makanan kucing anggora
5 Makanan Kucing Anggora Ini Paling Banyak Dicari dan Dikonsumsi
12/10/2018
universitas kedokteran di jerman
Ingin Kuliah Di Universitas Kedokteran di Jerman? Perhatikan Hal Ini
12/10/2018

Selain Nikmat, Inilah Ragam Khasiat Ikan Gabus Untuk Kesehatan

khasiat ikan gabus

Khasiat Ikan Gabus – Masyarakat yang tinggal dekat dengan daerah perairan seperti sungai, rawa, dan danau, menggunakan ikan sebagai sumber protein. Salah satunya adalah ikan gabus atau Channa striata.

Ikan ini tersebar luas dari Asia selatan, Cina selatan, hingga Asia Tenggara. Di Indonesia, nama lokal untuk ikan ini adalah Bocek (Riau), Aruan, Haruan (Melayu), kocolan (Betawi), Bogo (Sunda), Bayong, Bogo, licingan (Banyumas) kutuk (Jawa), dan kabos (Minahasa).

Baca Juga  Manfaat Timun Untuk Wajah Agar Bersih, Segar Dan Cantik

Ikan gabus dewasa dapat berkembang hingga satu meter panjangnya. Bentuk fisiknya berupa kepala besar, cukup datar seperti kepala ular (disebut juga sneak head), dengan sisik besar di kepala. Tubuh bulat memanjang dengan sirip bulat di ujungnya.

Bagian atas tubuh dari kepala ke ekor berwarna gelap, coklat atau hitam kehijauan, dengan bagian bawah tubuh berwarna putih. Sisi samping dengan garis tebal menyerupai lingkungan sekitarnya. Mulut besar dengan gigi besar dan tajam.

Manfaat Ikan Gabus Untuk Kesehatan

Meskipun ikan lain juga dikenal sebagai sumber protein yang baik untuk tubuh, diketahui bahwa ikan gabus memiliki jenis nutrisi yang lebih tinggi. Kandungan protein ikan gabus adalah 25,5%, lebih tinggi dari kandungan protein ikan mas (16,0%), ikan kakap (20,0%), dan sarden (21, 1%).

Ikan gabus juga mengandung banyak albumin. Kandungan tersebut penting untuk tubuh manusia, terutama dalam proses penyembuhan luka.

Penyediaan daging gabus, baik dagingnya atau pun ekstraknya, telah dicoba untuk meningkatkan kadar albumin dalam darah dan membantu menyembuhkan berbagai penyakit seperti kanker, stroke, gagal ginjal, diabetes mellitus, dan untuk perawatan pasca operasi.

Baca Juga  Manfaat Susu Kambing Etawa Dan Khasiat Susu Kambing Etawa

Kekurangan albumin dalam tubuh manusia (hypoalbumin) membuat nutrisi tidak beredar dengan baik ke seluruh tubuh.

Untuk anak-anak, kurangnya albumin akan menyebabkan retardasi pertumbuhan, perkembangan otak yang tidak optimal, dan terganggunya kekebalan tubuh anak-anak sehingga mudah sakit.

khasiat ikan gabus

Kandungan yang terdapat dalam ikan gabus

Komponen kimia Ikan gabus segar ikan gabus kering satuan hitung

Kalori 69 24 (kal)

Protein 25,2 58,0 (g)

Lemak 1,7 4,0 (g)

Besi 0,9 0,7 (mg)

Kalsium 62 15 (mg)

Fosfor 176 100 (mg)

Vitamin A 150 100 (SI)

Vitamin B1 0,04 0,10 (mg)

Air 69 24 (g)

BDD 64 80 (%)

Selain Nikmat, Inilah Ragam Khasiat Ikan Gabus Untuk Kesehatan

khasiat ikan gabus
Selain rasa ikan gabus yang terasa nikmat dan lezat ternyata ikan gabus memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya:

1. Pertumbuhan otot

Ikan gabus memiliki kandungan protein yang lebih tinggi daripada kadar protein yang ditemukan pada ikan lele, ikan mas, dan ikan nila. Tapi itu masih setara dengan kandungan protein yang ditemukan di bandeng. Dari 100 gram daging ikan gabus, sebanyak 25,2 gram protein dapat diperoleh.

Sebagai perbandingan, kandungan protein per 100 gram yang ditemukan pada ayam hanya memiliki 18,2 gram, sementara pada daging sapi hanya 18,8 gram dan telur hanya memiliki 12,8 gram. Kandungan protein yang tinggi akan menguntungkan Anda karena akan banyak membantu Anda dalam proses perkembangan otot di tubuh Anda.

Baca Juga  Faktor Penyebab Migrain Sebelah Kiri yang Jarang Diketahui

2. Mempercepat penyembuhan luka

Daging gabus juga mengandung banyak albumin pada tingkat yang sangat tinggi. Anda harus tahu bahwa albumin adalah sejenis protein yang sangat penting dalam proses penyembuhan luka di tubuh Anda.

Ikan gabus, baik dagingnya atau pun ekstraknya, juga dapat mempercepat proses penyembuhan pada luka pasca operasi. Hal ini disebabkan tingginya kandungan albumin pada ikan gabus, sehingga dapat dengan cepat membantu pembentukan sel dan jaringan baru di bagian tubuh Anda yang telah rusak oleh proses operasi

3. Mempertahankan keseimbangan cairan dalam tubuh.

Albumin juga berfungsi untuk menjaga kestabilan pengaturan cairan di dalam tubuh. Jika tingkat cairan tubuh Anda berkurang, protein yang masuk ke tubuh Anda akan pecah dan tidak akan bisa berfungsi secara normal. Kandungan normal albumin dalam tubuh mencapai 60%.

4. Baik untuk pencernaan.

Cork memiliki struktur daging yang lebih lembut, Anda tidak perlu khawatir tentang pencernaan karena sangat mudah dicerna. Ini karena ikan gabus memiliki protein kolagen yang lebih rendah dari tingkat protein yang terkandung dalam daging hewan lain.

5. Menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Khasiat ikan gabus Dapat membantu proses penyembuhan berbagai penyakit seperti hepatitis, infeksi paru-paru, tifoid, diabetes, stroke, dll.

6. Menangkal malnutrisi.

Dapat memperbaiki malnutrisi yang banyak ditemukan pada bayi, anak kecil, dan wanita hamil karena 100 gram gabus cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan, terutama untuk bayi.

7. Membantu menyembuhkan autistis.

Khasiat ikan gabus yang mengejutkan adalah menyembuhkan autis. Ikan gabus memiliki bahan yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penderita autis.

Baca Juga  8 Manfaat Senam Aerobik, Nomor 6 Paling Dahsyat Untuk Pria

8. Membantu mengatasi pembengkakan di tubuh.

Selain menyembuhkan luka, kandungan tinggi albumin dalam gabus juga dapat membantu mengatasi pembengkakan yang terjadi di tubuh Anda.

10. Meningkatkan resistensi.

Khasiat ikan gabus yang terakhir adalah menjaga resistensi. Jangan lupa mengkonsumsi gabus secara teratur, konsumsi ikan ini akan membuat tubuh Anda tidak rentan terhadap berbagai penyakit akibat perubahan iklim atau faktor lainnya.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *