Mengenal Kedutaan Jerman di Jakarta
28/09/2018
cara mengobati difteri secara alami
Begini Cara Mengobati Difteri Secara Alami yang Bisa Dicoba Dirumah
29/09/2018

Leukopenia adalah Kondisi yang Harus Segera Ditangani!

Leukopenia adalah – Sahabat, apakah Anda mengalami penurunan berat badan tanpa sebab dibarengi kondisi tubuh panas dingin? Anda tidak perlu panik tetapi juga jangan dianggap remeh karena hal itu bisa saja mengindikasikan bahwa ada gangguan pada sel darah putih atau leukosit.

Jika benar hal tersebut terjadi karena tubuh mengalami kekurangan leukosit, maka gangguan itu yang disebut leukopenia.

Apa itu leukopenia?

Leukopenia adalah kondisi di mana tubuh mengalami kekurangan jumlah sel darah putih. Kekurangan yang dimaksud dapat berupa kekurangan salah satu bagian dalam sel darah putih atau pun kekurangan secara keseluruhan.

Diketahui bahwa sel darah putih atau leukosit memiliki beberapa bagian di dalamnya. Terdapat setidaknya lima bagian pada sel darah putih yang masing-masing memiliki fungsi berbeda dalam menjaga kekebalan tubuh manusia, yaitu sebagai berikut.

  1. Neutrofil.

Neutrofil adalah bagian sel darah putih yang mempertahankan tubuh dari infeksi jamur atau bakteri.

  1. Eosinofil.

Bagian ini sangat berperan terutama dalam hal kaitannya menangkal parasit.

  1. Basofil.

Bagian basofil dalam sel darah putih akan berperan dalam menangani alergi. Namun, dalam reaksinya melepaskan zat kimia histamin akan menyebabkan peradangan.

  1. Monosit.

Bagian ini akan membuat pantogen-pantogen dikenali oleh sel-sel T agar bisa dibunuh.

  1. Limfosit.

Bagian ini akan mengurusi virus dan sel-sel kanker yang berpotensi menyerang tubuh.

Faktor yang menyebabkan leukopenia

Ada beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya sel darah putih dalam tubuh manusia. Penyebab leukopenia adalah sebagai berikut.

  1. Infeksi penyakit, misalnya karena sepsis, tuberkulosis, dan bahkan HIV/AIDS
  2. Terdapat kelainan gen atau bawaan lahir yang menyebabkan sumsum tulang belakang tidak sempurna memproduksi sel darah, seperti yang terjadi pada penyakit myelokathexis dan sindrom Kostmann.
  3. Karena beberapa penyakit yang menyerang autoimun. Penyakit-penyakit ini menghancurkan sel darah putih atau pun sumsum tulang belakang, seperti lupus dan radang sendi.
  4. Infeksi parah yang membuat sel darah putih menjadi bekerja terlalu keras
  5. Karena beberapa pengobatan khusus yang efek sampingnya menghancurkan sel darah putih, seperti kemoterapi, penggunaan penicillin.
  6. Kekurangan vitamin B12, folat, Zinc, dan tembaga.
  7. Karena penyakit yang menyerang sumsum tulang, seperti hipersplenisme atau limpa yang terlalu aktif bekerja, myelodysplastic syndrome (MDS), anemia aplastik, myeloproliferative syndrome, dan myelofibrosis.
  8. Karena penyakit kanker darah dan kanker sumsum tulang yang membuat produksi sel darah putih tidak normal atau kurang.
  9. Karena terapi radiasi pada bagian yang terdapat sumsum tulang banyak seperti kaki, torso, dan panggul.
  10. Gejala awal menurunnya sel darah putih seringkali tidak terlihat, namun jika Anda merasa tiba-tiba mengalami penurunan berat badan tanpa sebab, merasa panas dingin dan demam, Anda dapat mencurigainya. Segeralah periksa ke dokter untuk memastikannya.

Penanganan leukopenia

Penanganan paling dini leukopenia dengan tidur cukup selama 7-8 jam sehari. Hal tersebut dapat menaikan kembali jumlah sel darah putih dalam tubuh.

Secara langsung, kekurangan sel darah putih atau leukopenia adalah kelainan tubuh yang tidak menyebabkan tubuh mengalami perubahan. Tetapi efek yang ditimbulkan setelah itu adalah bahwa penyakit yang masuk ke dalam tubuh tidak bisa ditangani.

Untuk itu, ketika seseorang kekurangan darah putih sebaiknya tidak berada dalam situasi yang menyebabkan penyakit mudah masuk.

Selain itu, penanganan seperti resep steroid dan vitamin oleh dokter atau terapi sitokin juga dapat dilakukan. Apabila sudah parah, maka pengonsumsian obat koktil dianjurkan bagi pasien.

 

Baca Juga  Luar Biasa, Ini 7 Manfaat Jus Nanas Untuk Kesehatan

Artikel Terkait

Amry Hidayat

Halo orang-orang, Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *