cara membuat slime dari bedak bayi
Cara Membuat Slime dari Bedak Bayi yang Bisa Dicoba Dirumah
14/09/2018
harga veneer gigi
Mengetahui Harga Veneer Gigi Untuk Gigi Kembali Putih Bersih
14/09/2018

Pengertian Senam Lantai, Sejarah, dan 3 Gerakan Dasarnya

pengertian senam lantai

Pengertian Senam Lantai – Olahraga adalah salah satu kegiatan yang dilakukan untuk menjaga kebugaran kita. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk berolahraga, mulai dari yang ringan dan mudah dilakukan, sampai olahraga yang latihan dan keterampilan.

Berbagai gerakan dalam olahraga memiliki tujuan khusus. Ada yang digunakan untuk melatih ketangkasan tubuh, ada juga gerakan olahraga yang melatih kelincahan.

Ada gerakan olahraga untuk membangun otot, ada juga olahraga yang digunakan untuk melatih kelenturan otot tubuh kita. Kali ini kita akan membahas mengenai olahraga untuk kelenturan tubuh, yaitu senam lantai.

Pengertian senam lantai dan berbagai gerakan yang masuk dalam bagian olahraga senam lantai dibahas pada ulasan kali ini.

pengertian senam lantai

Pengertian Senam Lantai dan Sejarahnya

Pengertian senam lantai tentunya menjadi salah satu hal yang pertama kali dicari. Mengingat ada banyak cabang olahraga senam, untuk mengetahui perbedaan gerakan senam satu dengan yang lain tentunya kita harus mengetahui apa sebenarnya senam lantai itu.

Nah, senam lantai adalah salah satu sub cabang senam yang gerakannya dilakukan di atas lantai, biasanya, gerakan dilakukan di atas matras.

Senam ini juga kadang disebut dengan nama senam bebas karena senam satu ini tidak melibatkan alat apapun. Area yang digunakan untuk melakukan senam lantai adalah 12×12 m.

Baca Juga  8 Manfaat Senam Aerobik, Nomor 6 Paling Dahsyat Untuk Pria

Di sekelilingnya, Anda bisa tambahkan matras dengan lebar 1 meter agar pesenam dapat melakukan gerakan dengan aman, terutama saat pesenam sedang melakukan latihan gerakan atau melakukan gerakan berkesinambungan dan adapun unsur gerakan yang ada pada senam satu ini adalah:

– Mengguling

– Sikap seimbang dengan menumpu kaki atau dua tangan

– Melompat dan berputar di udara

– Mempertahankan sikap seimbang saat melompat ke belakang dan ke depan

Olahraga senam, secara umum, berasal dari Yunani. Namun, senam lantai adalah cabang senam yang berasal dari Tiongkok. Gerakan senam lantai sudah diperagakan pada biara di Tiongkok sejak 2700 SM.

Gerakan dasar senam lantai ini dikenal sebagai gerakan pengobatan dan bela diri. Bahkan, sejarah gerakan senam lantai sudah ada pada kitab kong hu chu. Diceritakan di dalamnya bahwa gerakan dasar tersebut digunakan sebagai gerakan untuk tujuan pengobatan.

Tidak hanya dari Tiongkok, gerakan dasar senam lantai juga berasal dari India. Negara ini memang dikenal memiliki gerakan-gerakan tertentu yang digunakan sebagai gerakan pengobatan serta menggunakan teknik pernafasan.

Salah satu gerakan yang kita kenal dan masuk dalam kelompok senam lantai dari India salah satunya adalah gerakan pada senam yoga. Ada banyak gerakan yoga yang menyerupai dengan gerakan senam lantai.

Gerakan-gerakan tersebut sudah ada di India dalam jangka waktu yang lama dalam yoga. Seperti halnya senam lantai, yoga juga membutuhkan kelenturan serta gerakan pernafasan yang baik.

pengertian senam lantai
Gerakan-Gerakan Senam Lantai yang Perlu Anda Ketahui

Setelah mengetahui pengertian senam lantai dan sejarahnya, kini kita belajar mengenai gerakan yang dilakukan pada senam lantai.

Ada banyak gerakan yang masuk dalam gerakan senam lantai. Dari banyaknya gerakan yang ada, berikut 3 gerakan dasar yang kerap dilakukan.

– Kayang

Gerakan kayang mungkin sudah sangat dikenal karena gerakan ini sudah dipelajari saat sejak kita di bangku sekolah dasar.

Sikap kayang dilakukan dengan merentangkan tangan ke belakang sampai tangan dapat menyentuh matras sehingga tangan dan kaki menyentuh matras dengan posisi terbalik (tidak membungkuk).

Gerakan ini sangat baik untuk melenturkan bagian otot tubuh seperti otot perut, bahu, kaki, pinggang, serta tangan.

Baca Juga  Faktor Penyebab Migrain Sebelah Kiri yang Jarang Diketahui

– Sikap lilin

Gerakan senam lantai yang kedua adalah gerakan sikap lilin. Gerakan ini juga menjadi salah satu gerakan yang kita pelajari saat sekolah. Disebut sikap lilin karena gerakan ini membentuk posisi tubuh menyerupai lilin.

Pada sikap lilin, posisi kaki tegak ke atas dengan kepala di bawah, dengan tangan sebagai penopang sehingga kaki dapat terentang lurus ke atas. Senam satu ini sangat baik untuk membentuk keseimbangan tubuh.

– Handstand

Gerakan selanjutnya adalah handstand. Handstand atau berdiri dengan tangan menjadi salah satu gerakan yang cukup sulit dilakukan. Hal ini karena tanpa kekuatan tangan yang tepat, hal ini sulit dilakukan.

Selain membutuhkan kekuatan tangan, agar dapat melakukan handstand, kita juga perlu memiliki keseimbangan yang tinggi. Oleh karenanya, tidak semua orang dapat melakukannya.

Namun, dengan latihan yang tepat dan kondisi tubuh yang tepat, kita juga bisa melakukannya.

Itu tadi ulasan mengenai pengertian senam lantai dan 3 gerakan senam lantai yang biasa kita temui. Selain itu, ada juga sena lantai yang mudah kita lakukan seperti roll ke depan dan roll ke belakang.

Kegiatan senam lantai tersebut biasanya kita pelajari saat sekolah dasar. Ada banyak kombinasi gerakan seman lantai yang dapat dikuasai untuk membangun kelenturan tubuh yang dapat Anda pelajari.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *