kuliah s2 di jerman
6 Alasan Memilih Harus Kuliah S2 di Jerman Bidang IT
02/07/2019
iklim di jerman
Mau ke Jerman? Ini dia Iklim di Jerman Yang Harus Diketahui
03/07/2019

Daftar Negara yang Menggunakan Bahasa Perancis Dalam Kesehariannya

negara yang menggunakan bahasa perancis

Negara yang menggunakan bahasa Perancis – Menurut banyak pendapat, bahasa Perancis merupakan bahasa asing terbanyak kedua yang diajarkan di seluruh dunia. Jumlah negara yang menggunakan bahasa Perancis ada 29 dan bersama bahasa Inggris, bahasa Perancis telah menjadi bahasa internasional.

Bahasa Perancis juga digunakan dalam komunikasi resmi organisasi dunia seperti PBB, komite olimpiade internasional, maupun palang merah internasional.

Kesamaan Bahasa Perancis dan Inggris

negara yang menggunakan bahasa perancis

Meskipun tidak ada referensi bahwa bahasa Perancis memiliki akar kata dengan bahasa Inggris, tapi nyatanya ada banyak kosakata bahasa Inggris yang berasal dari Perancis. Misalnya saja beberapa kosakata yang digunakan di Perancis dan Inggris berikut ini

•Kata berakhiran -tion

Action
Attention
Information
Compétition
Télévision
Transformation

Baca Juga  Kosakata Bahasa Perancis dan Artinya Saat Berwisata

•Kata berakhiran -ble

Stable
Comfortable
Table
Visible
Adorable

•Kata berakhiran -ible

Audible
Accessible

•Ada juga kosakata Perancis yang mirip dengan Inggris, diantaranya

L’èlectricien
L’image
La photo
La bicyclette
La nature
La radio
la boutique
Le mèdecin
Le train
Le policier
Le dentiste
Le avion
Le professeur
Le journaliste

Bagi kalian yang memiliki kemampuan bahasa Inggris dasar baik, pasti tidak sulit mengartikan kosakata di atas kan? Walau mirip, tapi jangan dipikir pengucapannya sama dengan bahasa Inggris ya. Karena memang pengucapan bahasa Perancis agak unik. Tapi jangan khawatir, asal serius mempelajarinya, kalian akan bisa mengucapkan kosakata bahasa Perancis dengan benar.

negara yang menggunakan bahasa perancis

Daftar Negara yang Menggunakan Bahasa Perancis Dalam Kesehariannya

Dilihat dari asal-muasalnya, bahasa Perancis sebenarnya berasal dari bahasa latin. Beberapa bahasa di dunia yang berasal dari turunan bahasa latin diantaranya bahasa Italia, Spanyol, Portugis, Rumania, maupun bahasa katalan. Makanya jangan heran kalau kita mahir bahasa Perancis, maka akan lebih mudah mempelajari bahasa negara-negara Eropa lainnya.

Beberapa negara di dunia menggunakan bahasa Perancis setiap hari dan menjadikannya sebagai bahasa utama. Ada istilah francophone, yang artinya kumpulan negara-negara yang menggunakan bahasa Perancis. Ada banyak negara-negara di Eropa, Afrika, maupun Amerika Selatan yang termasuk sebagai negara francophone.

1. Eropa

Bahasa Perancis dijadikan bahasa nasional di beberapa negara Eropa. Diantaranya Belgia, Monako, Prancis, Luksemburg dan Swiss. Bahasa Perancis juga menjadi bahasa resmi Uni Eropa

2. Afrika

Ada banyak negara Afrika yang berbicara dalam bahasa Perancis. Seperti Senegal, Mali, Djibouti, Niger, Seychelles, Togo, Chad, Burundi, Benin, Burkina Faso, Kamerun, Guinea, Pantai Gading, Rwanda, Madagaskar, Guinea Ekuator, Komoro, Republik Afrika Tengah, Republik Demokratik Kongo, Republik Kongo, dan Gabon.

Sebagian besar negara Afrika dijajah Perancis pada abad 17 hingga 19. Pengaruh Perancis di Afrika masih terasa dalam bentuk digunakannya bahasa Perancis sebagai bahasa sehari-hari. Bahkan mereka menempatkan bahasa Perancis dan bahasa asli dalam posisi yang setara, yaitu sebagai bahasa nasional.

Saat ini diperkirakan hampir 93 juta orang Afrika berbicara dalam bahasa Perancis. Jumlah ini hampir setengah dari total pengguna bahasa Perancis di seluruh dunia.

Baca Juga  Kuliah di Perancis Bukan Mimpi Dengan 2 Beasiswa Ini

3. Amerika

Dari benua Amerika, ada negara Kanada yang mencantumkan bahasa Perancis sebagai bahasa resminya. Hampir 25 persen orang Kanada berkomunikasi dengan bahasa Perancis. Walau bahasa Perancis yang digunakan di Kanada berbeda dengan di Perancis, tapi tetap saja kata dasarnya akan sama.

Salah satu negara yang terletak di kawasan Karibia, yaitu Haiti ternyata juga menjadikan bahasa Perancis sebagai bahasa resmi. Ini sudah dimulai sejak tahun 1659 saat datang orang-orang Perancis yang mendirikan pemukiman di Haiti.

4. Oceania

Vanuatu merupakan negara Oceania yang berbahasa Perancis. Negara yang terletak di samudera Pasifik Selatan ini ternyata pernah dijajah Perancis dan Inggris pada abad ke-18. Bahkan sampai sekarang Perancis terus memberi bantuan dana untuk pengajaran bahasa Perancis di Vanuatu.

Itu tadi daftar negara yang menggunakan bahasa Perancis sebagai bahasa resmi negaranya. Nah, sekarang kalian paham kan pentingnya bahasa Perancis dalam pergaulan internasional. Dengan menguasai bahasa Perancis, kalian akan terbantu saat harus berkomunikasi dengan orang dari berbagai negara. Yuk, belajar bahasa Perancis dan untuk informasi lebih lanjut bisa klik baner diatas ini.

Al Jogjawi Andik

Hallo semuanya. Perkenalkan, nama saya Andik. Aku lahir, besar, dan tumbuh di Yogyakarta. Jadi aku merasa ada ikatan yang kuat dengan kota gudeg ini.

Awal mula perkenalanku dengan dunia menulis adalah, ketika aku direkrut menjadi penulis buku di salah satu perusahaan alat pendidikan di Jogja. O ya, salah satu buku karanganku sedang dalam proses cetak oleh perusahaan penerbit di Jogja lho. Doakan aja biar cepat terbit ya.

Biasanya aku menulis topik gaya hidup, tips, dan kesehatan. Buat aku, aktivitas menulis artikel itu sangat menyenangkan, karena ada kepuasan tersendiri ketika kita bisa berbagi informasi maupun ide.

Disamping itu, menulis juga bisa dilakukan di mana aja dan kapan saja. Selain menulis, aku punya hobby lainnya, yaitu jogging. Nah, itu dulu perkenalannya ya. Terima kasih dan salam kenal…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *