ausbildung adalah
Ausbildung Adalah Program yang Bisa Membawamu ke Jerman
28/12/2018
benjolan di leher kiri
Waspada, Inilah 11 Penyebab Benjolan di Leher Kiri
28/12/2018

23 Kegunaan Propolis Bagi Kesehatan yang Seringkali Tak Diketahui

kegunaan propolis

Kegunaan Propolis – Tidak begitu banyak orang yang tahu mengenai khasiat dan manfaat propolis bagi kesehatan. Bahkan faktanya ketika kita mendengar kata propolis juga kita masih tidak tahu benda apa yang disebut dengan propolis itu.

Propolis sering disebut dengan lem lebah, merupakan semacam getah alami yang dihasilkan oleh lebah madu dari campuran air liur lebah, beeswax, aliran getah dan komponen botani lainnya, manfaat propolis awalnya oleh lebah madu untuk memperbaiki atau menutupi celah pada sarangnya.

Kegunaan propolis ataupun manfaat propolis pada lebah juga membantu lebah agar terhindar dari ancaman luar, seperti mikroba yang mencoba menerobos ke dalam sarangnya. Bagi lebah propolis sebagai zat imun agar terhindar dari serangan bakteri dan virus.

Propolis terbentuk ketika lebah madu mencampurkan getah pohon dengan zat dari dalam tubuhnya dan menghasilkan zat lengket berwarna coklat kehijauan. Inilah yang disebut dengan propolis.

Fakta Propolis yang Perlu Anda Ketahui

Propolis berasal dari bahasa Yunani yaitu, pro = depan dan polis = kota. Karena propolis digunakan oleh lebah madu untuk pelindung sarang mereka dari radikal bebas dan pertumbuhan mikroba pada dinding sarang.

Baca Juga  Penyebab Panu dan 5 Cara Mengobati Panu dengan Bahan Alami

Manfaat propolis bagi kesehatan tubuh sudah dipercaya sejak ribuan tahun lalu. Masyarakat Yunani memanfaatkan propolis sebagai obat abses atau bisul. Dan bagi masyarakat negara lain mengoleskan propolis di atas luka untuk mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan atau juga untuk menangkal perkembangan tumor.

Masyarakat Mesir juga banyak mengoptimalkan manfaat propolis bukan hanya bagi kesehatan tubuh, namun juga dalam proses pembalseman mumi. Manfaat propolis juga berkembang sebagai produk kosmetik dan terapi pengobatan dalam bentuk obat-obatan.

 manfaat propolis
Apa Sajakah Kandungan Propolis

Komposisi dalam propolis tidak selalu sama di berbagai daerah di belahan dunia. Tergantung dari lokasi, jenis pohon atau bunga yang dihisap oleh lebah madu. Namun, propolis mengandung setidaknya sekitar 300 jenis senyawa kimia. Beberapa diantaranya adalah resin, balsam, minyak aromatik, serbuk sari dan bahan organik lainnya.

Kandungan terbanyak yaitu adanya senyawa polifenol untuk melawan ppenyakit dan kerusakan di dalam tubuh. Polifenol juga mengandung salah satu senyawa yang disebut flavonoid dan berfungsi sebagai antioksidan.

23 Kegunaan Propolis dan manfaatnya Bagi Kesehatan yang Seringkali Tak Diketahui

 cara menggunakan propolis
Propolis beserta manfaat propolis sudah teruji dan terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Namun, penelitian lebih menyeluruh mengenai manfaat propolis masih perlu dilakukan. Mengingat belum banyaknya bukti efektifitas manfaat propolis bagi kesehatan dan juga efek dari penggunaan propolis.

Para peneliti meyakini bahwa beberapa sifat antibakteri, antivirus, antijamur da antiradang dalam propoliss dapat memberikan perlindungan tubuh terhadap serangan berbagai macam penyakit. Berikut beberapa manfaat propolis:

1. Meningkatkan sistem imun

Bukan hanya sebagai sistem imun pada lebah madu sendiri, kegunaan propolis juga meningkatkan sistem imun pada tubuh manusia. kandungan senyawa dalam propolis memiliki sifat perlindungan dari bakteri dan virus.

2. Sebagai antibiotik alami

Tidak ada batas kadaluarsa dalam antibiotik pada propolis. kegunaan propolis akan sangat baik mengatasi infeksi baik dari luar maupun dalam tubuh.

3. Meningkatkan regenerasi sel tubuh

Propolis mempunyai kandungan 16 asam amino esensial untuk proses pembentukan regenerasi sel. Manfaat propolis pada proses metabolisme yang meningkat membuat sel sel tua akan tergantikan dengan sel sel baru sehingga daya tahan tubuh juga akan lebih kuat.

4. Memperkuat tulang dan gigi

Kegunaan propolis yang mengandung asam amino yang tinggi diunjang dengan vitamin D dan juga mineral yang kompleks mampu membantu regenerasi sel tulang dan gigi menjadi lebih baik. Kekuatan tulang dan gigi yang baik akan mengurangi risiko mengalami osteophorosis.

5. Mengatasi penyakit jantung

Sifat antioksidan yang sangat kaya dalam propolis membuat manfaat propolis juga baik untuk penderita penyakit dikarenakan kolestrol yang tinggi dalam darah seperti halnya penyakit jantung.

6. Mengatasi masalah mulut dan tenggorokan

Masalah mulut dan tenggorokan rentan sekali karena adanya indikasi pengaruh serangan bakteri dan kuman yang menumpuk. Manfaat propolis sebagai herbal yang mengandung antibiotik alami, antiviral, vitamin dan mineral sangat manjur mengatasi masalah mulut dan tenggorokan.

7. Antikanker

Manfaat propolis sebagai antikanker sebagai alternatif terapi tambahan bukan sebagai terapi utama untuk kanker. Terutama pada kanker payudara.

Beberapa manfaat propolis sebagai antikanker yaitu mencegah tumbuhnya sel kanker bertambah banyak, menghambat keterkaitannya jalur sel kanker dan mengurangi kemungkinan berkembangnya suatu sel menjadi sel kanker.

8. Menurunkan resiko darah tinggi

Dengan kandungan antioksidan dalam propolis mempunyai manfaat menurunkan konsentrasi lemak yang tinggi dalam darah dan membantu melancarkan sirkulasi darah pada jantung.

9. Menyembuhkan thypus

Kegunan propolis sebagai antibiotik alami dan antifungal baik untuk menyembuhkan penyakit karena virus, termasuk thypus.

10. Sebagai obat diare

Mengkonsumsi propolis dalam bentuk obat tetes membantu mengatasi diare yang menyerang. Manfat propolis dapat menyerang bakteri E.Colli yang menyebabkan diare.

Baca Juga  Jangan Malas Olahraga, Ini 10 Manfaat Sit Up yang Mengagumkan

11. Memerangi serangan radikal bebas

Kegunaan propolis dengan kandungan flavonoid yang sangat tinggi menjadikan propolis mampu memerangi serangan radikal bebas. Radikal bebas yang sangat tinggi dalam tubuh menagkibatkan mudahnya terserang penyakit seperti kanker, tumor, jantung koroner juga diabetes.

12. Mengurangi bau ketiak

Manfaat propolis yang mempunyai kandungan antibakterial dapat menterilkan ddari bakteri dan jamur yang bersarang pada lipatan ketiak dan menyebabkan ketiak bau. Sprei deodoran yang mengandung propolis kini juga sudah banyak diproduksi

13. Mengurangi rasa nyeri

Kandungan bioflavonoid yang didukung vitamin C membuat manfaat propolis efektiftif mengatasi rasa nyeri yang timbul di bagian tangan, kaki dan punggung terutama akibat cedera. Produk yang dapat digunakan dapat berupa obat luar maupun sprei yang digunakan di bagian luar tubuh untuk mengurangi nyeri

14. Detoksifikasi alami

Detoksifikasi alami akan mencegah risiko kolestrol, asam urat, stroke dan lainnya. Manfaat propolis untuk detoksifikasi dikarenakan adanya senyawa bioflavonoid yang sangat kaya.

15. Mengatasi penyakit kulit karena jamur

Penyakit kulit karena jamurseperti jamur, kadas, kurap bahkan ketombe mampu diatasi dengan obat dari hasil ekstrak propolis. Manfaat propolis sebagai penangkal bakteri dan jamur dianggap terbukti mengatasinya.

16. Mengatasi penyakit TBC dan influenza

Manfaat propolis yang utama adalah mengatasi penyakit yang disebabkan oleh virus. Serangan virus yang penyebarannya melalui udara seperti halnya TBC dan influenza juga mampu diatasi oleh propolis.

17. Merangsang fungsi organ vital tubuh

Selain flavonoid yang mengandung semua kandungan mineral kecuali sulfur menjadikan manfaat propolis juga sebagai salah satu sumber zat makanan yang paling kompleks. Maka mengkonsumsi propolis mampu merangsang hormon, enzim dan senyawa lainnya yang membantu mengaktifkan organ vital dalam tubuh.

18. Sebagai suplemen rutin yang alami

Manfaat propolis juga kini banyak dijadikan suplemen yang dapat dikonsumsi rutin setiap harinya. Beragam kandungan pada propolis seperti mineral, bioflavonoid, asam amino dan vitamin membuat propolis efektif dalam mejaga kebugaran tubun setiap hari.

19. Mengurangi rasa nyeri akibat herpes genital

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa manfaat propolis yang ada pada salep yang mengandung setidaknya 3 persen propolis dapat mengurangi lenting dan nyeri akibat herpes genital. Manfaat propolis juga mengantisipasi tumbuhnya lenting kembali erta mengurangi jumlah virus herpes gental dalam tubuh.

Baca Juga  10 Khasiat dan Manfaat Daun Afrika Ini Jarang Diketahui

20. Mempercepat penyembuhan luka

Mengoleskan propolis pada bagian luka yang melepuh diperkirakan dapat mengurangi rasa sakit sekligus mempercepat proses penyembuhan. Manfaat propolis ini dipengaruhi senyawa khusus yang disebut pinocembrin sebagai antiradang dan antimikroba.

21. Sebagai obat kumur

Manfaat propoli sebagai obat kumur pasca operasi mulut dengan mengurangi rasa sakit dan peradangan akibatnya.

22. Merawat kulit

Sebagai perawatan kulit, manfaat propolis mampu mengatasi berbagai masalah kulit. Sesuai jenis kulitnya, manfaat propolis akan berbeda beda.

Secara umum khasiat propolis dapat mengurangi kemerahan pada kulit akibat peradangan atauoun jerawat yang meradang dan sebagai antioksidan yang baik. Selain itu juga manfaat propolis mampu mengangkat sel sel mati dan meregenerasi lapisan kulit yang rusak.

23. Manfaat propolis lainnya

Selain manfaat propolis di atas, ada beberapa manfaat propolis yang masih memerlukan penelitian secara ilmiah lebih lanjut, misalnya saja:

– Infeksi, peradangan dan luka

– Luka bakar ringan

– Vaginitis

– Infeksi saluran pernapasan atas

– Infeksi usus atau giardiasis

– Kaknker tenggorokan dan kanker hidung

– Sariawan dan candidias mulut

Kondisi Kesehatan yang Tidak Disarankan Mengkonsumsi Propolis

Selain berbagai manfaat propolis, beberapa kondisi atau penderita penyakit tertentu untuk yang tidak disarankan mengkonsumsi propolis, yaitu:

• Memiliki riwayat penyakit asma

Pasalnya, reaksi alergi yang akan timbul dari propolis dinilai akan memperburuk kondisi penderita asma.

• Alergi produk lebah

Walaupun manfaat propolis sangat banyak sekali namun sangat tidak disarankan bagi yang memiliki alergi terhadap produk lebah.

• Gangguan perdarahan

Bagi yang memiliki penyakit ataupun gangguan perdarahan, sebaiknya berhati-hati memanfaatkan propolis sebab kemungkinan adanya senyawa dalam propolis yang akan memperlambat proses pembekuan darah.

• Hamil dan menyusui

Manfaat propolis juga tidak dapat dioptimalkan pada ibu hamil dan menyusui karena masih belum terbukti keamanannya. Pada umumnya ibu hamil dan menyusui sebaiknya menghindari mengkonsumsi obat herbal

• Operasi

Jika akan melakukan operasi tertentu sebaiknya menghindari penggunaan propolis sejak 2 minggu sebelumnya. Mengkonsumsi propolis mungkin dapat meningkatkan risiko perdarahan selama atau setelah operasi.

Baca Juga  19 Kegunaan Daun Sirih Untuk Kesehatan Berikut Cara Pengunaanya

Adapun beberapa reaksi dari penggunaan propolis ini yang kurang nyaman namun hal ini menandakan bahwa propolis telah bekerja aktif. Hal ini akan terjadi dalam waktu beberapa menit setelah pemakaian. Selain banyak manfaat propolis, reaksi setelah penggunaannya dapat berupa pusing, gatal, mengantuk dll.

Demikian berbagai manfaat propolis yang sangat bervariasi, namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua herbal selalu aman. Sebaiknya tetap berkonsultasi kepada ahli herbal atau dokter untuk pemakaiannya. Memilih produk propolis yang sudah terdaftar di Badan POM dan terjamin keamanannya.

Zahwa Arsyazzahra

Hai perkenalkan namaku Za. Kenapa singkat sekali ya? Karen nama panjangku Zahwa Arsy Azzahra, dan teman-temanku merasa namaku suzah banget jadinya disingkat seperti itu :D. Gadis beruntung kelahiran 20 Desember ini hobi sekali travelling dan menulis, nulis apapun!

Meskipun menempuh pendidikan teknik, tak menghalangi aku buat terus menulis. Bahkan menjadikan semangat buat aku, bagaimana nantinya seorang lulusan teknik bisa menjadi penulis yang karyanya banyak disukai orang 🙂

Yuk, saling menyambung silaturahmi! Reach me on zahwaarsyazzahra@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *