cara menghilangkan kapalan di tanga
6 Cara Menghilangkan Kapalan Di Tangan dengan Bahan Rumahan
26/06/2019
kegunaan baking powder
Ternyata Ini 18 Kegunaan Baking Powder Selain Untuk Makanan
27/06/2019

Luar Biasa, Ini 9 Manfaat Daun Sambung Nyawa Untuk Kesehatan

manfaat daun sambung nyawa

Manfaat Daun Sambung Nyawa – Di Indonesia, daun ini disebut sebagai “Daun Dewa” atau dalam bahasa Latin sambung nyawa divaricata. Daun sambung nyawa adalah sejenis tanaman yang dapat tumbuh di ketinggian 200 hingga 800 mdpl.

Tanaman ini termasuk keluarga Compositae. Nama-nama lain dari sambung nyawa ini yang selalu kita dengar adalah Ngokilo, Sambung Nyawa (Orang Jawa), Daun Dewa (Jawa Tengah), San Qi Cao (Cina) dan Sambung nyawa Procumbens.

Luar Biasa, Ini 9 Manfaat Daun Sambung Nyawa Untuk Kesehatan

 manfaat daun sambung nyawa
Mari kita bicara tentang manfaat daun sambung nyawa untuk kesehatan. Apakah Anda tahu sesuatu tentang manfaat daun sambung nyawa? Atau mungkin Anda pernah mendengarnya dari beberapa orang? Mari kita bahas selengkapnya disini

1. Mengatasi Penyakit Stroke

Stroke adalah masalah kesehatan yang terjadi karena kerusakan jaringan di otak akibat pembuluh darah arteri yang bertanggung jawab atas aliran darah ke otak.

Masalah ini harus membantu sesegera mungkin untuk mencegah dari hal-hal buruk terjadi. Manfaat daun sambung nyawa dapat menjadi obat alternatif untuk membantu mengobati stroke.

Baca Juga  Luar Biasa, Ini 17 Manfaat Daun Beluntas Untuk Kesehatan Tubuh

2. Mengobati Rematik

Rematik adalah gangguan kesehatan yang terjadi pada sendi tulang. Untuk mencegah gangguan itu, kita harus melakukan diet yang mengandung karbohidrat, protein dalam level sedang, dan rendah lemak.

Untuk mengobati rematik dengan manfaat daun sambung nyawa Anda dapat melakukan langkah-langkah ini: Anda dapat minum ramuan dari rebusan daun sambung nyawa atau Anda dapat minum ramuan dari rebusan daun sambung nyawa dicampur dengan jahe merah.

3. Mengobati Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh kadar glukosa (gula) dalam darah yang melebihi batas. Jadi, penyakit ini perlu sesegera mungkin untuk diobati.

Hipoglikemin yang terkandung di dalam daun sambung nyawa dapat mengurangi kadar gula dalam darah. Caranya adalah Anda bisa minum ramuan dari rebusan daun sambung nyawa secara teratur sekali sehari.
Masih banyak manfaat daun sambung nyawa yang lain dengan hanya meminumnya.

khasiat daun sambung nyawa

4. Obati Hipertensi

Hipertensi adalah salah satu penyakit kritis yang dapat menyebabkan komplikasi. Penyakit ini disebabkan oleh tekanan darah di arteri yang meningkat. Tahukah Anda bahwa di dalam ada zat hipotesif untuk mengurangi tekanan darah.

Cara mengonsumsi manfaat daun sambung nyawa untuk mengurangi tekanan darah adalah Anda bisa minum ramuan dari rebusan daun sambung nyawa secara teratur dua kali sehari setelah makan atau Anda bisa membuatnya menjadi salad dan memakannya. Hebat bukan manfaat daun sambung nyawa ini?

Baca Juga  Lupakan Rasa Pahit, Ini 5 Manfaat Daun Mengkudu Bagi Kesehatan

5. Mengatasi Kanker

Ternyata salah satu sifat Sitotastik dalam daun ini dapat memperlambat laju pertumbuhan kanker di dalam tubuh. Cara mengkonsumsinya untuk mengobati kanker adalah Anda dapat minum ramuan dari rebusan daun sambung nyawa yang dicampur dengan curcuma zedoaria dan dandelion.

6. Mengobati Pendarahan atau Pembengkakan Pada Payudara

Gangguan pembengkakan payudara ini bisa menimbulkan sensasi rasa nyeri pada payudara. Hal ini disebabkan dengan banyak faktor seperti mengalami kehamilan, masa pubertas, masa menopause, dan lainnya.

Cara mengobatinya dengan daun sambung nyawa sangat sederhana, cukup Anda bisa minum ramuan dari rebusan daun sambung nyawa sebanyak setengah gelas sekali sehari.

7. Obati Luka

Lembutkan daun sambung nyawa yang dicampur dengan gula merah dapat mengobati luka seperti mengobati luka bakar, dan lainnya. Gunakan dan ambil di tempat yang tepat dan balut dengan kain bersih. Selain itu, khasiat tanaman ini juga bisa mengobati memar.

Langkah-langkah dihaluskan dari daun daun sambung nyawa dicampur dengan beberapa daun tanaman jarak dan letakkan di bagian memar.

8. Menentralisir gigitan hewan liar

Saat digigit binatang buas, jangan terlalu panik. Ambil beberapa daun sambung nyawa, lalu dilumatkan dan letakkan di luka gigitan. Jangan lupa menggunakan perban.

Baca Juga  4 Manfaat Daun Sirih Hijau Untuk Kesehatan dan Cara Menggunakannya

9. Obati kutil

Kutil adalah istilah lain untuk papilloma, sejenis tumor jinak yang ada pada kulit yang disebabkan oleh penebalan berlebihan pada lapisan luar kulit.

Cara alami untuk mengobatinya adalah menumpuk beberapa daun daun sambung nyawa dan menempelkannya pada kutil dengan selotip.

Rina Hutapea

Hai Guys, selamat datang di laman ini. Perkenalkan nama saya Rina Hutapea, dan saat ini aktif menulis Novel, cerpen, cerbung dan juga artikel. Sebagai seorang yang hobby menulis, traveling dan membaca adalah senjata utama untuk menemukan ide-ide baru.

Namun akan lebih baik lagi jika teman-teman pembaca selalu memberikan kritik dan juga saran, supaya saya bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik lagi kedepannya.

Teman-teman juga bisa menghubungi lewat account Instagram Rina_hutapea13, semoga setiap rangkaian kata di laman ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *