penyebab kaligata
Inilah Penyebab Kaligata dan Cara Mengobati Kaligata Dirumah
26/09/2018
perbedaan kucing anggora dan persia
Ketahuilah 10 Perbedaan Kucing Anggora dan Persia yang Sangat Mudah
27/09/2018

Manfaat Jus Seledri Untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

manfaat jus seledri

Manfaat Jus Seledri – Tahukah Anda bahwa Apium Graveolens L. atau yang sering disebut seledri adalah tumbuhan kaya manfaat. Di Indonesia, tanaman ini kerap digunakan pada bagian tangkai dan daunnya untuk bumbu masakan berkuah seperti soto dan bakso.

Di negara Asia seperti Jepang, Korea, dan Cina, batang seledri juga digunakan untuk bahan makanan. Beda lagi dengan masyarakat Eropa yang memanfaatkan hampir semua bagian tumbuhan seledri untuk bahan makanan. Bahkan hingga ke umbinya.

Tanaman ini memang bukan dari Indonesia. Kedatangannya ke sini dibawa oleh kolonial Belanda yang sewaktu itu digunakan untuk penyedap sup dan bahan lalapan bagi makanan mereka sendiri.

Baca Juga  Khasiat Daun Kelor untuk Asam Urat dan Cara Mudah Mengatasinya

Kini, selain sebagai penyedap makanan, seledri juga dipercaya dapat dijadikan tanaman obat. Tahukah Anda bahwa seledri juga berbuah? Nah, buahnya tersebut dapat digunakan sebagai sakit perut. Penelitian itu bahkan sudah ada sejak zaman Yunani Klasik oleh Dioskurides dan Theoprastus.

Dalam penelitian modern, seledri juga disebut sebagai sayuran yang anti-hipertensi, peluluh diuritika, anti reumatik, dan karminativa atau pembangkit nafsu makan. Selain itu, khusus umbinya dapat berkhasiat sebagai afrodisiaka atau pembangkit gairah seksual.

manfaat jus seledri

Kandungan daun seledri

Walaupun begitu, Anda juga harus berhati-hati, karena pernyataan sebaliknya diungkapkan oleh Valeslavin tahun 1596. Seledri disebut kurang baik bagi wanita hamil atau menyusui karena disinyalir dapat mengurangi air susu.

Seledri juga berpontensi menimbulkan alergi pada beberapa orang tertentu yang sensitif, penderita darang ka’al misalnya yang tidak diperbolehkan mengkonsumsi seledri.

Salah satu yang khas dari selederi adalah aromanya. Aromanya tersebut berasal dari kandungan minyak atrisi dan beberapa materi lain yang mudah menguap. Aroma tersebut dapat diperoleh paling maksimal dari buahnya yang kering. Hal tersebut karena pada buah seledri terkandung butilflalida yang membawa aroma.

Kandungan lainnya yang terdapat pada seledri adalah flavanoid graveobiosid A sekitar 2 % dan graveobiosid B sebanyak 0,7%. Ada juga senyawa golongan fenol, apiin, isokuersitrin, furanokumarin, asam lemak petroselin sebasar 60%, dan isoimperatorin.

Baca Juga  Penyebab Asam Lambung Naik Kepala Pusing Dan Cara Mengatasinya

Khusus pada daun dan tangkai seledri, ada kandungan steroid seperti stigmasterol, sitoterol, dan enzim endonuklease yang belakangan ini dipakai dalam teknologi biologi molekuler tilling.

Dengan kandungan yang banyak tersebut, tentu menjadi rugi apabila kita mengkonsumsi seledri hanya dalam bentuk bumbu tambahan yang jumlahnya sangat sedikit dalam satu porsi makanan. Nah, karena itu dunia kuliner membuat inovasi cara mengkonsumsi seledri agar enak dan kaya manfaat, salah satunya adalah dengan membuatnya jadi jus.

manfaat jus seledri
Manfaat Jus Seledri Untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Dengan daftar kandungan yang banyak itu, seledri kini sedang hits dikonsumsi. Selain dicampurkan pada makanan-makanan tertentu, kini seledri dapat dikonsumsi dalam bentuk jus. Sudah terbayang bukan aroma dari jus tersebut? pasti nikamat.

1. Pengganti elektrolit setelah olahraga

Seledri mengandung banyak potasium dan sodium yang diklaim dapat mengganti elektrolit bagi seseorang yang bari berolahraga atau beraktivitas di luar ruangan.

2. Anti kanker

Dengan kandungan flavanoid dan beberapa antioksidan lainnya, seledri dapat membantu mencegah kanker tumbuh did alam tubuh. Seledri juga membantu meningkatkan sel darah putih yang bertugas menjaga kesehatan tubuh, termasuk melawan kanker juga.

3. Mencegah pertumbuhan tumor

Dengan kandungan acetylenik dan phenolic, jus seledri diketahui dapat mencegah tumbuhnya sel tumor di dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan dua kandungan yang ada akan menekan aktivitas prostaglandins.

Baca Juga  Faktor Penyebab Migrain Sebelah Kiri yang Jarang Diketahui

4. Menurunkan tekanan darah

Kandungan phtalides yang terdapat dalam seledri akan menenangkan otot di sekitar pembuluh arteri sehingga tekanan darah pun menjadi lancar.

5. Menurunkan kolesterol

Rupa-rupanya jus seledri juga dapat meningkatkan sekresi cairan empedu pada tubuh.

6. Meringankan nyeri reumatik

Mengkonsumsi jus seledri secara rutin dapat membantu meredakan nyeri sendi akibat artritis. Selain itu, peradangan otot juga dapat disembuhkan.

7. Obat insomnia

Penelitian mengenai ini belum banyak dilakukan, namun beberapa orang merasakan manfaat jus seledri yaitu berhenti insomnia.

Nah, sahabat, itu tadi adalah manfaat jus seledri yang kini mulai banyak digandrungi. Untuk membuatnya, Anda dapat mencampurnya dengan beberapa bahan menyehatkan lainnya yang memiliki rasa manis alami seperti jagung muda atau buah-buahan.

Artikel Terkait

Amry Hidayat

Halo orang-orang, Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *