khasiat telur bebek
Tidak Hanya Dibuat Martabak, Inilah Khasiat Telur Bebek Untuk Kesehatan
24/11/2018
cara menghilangkan kumis pada wanita
Jangan Malu, Ini 7 Cara Menghilangkan Kumis Pada Wanita Dengan Alami
26/11/2018

7 Khasiat Mentimun Untuk Kesehatan Ini Jarang Diketahui Banyak Orang

khasiat mentimun

Khasiat Mentimun – Apakah anda pernah berpikir, bahwa Mentimun masuk dalam barisan sayuran atau buah-buahan. Karean mentimun sering digunakan sebagai lalapan dan juga dijadikan jus mentimun.

Karena seringnya hidup di dunia abu-abu. Mentimun sering dimanfaatkan berbagai hal yang berhubungan dengan sayuran. Serta dijadikan bahan-bahan yang berkaitan dengan fungsi buah-buahan.

Mentimun masuk dalam barisan sayuran ketika digunakan sebagai lalapan, sayur mentimun atau topping-topping pelengkap nasi kuning. Sementara mentimun dimasukan sebagai buah-buahan saat dijadika jus buah, atau saat membuat infused water.

Baca Juga  Cara Membuat Infused Water Dari Campuran 11 Bahan Alami Dirumah

Padahal secara aslinya, mentimun masuk dalam kategori sayuran. Karena masih satu keluarga dengan melin dan labum. Dimana ciri-ciri kategori ini adalah memiliki kandungan air yang sangat banyak.

Selain memiliki kandungan air, mentimun juga mempunyai cairan elektrolit yang baik serta mempunyai kalori yang rendah. Habitat hidup mentimun sendiri banyak ditemukan di berbagai belahan dunia, di dataran manapun dalam bentuk, warna, dan ukuran yang berbeda-beda.

Seperti mentimun di jawa barat yang besar-besar. Sementara mentimun di Jawa Tengah terlihat seperti biasa. Tetapi secara umum. Mentimun memiliki ciri khas daging yang renyah, putih bersih dan sekaligus bijinya bisa dijadikan makanan.

Mentimun juga mempunyai ciri khas kulit berwarna hijau muda atau hijau tua kehitaman. Jika anda terbiasa mengonsumi mentimun, waspada jika memilih mentimun. Karena jika tidak hati-hati, anda bisa mendapatkan mentimun dengan rasa pahit.

khasiat mentimun
7 Khasiat Mentimun Untuk Kesehatan Ini Jarang Diketahui

Karena seringnya digunakan sebagai lalapan, sayuran, buah, infused water, bahkan masker kecantikan dan asupan gizi. Mentimun ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan anda. Berikut khasiat mentimun yang mungkin belum anda ketahui:

1. Membuat Rambut dan Kuku Sehat dan Sempurna

Mentimun berkhasiat membuat rambut dan kuku berkilau sehat dan sempurna. Anda mungkin pernah melihat lidah buaya (aloe vera) dijadikan nutrisi rambut. Tetapi ternyata mentimun juga bisa dijadikan nutrisi rambut dan kuku. Caranya sama seperti aloe vera, dijadikan sampo atau diekstrak agar lebih cair.

Baca Juga  Sering Cegukan? ternyata Ini 6 Penyebab Cegukan Dalam Ilmu Medis

Kemudian lulurkan di rambut anda, tunggu beberapa menit saja. Kemudian bilas dengan air bersih. Khasiat mentimun ini akan membuat rambut dan kuku tangan anda bersih bersinar karena adanya kandungan silikon dan belerang. Jika anda tidak terbiasa menggunakan lulur mentimun. Anda bisa mulai banyak mengonsumsi mentimun.

2.Mentimun berkhasiat melawan kanker

Mentimun memiliki senyawa secoisolariciresinol, lariciresinol dan pinoresinol yang memiliki efek anti-kanker. Kanker sendiri sekarang lebih cepat berkembang karena buruknya gaya hidup. Sehingga sekarang lebih cepat menyerang generasi muda yang mempunyai gaya hidup instan dan serba milenial.

3. Mengurangi hitamnya kantung mata

Khasiat mentimun selanjutnya adalah mengurangi hitamnya kantung mata. Sering begadang dan lembur membuat kantung mata anda tampak menghitam dan menyerupai panda.

Anda bisa menghilangkan hitamnya kantung mata dengan mencoba menjadikan dua buah mentimun yang dikupas diletakkan di bawah mata secara rutin. Senyawa anti-inflamasi yang ada di dalma mentimun akan berguna menghilangkan warna kehitaman kantung mata anda.

4.Khasiat mentimun keempat, membantu program diet

Siapa yang sedang gelisah dengan bentuk tubuh yang melar? Anda perlu berterima kasih dengan mentimun. Karena mentimun mempunyai kandungan air yang banyak, rendah kalori dan mengurangi dehidrasi. Kandungan ini membuat saluran pencernaan anda lancar, mudah dibersihkan dan tentunya akan mengurangi lemak-lemak yang menempel di tubuh anda.

khasiat mentimun

5.Mentimun berkhasiat menambah vitamin dan mineral dalam tubuh

Anda sering sakit-sakitan? Bisa jadi karena kekurangan vitamin dan mineral. Mentimun sebagai sayur murah meriah bisa menjadi alternatif dalam menambah mineral dan vitamin di tubuh anda.

Karena mentimun memiliki kandungan vitamin C, Vitamin A dan Vitamin B. Jika anda bosan mengonsumi mentimun. Anda bisa variasikan dengan minum jus wortel atau sayur bayam. Sehingga bisa menambah mineral dan vitamin lain.

6. Mengusir dan Melarutkan Racun

Khasiat mentimun yang jarang diketahui adalah mengusir dan melarutkan racun. Karena daya kemampuan cairan mentimun yang banyak, dapat mengusir dan melarutkan racun yang ada di dalam tubuh. Serta mempunyai kemampuan melarutkan penyakit batu ginjal.

Baca Juga  Dibuang Sayang, Ini Manfaat Teh Basi yang Tidak Boleh Dilewatkan

7. Menyembuhkan Kulit yang Terbakar

Mentimun juga berkhasiat menyembuhkan kulit yang terbakar karena terkena matahari. Kulit terbakar api dengan kulit terbakar matahari tentu berbeda. Kulit terbakar matahari meninggalkan bercak-berca. Dengan rutin mengonsumsi mentimun. Maka dapat mengontrol kadar keasaman kulit yang terbakar akibat terkena matahari.

Artikel Terkait

Rianto Subandi

Hai, selamat datang di lapak inspirasi. Lapak ini adalah kumpulan inspirasi yang ditulis sembari menikmati secangkir teh manis dan sepotong senja di sore hari.

Selanjutnya, perkenalkan nama saya Rianto, menjadi blogger sejak 2009. Remah remah tulisan saya mengenai inspirasi kehidupan dapat ditelusuri di blog ini atau di kompasiana. selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *