penyebab biduran
Kenali Penyebab Biduran Cara Mengatasi Biduran dan Mencegahnya
27/05/2019
Senam Kegel
Manfaat dan Cara Senam Kegel Paling Mudah dan Benar
28/05/2019

7 Manfaat Buah Markisa yang Menakjubkan Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat buah markisa

Manfaat Buah Markisa – Markisa secara umum adalah buah yang memiliki warna kuning ungu gelap dan hampir mirip dengan buah anggur. Banyak dikonsumsi di seluruh dunia karena ratusan manfaatnya.

Lebih dari 500 jenis buah markisa yang sangat terkenal untuk sarapan dan sebagai snack. Buah ini memiliki rasa yang segar dan memiliki banyak kandungan air. Buah markisa sendiri sangat mudah ditanam dan tumbuh pada cuaca yang hangat dan akan selalu berbuah setiap tahun.

7 Manfaat Buah Markisa yang Menakjubkan Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat buah markisa untuk kesehatan
Banyak sekali resep makanan yang menggunakan buah markisa seperti salad dan juga dessert. Lalu apa saja manfaat buah markisa jika kita mengkonsumsinya secara rutin? Berikut ini beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Penggunaan buah markisa untuk memperkuat kekebalan tubuh telah digunakan sejak zaman kuno. Walaupun pada zaman dahulu belum banyak informasi mengenai kandungan apa saja yang ada di dalamnya.

Kandungan cryptoxanthin, karoten dan vitamin C inilah yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C akan merangsang sel darah putih dan sistem pertahanan kekebalan tubuh untuk melindungi dari serangan bakteri.

Baca Juga  Luar Biasa, Inilah 8 Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan

Mengkonsumsi satu buah markisa setiap hari dapat memberikan asupan potasium harian yang dibutuhkan. Potasium adalah mineral yang mampu meredakan ketegangan pembuluh darah. Secara alami mampu meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

2. Membantu memerangi kanker

Bersamaan dengan meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh, markisa juga merupakan buah antioksidan. Ditambah dengan kandungan senyawa anti inflamasi yang membantu mengurangi aktivitas karsinogenik dalam tubuh kita.

Kandungan antioksidan dalam markisa akan menjaga agar radikal bebas hilang dari dalam sistem tubuh. Oleh karena itulah maka kanker yang biasanya muncul karena radikal bebas dapat dicegah dan diatasi dengan baik.

3. Kaya kandungan vitamin

Tidak hanya vitamin C saja yang banyak terdapat dalam markisa. Beberapa vitamin yang lainnya juga cukup tinggi seperti vitamin A serta banyak fenolik dan flavonoid yang berfungsi untuk mencegah kanker. Vitamin A terkenal untuk manfaatnya pada mata.

Apabila Anda memiliki riwayat keluarga yang memiliki penyakit mata maka konsumsi markisa. Tambahkan buah ini selalu dalam menu makanan Anda. Vitamin A akan mencegah kondisi mata seperti kebutaan malam hari, katarak dan degenerasi makula.

Vitamin lainnya juga akan mengurangi tanda penuaan seperti keriput. Markisa mampu mendehidrasi kulit dan menjamin kulit akan tampak sehat sepanjang tahun. Tidak ada lagi kulit yang tampak kusam.

khasiat buah markisa

4. Meningkatkan sirkulasi tubuh

Kandungan tembaga dan zat besi yang kaya akan buah markisa memberikan sirkulasi tubuh menjadi lebih baik. Belum lagi adanya kombinasi kandungan yang memiliki sifat pengecer darah yaitu kalium. Hal ini akan berdampak besar pada sirkulasi darah dan jantung.

Baca Juga  Mengenal 4 Khasiat Buah Pinang Untuk Kesehatan Wanita

Tembaga dan besi merupakan kandungan baik untuk memproduksi sel darah merah yang baik. Mengkonsumsi markisa secara rutin akan meningkatkan jumlah sel darah merah Anda dan alirah darah bebas oksigen di seluruh tubuh.

5. Mengurangi kolesterol

Bagi para orang tua biasanya mempertahankan kadar kolesterol yang baik sangatlah sulit karena banyak hidangan yang lezat mengandung kolesterol jahat. Kolesterol jahat tidak hanya menyebabkan fluktuasi tekanan darah, tetapi juga menghalangi arteri untuk meningkatkan tekanan pada jantung Anda.

Apabila Anda ingin mengurangi kadar kolesterol maka konsumsi makanan yang sehat salah satunya buah markisa. Manfaat buah markisa ini secara alami meningkatkan HDL dan menurunkan LDL.

6. Menyembuhkan insomnia

Banyak orang yang memiliki tekanan di pekerjaan selalu mengalami insomnia. Sehingga banyak orang menganjurkan untuk mengkonsumsi buah markisa untuk bisa mengatasi masalah insomnia ini. Kandungan alkaloid dalam markisa berfungsi sebagai obat penenang yang kuat.

Senyawa tersebut sangat dikenal untuk mengatasi sulit tidur, gelisah dan mengurangi kecemasan. Anda bisa mengkonsumsi buah markisa setiap hari sebelum tidur.

Baca Juga  Lupakan Obat, Inilah 6 Sayuran Penambah Darah yang Bisa Dikonsumsi

7. Mencegah osteoporosis

Markisa merupakan buah yang kaya mineral penting, seperti magnesium, tembaga, besi dan fosfor. Semua kandungan tersebut memiliki fungsi untuk meningkatkan kepadatan tulang. Mineral mampu meningkatkan kesehatan tulang dan melindungi dari gangguan penyakit tulang.

Bagi para manula penting untuk mengkonsumsi buah markisa untuk mengatasi masalah osteoporosis. Mengkonsumsinya setiap hari tidak akan memberikan efek samping yang berbahaya.

Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *