gmat preparation jakarta
4 Tips Memilih Tempat Kursus GMAT Preparation Jakarta yang Terbaik
31/10/2018
kepanjangan sat
Apakah Kepanjangan SAT? Dan Apakah Fungsi SAT? Berikut Jawabannya
31/10/2018

13 Manfaat Daun Bidara Bagi Kesehatan dan Perawatan Kulit

manfaat daun bidara

Manfaat Daun Bidara – Daun bidara berasal dari pohon bidara atau ziziphus mauritiana yang merupakan pohon kecil penghasil buah yang biasa tumbuh di daerah kering dan sedikit curah hujan.

Walaupun tumbuh di daerah yang kering, pohon bidara tidak pernah layu, bahkan semakin lebat. Pohon ini memiliki tinggi sekitar 5-15 meter dengan jumlah cabang yang cukup banyak dan terdapat duri pada tiap bagian kayunya.

Baca Juga  Waspada, 6 Penyebab Trombosit Turun yang Harus Dihindari

Pohon bidara sering luput dari perhatian dan hanya dianggap sebagai semak belukar saja karena memang tanaman ini tumbuh liar di kebun.

Pohon bidara umumnya memiliki daun yang rindang. Daun tersebut memiliki ciri-ciri bentuk yang lonjong atau elips, berwarna hijau mengkilat, permukaannya halus, serta terdapat duri-duri pada daun tersebut.

manfaat daun bidara

13 Manfaat Daun Bidara Bagi Kesehatan dan Perawatan Kulit

Bahkan duri tersebut sudah ada meskipun pohon bidara masih berusia muda. Setelah diteliti, ternyata daun bidara memiliki banyak manfaat. Lalu apa saja manfaat daun bidara bagi kehidupan manusia? Simak penjelasan berikut ini

1.Mempercepat penyembuhan luka

Luka lecet, luka bakar, luka gores, maupun luka karena jatuh bisa diobati dengan daun bidara. Daun bidara mengandung senyawa anti inflamasi yang mampu mempercepat penyembuhan kulit yang terkena luka lecet.

Untuk membuat ramuan penyembuhan luka lecet dan gores, caranya adalah dengan menumbuk daun bidara sampai halus. Kemudian campur tumbukan denga sedikit air hingga berbentuk pasta, lalu oleskan pasta pada bagian kulit yang terluka.

Selain itu daun bidara yang masih segar mampu memberikan efek dingin pada kulit yang terkena luka bakar serta menghilangkan bekas luka bakar pada kulit. Untuk luka bakar kecil, anda bisa mengobati sendiri menggunakan daun bidara. Anda tinggal menyiapkan daun bidara segar yang masih hijau, lalu bersihkan, dan tempelkan pada bagian kulit yang terkena luka bakar.

2.Mengatasi jerawat

Manfaat daun bidara berikutnya adalah bisa dijadikan masker untuk membersihkan dan menjaga kulit dari jerawat. Daun bidara memiliki kemampuan untuk membasmi bakteri, jerawat, dan patogen yang memicu timbulnya jerawat.

Baca Juga  6 Penyebab Gigi Ngilu Ini Perlu Anda Hindari Sekarang Juga

Untuk membuat masker anti jerawat, caranya cukup mudah. Langkah pertama, tumbuk dan haluskan beberapa lembar daun bidara. Tambahkan sedikit air lalu campur hingga membentuk pasta, lalu oleskan pada wajah yang berjerawat. Diamkan selama 20 menit hingga mengering dan bilas dengan air bersih.

3.Menjaga kesehatan lambung

Manfaat daun bidara lainnya adalah mengatasi berbagai masalah lambung seperti asam lambung, sembelit, ataupun sakit mag. Penelitian membuktikan bahwa daun bidara bisa dijadikan obat sembelit alami yang manjur dan aman.

Untuk menjaga kesehatan lambung, langkah pertama adalah siapkan daun bidara segar dan cuci hingga bersih. Tumbuk daun bidara hingga halus, lalu larutkan ke dalam segelas air dan minum air daun bidara tersebut secara teratur.

4.Meningkatkan nafsu makan

Kehilangan nafsu makan bisa menjadi mengkhawatirkan karena akan mengganggu kesehatan. Nafsu makan bisa terjadi karena kegiatan yang tidak normal yang mengakibatkan telat makan, karena sakit, atau bisa juga karena konsumsi makanan yang tidak sehat.

Nah, cara terbaik agar nafsu makan bisa muncul kembali adalah dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi teh daun bidara.

Daun bidara yang telah diolah menjadi teh memiliki aroma menyegarkan dan senyawa alami yang mampu meningkatkan nafsu makan seseorang. Selain itu, teh daun bidara juga bisa memperbaiki sistem pencernaan sehingga bisa merubah pola makan sebelumnya.

Teh daun bidara ini bisa juga digunakan oleh orang yang dalam masa pemulihan setelah sakit atau operasi, sehingga nafsu makannya bisa normal kembali.

5.Menjaga kesehatan mulut

Daun bidara juga berguna dalam menjaga kesehatan mulut, sehingga kita terlindungi dari berbagai masalah mulut seperti sariawan, gusi berdarah, maupun bibir pecah-pecah. Hal ini karena di dalam daun bidara kaya akan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan alami yang mampu membunuh bakteri yang ada di dalam mulut sehingga mulut menjadi lebih sehat.

Baca Juga  6 Manfaat Daun Peterseli Untuk Kesehatan Yang Mesti Anda Ketahui

Caranya sangat mudah, larutkan daun bidara yang sudah halus ke dalam segelas air, lalu anda bisa kumur-kumur dengan air remasan bidara tadi.

manfaat daun bidara

6.Mengatasi haid yang tidak lancar

Memiliki siklus haid yang teratur adalah penting bagi seorang wanita. Karena siklus haid menjadi indikasi kesehatan dan tingkat kesuburan wanita. Untuk mengatasi haid yang tidak lancar, anda bisa menggunakan ramuan herbal daun bidara yang dihidangkan dalam bentuk teh. Daun bidara memiliki kemampuan menjaga keseimbangan hormon estrogen dan progesteron sehingga haid menjadi lancar.

7.Menjaga kecantikan wajah

Daun bidara sudah dipergunakan sejak zaman dahulu untuk menjaga kecantikan wajah. Daun bidara mampu mencegah berbagai masalah di wajah seperti keriput maupun kulit kering dan kusam. Untuk mengatasi masalah tersebut, anda bisa membuat sendiri masker wajah dari daun bidara. Cara pembuatannya adalah hancurkan atau tumbuk daun bidara yang sudah bersih.

Lalu campurkan tumbukan daun bidara dengan madu atau perasan jeruk lemon hingga berbentuk pasta. Oleskan masker daun bidara tadi ke seluruh wajah, diamkan selama beberapa menit hingga kering dan basuh dengan air bersih.

8.Mencegah diabetes

Diabetes militus terjadi karena kadar gula darah berlebih akibat tubuh kekurangan insulin. Penyakit ini bisa memicu risiko terkena penyakit lainnya seperti ginjal dan jantung. Daun bidara ternyata diketahui memiliki kandungan senyawa yang melindungi tubuh dari kerusakan sistem pengaturan kadar gula darah.

Untuk pemakaian, akan lebih baik jika daun bidara kering dikonsumsi langsung. Sebenarnya bisa juga dikonsumsi dalam bentuk seperti minuman teh, tetapi tetap saja manfaatnya akan terasa lebih manjur jika dikonsumsi langsung.

Baca Juga  6 Manfaat Daun Kelor untuk Wajah dan Untuk Kesehatan Tubuh

Selain manfaat daun bidara di atas, berikut ini beberapa kegunaan lainnya

9. Menjaga kesehatan rambut

10.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

11.Menurunkan demam

12.Melindungi kulit dari sinar ultraviolet

13.Memandikan jenazah

Itulan beberapa manfaat daun bidara yang perlu kita ketahui. Nah, setelah mengetahui cara penggunaan yang sangat mudah, mulai sekarang anda bisa menggunakan daun bidara di kehidupan sehari hari. Semoga artikel di atas bermanfaat dan selamat mencoba ya.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *