iklim di jerman
Mau ke Jerman? Ini dia Iklim di Jerman Yang Harus Diketahui
03/07/2019
luas wilayah jerman
Mengetahui Luas Wilayah Jerman dan Keindahan Alamnya
04/07/2019

Dibalik Kemajuannya, Ini 4 Keadaan Alam Jerman Yang Mempesona

keadaan alam jerman

Keadaan alam Jerman – Keadaan alam Jerman sangat beragam dan lengkap. Gunung, bukit, hutan, lembah, sungai, dan lautan dipunyai Jerman. Dari utara yang berupa dataran rendah hingga selatan dipenuhi gunung dan dataran tinggi. Sedangkan Jerman bagian tengah penuh dengan hutan.

Hebatnya, orang Jerman mampu menggunakan bentang alam yang beraneka ragam ini untuk kemanfaatan, seperti transportasi, pertanian, peternakan, pariwisata, dll.

Dibalik Kemajuannya, Ini 4 Keadaan Alam Jerman Yang Mempesona

keadaan alam jerman yang mempesona

Buat kalian yang ingin mengenal Jerman lebih jauh, berikut ini beberapa informasi menarik mengenai keadaan alam Jerman yang begitu mempesona dibalik kemajuannya.

1. Keindahan Sungai

Jerman dilewati dua sungai terpenting di Eropa, yaitu sungai Rhine dan Danube. Sungai Rhine memiliki panjang total 1319 km dan menjadi sungai terpanjang yang ada di wilayah negara Jerman. Mata air sungai Rhine berasal dari pegunungan Alpen dan berakhir di laut utara dekat Rotterdam, Belanda.

Sungai Rhine sangat lebar dan terhubung ke puluhan anak sungai yang luas sehingga dimanfaatkan sebagai alat transportasi antar negara Eropa. Beberapa negara yang dilewati sungai Rhine diantaranya Swiss, Liechtenstein, Austria, Jerman, dan Belanda.

Baca Juga  Mau Liburan? Kunjungi 16 Tempat Wisata di Kota Paris Perancis

Menyusuri sungai Rhine akan menjadi pengalaman menakjubkan, karena di pinggir sungai ini dipenuhi dengan bukit yang hijau dan kastil kuno. Maka wajar saja kalau sungai ini ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia.

Sedangkan sungai danube merupakan sungai terpanjang kedua di Eropa dengan total panjang total 2850 km. Tapi di dalam wilayah Jerman sendiri, rutenya hanya sejauh 610 km dengan sebagian besar ada di Bavaria. Mata air sungai ini berasal dari Black Forest atau Hutan Hitam yang ada di wilayah Baden Württemberg di barat daya Jerman.

Sungai Danube menjadi sangat terkenal karena melintasi setidaknya 10 negara Eropa sebelum akhirnya bermuara di Laut Hitam.

2. Pemadangan Pegunungannya

Dengan tinggi hampir 3000 meter, Zugspitze merupakan titik tertinggi di pegunungan Alpen sekaligus di seluruh Jerman. Sedangkan pegunungan tertinggi ada di sepanjang perbatasan Jerman-Swiss di Bavaria paling selatan. Beberapa pegunungan yang lebih kecil ada di jerman tengah.

Di Jerman bagian tengah antara Frankfurt dan Hannover terdapat pegunungan Rothaargebirge, Rhon, Vogelsberg, dan Harz yang di dalamnya terdapat hutan lebat. Sedangkan di perbatan dengan Ceko, terdapat pegunungan Ore yang diselimuti pepohonan hutan Bohemian.

Untuk menikmati wisata pegunungan Jerman, kunjungi salah satu resor ski di pegunungan Alpen dan nikmati beberapa arena ski terbaik di dunia.

3. Pemandangan Dataran rendah

Dataran rendah terluas ada di Jerman utara. Wilayah ini dipenuhi dengan sungai yang dimanfaatkan untuk irigasi pertanian. Makanya jangan heran kalau jerman bagian utara menjadi lumbung pertanian utama negara itu. Beberapa sungai yang ada di Jerman utara diantaranya Rhine, Elbe, Ems, Weser, dan sungai Oder.

Baca Juga  Berapakah Perbedaan Waktu Indonesia dan Jerman?

Mendekati garis pantai di laut Baltik dan laut Utara, keadaan alam Jerman dipenuhi dataran rendah berliku-liku dan daerah rawa. Bagi kalian yang hendak menikmati Jerman utara, Hamburg adalah tujuan utama. Datanglah ke Hamburg dan kalian bisa menikmati suasana tepi laut Baltik yang santai dan dipenuhi atraksi budaya.

4. Keindahan Pulau-Pulaunya

Siapa sangka alau Jerman memiliki puluhan pulau yang sangat indah. Pulau Rugen dan Usedom yang ada di laut Baltik merupakan pulau terbesar di Jerman. Rugen menjadi salah satu tujuan kunjungan terbesar di jerman karena wisatawan tertarik melihat pemandangan spektakuler laut Baltik dengan tebing kapur putihnya.

Beberapa pulau terbaik lainnya yanga ada di Jerman diantaranya pulau Borkum, Mainau, Heligoland, Amrum, Juist, Heddense, dll. Bagi kalian yang suka dengan daerah terpencil, silakan kunjungi pulau-pulau di Jerman tadi.

Gimana, tidak menyangka kan kalau ternyata Jerman memiliki alam yang beraneka ragam. Status sebagai negara modern tidak membuat Jerman melupakan keasrian alamnya. Gabungan antara modernitas dan keindahan alam menjadikan Jerman menjadi negara unik dan menarik rasa penasaran wisatawan asing. Bagaimana dengan kalian? Tertarik berkunjung ke Jerman?

Al Jogjawi Andik

Hallo semuanya. Perkenalkan, nama saya Andik. Aku lahir, besar, dan tumbuh di Yogyakarta. Jadi aku merasa ada ikatan yang kuat dengan kota gudeg ini.

Awal mula perkenalanku dengan dunia menulis adalah, ketika aku direkrut menjadi penulis buku di salah satu perusahaan alat pendidikan di Jogja. O ya, salah satu buku karanganku sedang dalam proses cetak oleh perusahaan penerbit di Jogja lho. Doakan aja biar cepat terbit ya.

Biasanya aku menulis topik gaya hidup, tips, dan kesehatan. Buat aku, aktivitas menulis artikel itu sangat menyenangkan, karena ada kepuasan tersendiri ketika kita bisa berbagi informasi maupun ide.

Disamping itu, menulis juga bisa dilakukan di mana aja dan kapan saja. Selain menulis, aku punya hobby lainnya, yaitu jogging. Nah, itu dulu perkenalannya ya. Terima kasih dan salam kenal…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *