kursus bahasa jerman di tangerang
3 Lokasi Kursus Bahasa Jerman di Tangerang Ini Bisa Anda Kunjungi
21/09/2018
manfaat kacang mete
Tak Hanya Lezat, Ini 9 Manfaat Kacang Mete Bagi Kesehatan Tubuh
22/09/2018

Kegunaan Asam Mefenamat dan Manfaat Asam Mefenamat Untuk Kesehatan

kegunaan asam mefenamat

Kegunaan Asam Mefenamat – Pernahkah anda merasa sakit gigi atau sakit nyeri persendian kemudian diresepkan dokter untuk minum asam mefenamat?

Kegunaan asam mefenamat adalah mengurangi rasa nyeri dan antiinflamasi pada tubuh dan Asam Mefenamat termasuk dalam anti-inflamasi non steroid (NSAIDs).

Perlu anda ketahui bahwa asam mefenamat termasuk dalam golongan obat pereda nyeri tingkat ringan dan menengah

Bagaimanakah Cara Kerja Asam Mefenamat?

Cara kerja asam mefenamat mirip dengan cara kerja parasetamol. Yaitu mengurangi produksi zat prostaglandin yang dilepas tubuh sebagai respon terjadinya peradangan dan infeksi di dalam tubuh.

Selain digunakan untuk meredakan nyeri sakit gigi dan nyeri persendian

kegunaan asam mefenamat
Apakah Asam Mefenamat Memiliki Efek Samping

Selain manfaat positif yang diberikan oleh asam mefenamat. Asam mefenamat ternyata juga mempunyai efek negatif. Yaitu bisa mengurangi kesuburan.

Sehingga bagi anda yang berusaha merencanakan kehamilan bisa menggantinya dengan obat lain. Selain itu, asam mefenamat mempunyai efek samping mengantuk. Jadi jika anda sedang mengonsumsi asam mefenamat usahakan tidak mengemudi kendaraan atau mengemudikan mesin.

Baca Juga  Efek Samping KB Spiral yang Perlu diKetahui oleh Para Wanita

Penggunaan asam mefenamat harus sesuai dengan dosis yang ada. Agar manfaat dan kegunaan asam mefenamat bisa optimal.

Penggunaan dosis yang berlebihan bisa menyebabkan reaksi dan juga overdosis. Dosis normal orang dewasa mengonsumsi asam mefenamat adalah 3 kali sehari maksimal 500 miligram. Jika melebibi dosis normal bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Jangan Mengkonsumsi Asam Mefenamat Tanpa Resep Dokter!!

Karena mudahnya mendapat manfaat asam mefenamat untuk mengurangi nyeri pada beberapa penyakit ringan. Beberapa orang membeli asam mefenamat di apotek atau toko obat tanpa berkonsultasi dengan dokter/tenaga medis terlebih dahulu

Pada pengobatan jangka pendek, hal demikian masih bisa ditoleransi. Sementara dalam pengobatan jangka panjang anda harus berhati-hati. Asam mefenamant berpotensi mengakibatkan efek samping berlebihan dan pendarahan di lambung.

Selain penggunaan obat yang baik dan benar. Anda juga harus memperhatikan efek samping yang timbul dari mengonsumsi asam mefenamat. Efek samping yang sering muncul adalah nyeri ulu hati, mengantuk atau kelelahan, mual dan muntah, sakit kepala dan mengalami gangguan pencernaan.

Baca Juga  Manfaat Nourish Skin Dan Efek Sampingnya Untuk Kulit Wanita

Jika efek sampingnya berkembang parah menjadi sariawan, tinja berwarna hitam dan berdarah serta diare dan muntah darah. Segera hentikan pemakaian dan konsultasi dengan dokter di pusat layanan kesehatan.

Asam mefenamat juga bisa mengalami reaksi jika dikonsumsi bersamaan dengan beberapa obat lain. Seperti obat pengatur tekanan darah ACE inhibitor dan sejenisnya. Obat antasida yang mengandung magnesium hidroksida, seperti promag dan obat lambung.

Obat antikoagulan atau penghambat penggumpalan (pengencer darah) seperti warfarin. Serta obat diuretik yakni obat mempercepat pembentukan dan pengeluaran urine. Terakhir merupakan obat-obatan sejenis antiinflamasi lainnya seperti parasetamol, aspirin, ibuprofen dan naproxen.

manfaat asam mefenamat

Inilah Kegunaan Asam Mefenamat dan Manfaat Asam Mefenamat Untuk Kesehatan

Untuk mendapat manfaat yang optimal dari mengonsumsi asam mefenamat. Anda harus perhatikan beberapa ketentuan berikut. Minum asam mefenamat sesuai dosis atau sesuai dengan petunjuk dokter. Minum asam mefenamat setelah makan. Serta diusahakan minum pada jam yang sama.

Semisal anda minum 3 kali sehari pada senin jam 7 pagi setelah sarapan, jam 1 siang setelah makan siang dan jam 8 malam setelah makan malam. Maka hari selasa besoknya diminum dalam jam yang sama. Selain itu selama mengonsumsi asam mefenamat. Anda dilarang untuk merokok apalagi meminum-minuman keras beralkohol.

Karena hal demikian bisa mengurangi efektiftas asam mefenamat dan berujung pada berkurangnya manfaat asam mefenamat. Salah satu hal negatif jika anda terus menggunakan asam mefenamat tetapi tetap merokok dan meminum-minuman beralkohol adalah resiko terjadinya pendarahan di lambung. Pendarahan ini bisa memicu pada terjadinya penyakit yang lebih parah.

Agar manfaat optimal asam mefenamat meredakan nyeri di tubuh bisa terkontrol. Jika anda melewatkan dosis sebelumnya tetapi jaraknya masih jauh dengan dosis berikutnya lagi, maka anda bisa minum satu dosis. Jika jaraknya dekat dengan dosis berikutnya. Maka dosis yang terlupakan ditinggalkan saja dan minum saja satu dosis. Jangan pernah menggandakan dosis.

Baca Juga  Efek Samping Parasetamol Ini Jarang Diketahui Banyak Orang

Manfaat asam mefenamat bisa didapatkan secara optimal dengan mematuhi aturan-aturan. Seperti aturan asam mefenamat merupakan obat untuk penggunaan jangka pendek. Jika anda berusaha menggunakan asam mefenamat dalam jangka panjang.

Maka sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter. Karena penggunaan asam mefenamat yang sembarangan dan tidak memperhatikan reaksi tubuh bisa berakibat efek samping yang berlebihan dan overdosis.

Pada dasarnya beberapa obat antiinflamasi non steroid (NSAIDs) dikonsumi dalam jangka pendek untuk mendapatkan manfaat cepat dalam mengurangi nyeri dan demam. Jika anda tetap ingin menggunakan dalam jangka panjang harus berkonsultasi dengan dokter.

Manfaat lain asam mefenamat yang sering diresepkan dokter adalah untuk mengurangi nyeri menstruasi.

Dokter biasanya meresepkan selama 2 sampai 3 hari sejak pertama menstruasi dengan dosis normal 3 kali sehari. Jika nyeri menstruasi anda terus berlanjut beberapa hari. Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk meneruskan dalam jangka panjang.

Kegunaan asam mefenamat yang sering diresepkan adalah untuk mengurangi nyeri arthritis, nyeri menstruasi serta nyeri setelah operasi.

Artikel Terkait

Rianto Subandi

Hai, selamat datang di lapak inspirasi. Lapak ini adalah kumpulan inspirasi yang ditulis sembari menikmati secangkir teh manis dan sepotong senja di sore hari.

Selanjutnya, perkenalkan nama saya Rianto, menjadi blogger sejak 2009. Remah remah tulisan saya mengenai inspirasi kehidupan dapat ditelusuri di blog ini atau di kompasiana. selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *