makanan pelancar bab
10 Makanan Pelancar BAB Untuk Mengatasi Sembelit Bisa Dikonsumsi
19/09/2018
biaya kuliah di jerman tanpa beasiswa
Biaya Kuliah di Jerman Tanpa Beasiswa dan Perbandingan Biaya Kuliah
20/09/2018

7 Penyebab Bayi Cegukan Dan Cara Mudah untuk Mengatasinya

penyebab bayi cegukan

Penyebab Bayi Cegukan – Apakah anda mempunya bayi dibawah umur 1 tahun? Apakah pernah juga cegukan? Untuk ibu baru, mungkin akan kebingungan bagaimana cara supaya bayi berhenti cegukan.

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah jangan panik, karena cegukan adalah hal yang biasa terjadi pada bayi, bahkan dalam 3 semester pertama janin sudah cegukan, mungkin karena tersedak air ketuban atau diakibatkan hal lain.

Baca Juga  Jangan Panik, Begini 5 Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Yang Aman

Pada umumnya kita selalu beranggapan bawah penyebab bayi cegukan berkaitan dengan pernafasan, namun anggapan itu ternya salah karena cegukan bukan karena masalah pada pernafasan tetapi karena adanya kontraksi pada otot diafragma.

7 Penyebab Bayi Cegukan Ini Perlu Anda Ketahui

 penyebab bayi cegukan

1. Gastroesophageal reflux

Yaitu kondisi dimana perut bergerak ke arah esophagus, hal ini terjadi karena adanya kandungan asam pada makanan atau minuman pada bayi, yang mengakibtkan bayi cegukan.

Jika bayi cegukan karena hal ini, maka anda harus menghindari makanan yang asam untuk dikonsumsi bayi atau dikonsumsi ibu yang masih menyusui.

2. Overfeeding (Kekenyangan)

Kekenyangan bisa menjadi salah satu penyebab bayi cegukan, mungkin makanan yang anda berikan membuat perut bayi terlalu penuh, atau mungkin bayi terlalu banyak minum ASI membuat diafragma kejang dan bayi menjadi cegukan.

Untuk mengatasinya tidurkan bayi dipangkuan anda dengan posisi perut lebih tinggi dari kepala, atau juga bisa dengan menepuk-nepuk punggung bayi dengan pelan sampai bayi bersendawa atau gumoh.

3. Meneguk Terlalu Banyak Udara

Meneguk terlu banyak udara bisa menjadi penyebab bayi cegukan, hal ini sering terjadi untuk bayi yang memakai empeng atau memakai botol minum, sehingga saat bayi menggunakan botol minum atau empeng, bayi akan meneguk lebih banyak udara sehingga menyebabkan bayi cegukan.

Cara mengatasinya juga sama dengan mengatasi bayi cegukan akibat overfeeding, yaitu dengan menepuk-nepuk punggung bayi dengan pelan sampai bayi bersendawa atau sampai bayi berhenti cegukan.

Baca Juga  Cara Menaikkan Berat Badan Bayi Dengan Cepat dan Tepat

4. Alergi

Cegukan pada bayi terkadang juga disebabkan bayi alergi pada satu zat atau satu protein, sehingga anda harus memperhatikan makanan apa yang terakhir dikonsumsi bayi atau makanan apa yang ibu konsumsi karena makanan yang dikonsumsi ibu berpengaruh pada ASI.

Dan alergi tidak selalu ditunjukkan dengan ruam dikulit tetapi juga bisa berupa cegukan, sehingga para ibu diharapkan untuk tetap teliti memilih makanan yang mungkin bisa membuat bayi alergi dan cegukan.

5. Asma

Asma bisa saja terjadi karena keturunan, dan cirinya pada bayi biasa akan sering cegukan, hal ini terjadi karena saluran bronkeolus paru-parunya mengalami peradangan sehingga membatasi udara masuk ke paru-paru dan membuat otot diafragma bayi kejang, dan akibatnya adalah cegukan.

6. Pernafasan Sensitif

Pernafasan bayi tentunya tidak sama dengan dewasa, bayi cenderung sangats sensitive pada polusi udara, dan juga aroama yang tajam, sehingga membuat bayi terbatuk-batuk. Saat batuk berlangsung cukup lama memberi tekanan pada diafragma dan mengakibatkan bayi cegukan.

7. Penurunan Suhu Tubuh

Penurunan suhu yang tiba-tiba bisa menjadi penyebab bayi cegukan, membuat diafragma bayi berkontraksi sehingga mengakibatkan cegukan.

 penyebab bayi cegukan
Cara Mudah Mengatasi Bayi Cegukan

Jika bayi anda cegukan, anda sebaiknya memperhatikan hal yang mengakibatkan bayi anda cegukan sehingga anda tahu bagimana cara menanganinya, berikut ini adalah cara mengatasi bayi yang cegukan

1. Gula

Gula diyakini sangat membantu untuk menormalkan kembali diafragma bayi yang kejang, caranya cukup ambil beberapa butir gula dan menempatkannya dibawah lidah bayi, tetapi jika bayi anda belum cukup umur mengonsumsi makanan padat. Anda cukup membuat air gula dan mencelupkan botol minum pada air gula atau mencelupkan ujung jari anda.

2. Memijat Punggung

Memijat punggung bisa melonggarkan diafragma yang mengejang, sehingga bisa menghentikan cegukan pada bayi. Caranya dudukkan bayi lalu memijat punggung bayi dengan lembut

Baca Juga  Cara Membuat Slime dari Bedak Bayi yang Bisa Dicoba Dirumah

3. Posisi Menyusui atau Makan

Jika bayi anda cegukan pada saat makan atau menyusi tetapi belum dalam kondisi kenyang, sebaiknya dudukkan bayi, cegukan mungkin diakibatkan udara terlalu banyak masuk kedalam tubuh bayi, sehingga dengan posisi duduk yang masuk hanya makanan atau minuman, pegang punggung bayi atau pijit lembut pada punggung bayi.

4. Konsultasikan Dengan Dokter

Jika bayi anda terlalu sering cegukan, bahkan cegukannya cukup lama, anda disarankan untuk konsultasi kepada dokter, terlebih jika bayi anda cegukan karena asma.

Artikel Terkait

Rina Hutapea

Hai Guys, selamat datang di laman ini. Perkenalkan nama saya Rina Hutapea, dan saat ini aktif menulis Novel, cerpen, cerbung dan juga artikel. Sebagai seorang yang hobby menulis, traveling dan membaca adalah senjata utama untuk menemukan ide-ide baru.

Namun akan lebih baik lagi jika teman-teman pembaca selalu memberikan kritik dan juga saran, supaya saya bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik lagi kedepannya.

Teman-teman juga bisa menghubungi lewat account Instagram Rina_hutapea13, semoga setiap rangkaian kata di laman ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *