manfaat kismis
Luar Biasa Inilah 19 Manfaat Kismis Untuk Kesehatan Tubuh
23/11/2018
khasiat telur bebek
Tidak Hanya Dibuat Martabak, Inilah Khasiat Telur Bebek Untuk Kesehatan
24/11/2018

Luar Biasa, Inilah 7 Khasiat Seledri yang Menakjubkan Untuk Kesehatan

khasiat seledri

Khasiat Seledri – Seledri atau Apium graveolens L. merupakan sayuran yang seringkali digunakan sebagai bahan masakan. Fungsi seledri ini dapat menambah rasa khas pada masakan karena seledri memiliki aroma yang tajam.

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam seledri diantaranya vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, magnesium, zat besi, folat, selenium, kalsium dan masih banyak kandungan lainnya.

Baca Juga  Selain Menghangatkan Tubuh, Inilah 5 Manfaat Wedang Jahe

Banyaknya nutrisi yang terkandung di dalam seledri tersebut membuat seledri banyak digunakan sebagai obat herbal. Lalu Apa saja khasiat seledri? Simak uraiannya berikut ini.

Luar Biasa, Inilah 7 Khasiat Seledri yang Menakjubkan Untuk Kesehatan

khasiat seledri
1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Seledri memiliki senyawa antioksidan kuat yang mampu menjaga dan melindungi pembuluh darah dari penyempitan. Salah satu khasiat seledri yang terkenal yaitu untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Untuk menurunkan tekanan darah tinggi, Anda bisa merebus seledri dan meminum air rebusan seledri 1 – 2 kali sehari hingga tekanan darah menurun. Selain dengan cara tersebut, Anda juga bisa mengukus seledri dan mengonsumsinya sebagai lalapan sehari – hari.

2. Menjaga Kesehatan Ginjal

Khasiat seledri dapat menjaga kesehatan ginjal. Khasiat ini bisa Anda dapatkan dengan cara sebagai berikut:

– Siapkan seikat daun seledri lalu cuci hingga bersih.

– Potong – potong seledri menjadi ukuran kecil kemudian rebus selama 10 menit.

– Setelah dingin, Anda bisa mengonsumsinya 1 gelas setiap hari.

Mengonsumsi air rebusan seledri ini dapat membantu mengeluarkan racun yang menumpuk di dalam tubuh Anda melalui air seni.

Baca Juga  Macam-Macam Buah Penurun Tensi Lezat dan Murah

3. Menurunkan Kolesterol

Seledri dapat dijadikan ramuan untuk menurunkan kolesterol. Khasiat seledri ini bisa Anda peroleh dengan merebus 30 gram akar seledri bersama 2 gelas air hingga mendidih dan air rebusan tersisa 1 gelas.

Tunggu hingga dingin kemudian saring airnya. Setelah disaring, air rebusan ini bisa langsung Anda minum.

4. Mengobati Bronkitis

Ramuan seledri juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit bronkitis. Caranya, gunakan 60 gram seledri segar yang telah dicuci bersih, kulit jeruk mandarin kering sebanyak 10 gram dan 25 gram gula aren.

Potong – potong bahan tersebut kemudian masukkan ke dalam panci bersama 3 gelas air lalu rebus hingga mendidih

Tunggu hingga air menjadi tersisa setengahnya. Setelah itu tunggu hingga air rebusan dingin dan saring airnya. Anda bisa mengonsumsi air rebusan seledri ini 2 kali untuk mendapatkan khasiat seledri.

khasiat seledri

5. Meredakan Alergi

Di dalam seledri terkandung zat antibakteri yang disebut dodecenal. Dodecenal mampu membunuh bakteri serta jamur yang menyebabkan masalah pada kulit. Jika Anda memiliki alergi tetapi tidak sedia salep di rumah, Anda bisa menumbuk daun seledri dan menggunakannya untuk mengatasi alergi Anda.

Baca Juga  4 Cara Menebalkan Rambut Dengan Alami dan Mudah Dirumah

6. Mengatasi Rambut Rontok

Selain digunakan untuk kesehatan, khasiat seledri juga bisa digunakan untuk kecantikan, salah satunya untuk mengatasi rambut rontok. Caranya, siapkan air seduhan seledri dan campurkan dengan teh hijau.

Lalu teteskan campuran air seledri dan teh hijau ke rambut sambil dipijat secara perlahan – lahan hingga air meresap. Lakukan cara ini sekitar 10 menit, kemudian Anda bisa membilasnya dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa melakukan cara ini secara rutin.

7. Mengurangi Risiko Penuaan Dini

Seledri kaya akan antioksidan, folat, niasin dan berbagai vitamin yang bermanfaat untuk merangsang produksi kolagen yang berperan menjaga elastisitas kulit. Untuk mendapatkan khasiat seledri ini, Anda bisa membuat jus seledri dan mengonsumsinya secara rutin.

Jus seledri ini selain membantu merangsang produksi kolagen, juga dapat menutrisi kulit serta membuat kulit menjadi lebih terhidrasi sehingga kuli menjadi terjaga kelembabannya.

Embun Rinjani

Nama pena saya Embun Rinjani. Teruntuk para pembaca, terima kasih telah membaca tulisan – tulisan saya. Saya senang bisa berbagi informasi dan pengetahuan dengan para pembaca semuanya.

Saya memiliki hobi traveling, membaca, dan menulis. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi.

Dengan membaca, saya bisa menambah wawasan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update. Dari hobi membaca itu, saya jadi suka menulis. Semoga tulisan – tulisan saya bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *