinya trombosit dan apa saja penyebanya, lalu apakah berbahaya ketika trombosit seseorang turun? Temukan jawabannya dalam artikel ini.

Apakah Fungsi Trombosit Itu?

Trombosit adalah salah satu sel yang terbentuk dalam darah dan memiliki fungsi untuk pembekuan pembuluh pendarahan. Jadi jika Anda mengalami luka dalam atau luka terbuka maka trombositlah yang akan menyembuhkan luka Anda.

Baca Juga  Tips Menaikan Berat Badan Untuk Segala Usia dan Jenis Kelamin

Ketika bekerja, trombosit akan membentuk sebuah gumpalan darah yang lengket dan hal inilah yang menghentikan pendarahan.

Pada seseorang yang normal trombosit yang dimiliki harus berada di angka 140 ribu hingga 450 ribu per mikroliter darah. Trombosit akan turun jika Anda tidak memiliki jumlah tersebut.

Nah karena Anda memiliki kandungan trombosit yang kurang maka berbagai penyakit yang timbul tidak dapat dihentikan.

penyebab trombosit turun

Tanda Atau Gejala Trombosit Turun

Seseorang yang mengalami trombosit turun akan memunculkan beberapa macam tanda. Jika Anda tidak sempat pergi ke dokter untuk penegcekan trombosit lebih lanjut maka Anda bisa membaca tanda-tanda apa saja yang ditimbulkan.

Pertama akan muncul lebam pada kulit Anda berwarna biru dan kemerahan dan paling parah berwarna coklat. Kemudian disertai dengan titik kecil berwarna merah.

Hal inilah yang sering disalah artikan dengan demam berdarah dan titik ini akan muncul pada kaki.

Orang yang mengalami trombosit turun juga bisa mimisan dan gusi berdarah dan jika Anda wanita dan mengalami menstruasi akan sangat sulit untuk mengentikannya.

Sehingga nantinya, Anda akan merasakan kelelahan terus menerus karena trombosit pada darah Anda menurun.

penyebab trombosit turun
Apa Penyebab Trombosit Turun yang Harus Dihindari?

Lalu apa penyebab trombosit turun? Berikut ini penyebab-penyebab yang perlu Anda ketahui mulai sekarang juga:

1. Bahan kimia

Jika Anda bekerja di pabrik bahan kimia maka berhati-hatilah karena Anda mungkin saja bisa mengalami trombosit turun sehari-hari.

Baca Juga  6 Cara Membuat Jamu Pelancar Haid yang Bisa Dibuat Di Rumah

Karena dalam kebanyakan kasus bahan kimia seperti arsenik, benzene dan juga pestisida akan memperlambat cara kerja trombosit hingga kahirnya trombosit dalam tubuh menurun perlahan.

Bagi Anda yang bekerja dengan bahan kimia tersebut pastikan menggunakan peralatan keamanan kerja yang lengkap terutama pada pernapasan yang akan menghirup bahan kimia yang menguap.

2. Obat-obatan

Obat adalah sumber yang bisa menjadi penyebab turunnya trombosit dalam tubuh. Anda akan mengkonsumsi obat maka cara kerja trombosit akan menurun dan sel normal akan hancur.

Jika Anda mengkonsumsi obat-obatan khususnya yang mengandung antibiotik pastikan Anda mengkonsumsinya sesuai dengan anjuran dokter Anda. Terlebih obat-obatan seperti fampin, dilantin, dan vancomycin.

3. Infeksi

Tubuh yang terkena infeksi virus adalah salah satu penyebab yang paling berbahaya. Anda yang mengidap virus HIV akan mengalami penurunan kekebalan tubuh karena trombosit yang tidak bekerja.

Penurunan trombosit juga bisa didapatkan karena Anda terinfeksi virus cacar air, rubella, dan juga gondok

Pastikan Anda melakukan pengobatan untuk mengatasi masalah virus tersebut dan menaikan tingkat trombosit kembali menjadi normal.

4. Kehamilan

Bagi wanita hamil, trmobist yang turun sering dialami. Walaupun kasus ini cukup jarang namun karena rentannya wanita hamil trombosit akan mudah turun.

Baca Juga  Waspada, Inilah Gejala - Gejala Difteri Pada Orang Dewasa dan Penangananya

Mengatasi masalah ini Anda harus terus mengkonsumsi vitamin dan melakukan kontrol rutin dengan dokter kandungan untuk mengetahui kesehatan Anda dan bayi Anda.

Penyebab turunnya trombosit pada ibu hamil hingga kini masih diteliti penyebabnya.

5. Anemia plastik

Adanya anemia plastik yaitu kelainan pada darah yang serius akan menjadi pemicu turunnya trombosit pada tubuh Anda.

Anemia plastik ini terjadi pada sumsus tulang belakang sehingga menimbulkan penyakit yang hingga kini belum ada obatnya yaitu leukimia.

6. Faktor Genetik

Penyebab trombosit turun juga disebabkan oleh faktor genetik. Ketika anak Anda memiliki kondisi maka perawatan yang intens perlu dilakukan.

Kondisi genetik penyebab trombist turun ini dikenal dengan Wiskott-Aldrich.

Ada beberapa gejala yang bisa Anda deteksi yaitu diare berdarah,defisiensi imun dan eczema.

Sangat berbahaya jika Anda membiarkan trombosit Anda terus menurun terlebih hingga drastis.

Jika Anda mengalami gejala trombosit turun segeralah melakukan pengecekan ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan selanjutnya.

Masalah trombosit yang turun ini bisa ditangani apabila penyebabnya telah diketahui misalnya virus, genetik atau penyebab lain di atas.

Untuk menaikan trombosit yang turun akibat beberapa masalh ringan di luar virus maka sebagian beser dokter akan menyarankan untuk mengkonsumsi obat seperti prednisone.

Baca Juga  Manfaat Ubi Ungu yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Sajakah Itu?

Obat tersebut biasanya akan dikonsumsi hingga 1 atau 2 minggu. Selain obat dokter juga akan memberikan infus hingga pasian mendapatkan angka trombosit yang normal.

Pengobatan bisa juga berujung pada operasi untuk pengangkatan limpa yang terjadi penumpukan trombosit.

Mengangkat limpa memang bisa menaikan trombosit namun akan membuat pasien lebih mudah terinfeksi virus.

Sebaiknya untuk mencegah virus dan penurunan trombosit, gaya hidup sehat perlu diterapkan mulai dari sekarang.

Artikel Terkait

Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *