cara mengatasi kram perut
10 Cara Mengatasi Kram Perut Dengan Ramuan Alami
16/02/2019
penyebab menghilangkan bopeng di wajah
Mulai Timun Sampai Madu, Ini 5 Cara Menghilangkan Bopeng di Wajah
16/02/2019

Ragam Manfaat Ikan Gabus Untuk Kecantikan Hingga Diabetes

manfaat ikan gabus

Manfaat Ikan Gabus – Ikan adalah salah satu sumber daya alam terbanyak di Indonesia. Ikan mengandung protein tinggi dan jika mengkonsumsinya dengan rutin dapat meningkatkan kecerdasan otak.

Jika Anda penggemar ikan maka tidak asing lagi dengan jenis ikan gabus. Ikan ini hidup d perairan air tawar dan memiliki nama lain seperti ikan haruan, ikan cocolan, ikan haruan dan lain sebagainya.

Baca Juga  Luar Biasa, Inilah 4 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet

Tahukah Anda bahwa ikan gabus dapat tumbuh hingga mencapai panjang 1 meter dengan kepalanya yang besar dan gepeng. Bentuknya bulat dengan sirip memanjang di punggung. Sirip bagian ujung ekornya membulat.

Menemukan ikan gabus cukup mudah yaitu berada di wilayah danau, rawa dan sungai. Ikan ini paling banyak di pulau Sumatera dan Kalimantan. Ikan ini dapat membantu perekonomian karena harganya murah dan mudah didapatkan.

khasiat ikan gabus
Ragam Manfaat Ikan Gabus Untuk Kecantikan Hingga Diabetes

Selain itu tahukah Anda bahwa, ada banyak sekali manfaat dari ikan gabus ini untuk dikonsumsi. Tidak hanya mengandung protein tinggi untuk mencerdaskan otak dan bisa juga untuk mengatasi berbagai penyakit. wanita yang ingin tampil cantik bisa memanfaatkan ikan gabus. Lalu apa saja manfaat dari ikan gabus ini untuk manusia? Berikut ini macam-macam manfaatnya yang bisa dicermati.

– Manfaatnya Ikan Gabus Untuk kecantikan

Ikan gabus memiliki kandungan protein albumin yang sangat tinggi. Kandungan ini dibutuhkan untuk meregenerasi kulit dengan cepat sehingga kecantikan tetap alami. Bagi wanita yang memiliki masalah jerawat, kulit kusam bisa mengkonsumsi ikan albumin.

Anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk kapsul sehingga manfaat ikan gabus untuk kecantikan akan cepat terasa. Saat ini sudah banyak ekstrak ikan gabus yang dijual dalam bentuk kapsul dengan harga terjangkau.

– Manfaat untuk kesuburan

Bagi wanita yang ingin segera memiliki momongan maka ikan gabus ini bisa menjadi solusinya. Mengkonsumsi ikan gabus secara rutin akan meningkatkan kesuburan dan kemungkinan hamil akan tinggi.

Baca Juga  Wahai Bunda, Ini 6 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

Manfaat ikan gabus untuk kesuburan akan terasa jika mengkonsumsi ikan gabus yang telah dimasak bukan dalam bentuk kapsul dan ekstrak agar protein yang didapatkan tidak berlebihan. Ikan gabus sangat enak dimasak berbagai macam masakan Indonesia.

– Manfaat untuk bayi

Bayi atau balita yang sudah bisa memakan makanan padat sebaiknya dikenalkan dengan ikan gabus. Anda bisa mengolahnya sebagai nasi tim ikan gabus. Sangat baik jika bayi mengkonsumsi ikan gabus secara rutin.

Kandungan gizi di dalam ikan gabus ini dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi khususnya otak. Manfaat ikan gabus untuk bayi ini akan dirasakan setelah anak dewasa. Penting untuk memberikan bayi protein tinggi seperti protein albumin yang terdapat dalam ikan gabus.

– Manfaat untuk tulang

Selain protein albumin, ikan gabus memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Kalsium ini tentu saja dibutuhkan untuk tulang. Bagi anak-anak ikan gabus akan membantu pertumbuhan dan kekuatan tulang.

Jika Anda mengalami patah tulang atau sakit pada persendian, mengkonsumsi ikan gabus secara rutin akan membantu meringankan sakit tulang. Manfaat ikan gabus untuk tulang bisa didapatkan melalui ikan langsung dan kapsul yang lebih mudah untuk dikonsumsi.

– Manfaat untuk diabetes

Anda penderita diabetes ringan atau akut? Ikan gabus akan membantu untuk menurunkan kadar gula darah menjadi stabil. Manfaat ikan gabus bagi penderita diabetes berasal dari kandungan vitamin A yang tinggi.

Baca Juga  6 Manfaat Kumis Kucing, Mulai Dari Menggobati Rematik Sampai Diabetes

Selain itu ikan gabus telah terbukti berhasil mengatasi diabetes pada manusia. Ekstrak ikan gabus bisa dikonsumsi secara rutin dan dapat didapatkan dengan mudah.

efek samping ikan gabus

Mengenal Efek Samping Ikan Gabus Jika Mengkonsumsi Terlalu Banyak

Selain memiliki manfaat, ikan gabus memiliki s#efek samping yang bisa saja dialami siapa saja. Efek samping ini bisa terjadi jika terlalu banyak mengkonsumsi ekstrak ikan gabus. Bisa juga dikarenakan tubuh tidak cocok dengan ekstrak ikan gabus yang dikonsumsi sehingga menolak untuk menyerap kandungan di dalamnya.

Ada beberapa dosisi konsumsi yang harus dipatuhi jika ingin mendapatkan manfaatnya Misalnya saja untuk pil ikan gabus yang akan digunakan untuk menyembuhkan luka. Sebaiknya konsumsi 4 kapsul untuk 3 hari.

Baca Juga  Selain Bermanfaat, Ini 5 Efek Samping Minyak Bulus

Apabila ingin mengkonsumsi pil ikan gabus sebagai pelengkap nutrisi sehari-hari aka konsumsi 2 kapsul dalam 3 hari. Lebih dari dosis yang dianjurkan maka akan timbul berbagai macam efek samping.

Efek samping yang ditimbulkan seperti gata. bersin-bersin. susah bernafas dan mata berair. Jika Anda merasakan efek samping tersebut setelah minum ekstrak ikan gabus sebaiknya berhenti. periksakan ke dokter jika masalah bertambah serius.

Artikel Terkait

Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *