manfaat creambath
Manfaat Creambath Untuk Kesehatan Rambut dan Cara Membuatnya
16/10/2018
khasiat buah pir
13 Khasiat Buah Pir yang Menakjubkan Bagi Kesehatan Tubuh
17/10/2018

6 Cara Membuat Jamu Pelancar Haid yang Bisa Dibuat Di Rumah

jamu pelancar haid

Jamu Pelancar Haid – Sering merasa nyeri pada saat haid adalah tamu bulanan setiap wanita. Ada banyak cara yang ditempuh untuk mengurangi rasa nyeri tersebut sehingga lebih mudah untuk menjalankan kegiatan sehari-hari.

Penyebab Wanita Mengalami Nyeri Haid

Rasa nyeri yang berlebihan bisa disebabkan oleh berbagai macam alasan. Ada beberapa penyebab nyeri haid dan haid yang tidak lancar misalnya seperti stress.

Pada bagian otak wanita yakni hypothalamus mudah untuk terpengaruh stress. Hypothalamus adalah hormon yang akan mengatur perode haid, saat Anda mengalami stress maka akan mempengaruhi kelancaran haid Anda.

Untuk membantu melancarkan maka jangan sampai stress berkelanjutan tidak diatasi.

Selain masalah stress Anda bisa juga terserang penyakit, memiliki hormon yang tidak seimbang atau bahkan karena Anda sedang menjalani diet.

Baca Juga  Kenali Penyebab Gusi Bernanah dan Cara Untuk Mengobatinya

Jangan mengesampingkan diet karena sangat berpengaruh untuk jadwal haid Anda.

Jika berbagai macam masalah tersebut telah Anda atasi dan masalah nyeri haid masih datang maka Anda bisa mengatasinya dengan ramuan alami.

Ramuan alami akan bekerja baik dalam tubuh dan meringankan rasa nyeri bahkan yang menimbulkan kram perut. Jangan khawatir karena nenek moyang juga telah menggunakan ramuan ini. Tapi pastikan jika Anda mengkonsumsinya tidak berlebihan ya.

jamu pelancar haid

6 Cara Membuat Jamu Pelancar Haid yang Bisa Dibuat Sendiri Di Rumah

Daripada Anda terlalu banyak mengkonsumsi obat pereda nyeri yang dapat berefek buruk pada ginjal sebaiknya ikuti beberapa jamu pelancar haid yang bisa Anda siapkan sendiri di rumah berikut ini:

1. Kunir asam

Jamu yang sangat terkenal di kalangan kaun hawa. Jika Anda belum pernah mendengarnya maka tanyakan pada ibu Anda untuk segera membelinya di pasar. Atau siapa tahu ibu Anda memiliki resep khusus turun temurun untuk membuatkannya sendiri di rumah. Sebagai ramuan tradisional kegunaannya untuk meringankan nyeri haid sudah terbukti dengan baik.

Sebagai pengobatan, kunir asam memiliki khasiat untuk atasi gastritirs. Kandungan musin dalam perut juga akan meningkat, kandungan musin inilah yang memiliki fungsi agar perut terasa nyaman pada masa haid atau karena terlambat haid. Kandungan musin juga berfungsi untuk perlindungan terhadap lapisan mukosa lambung dari asam lambung.

2. Asam jawa

Jika Anda tidak menyukai rasa dan aroma dari kunir maka Anda bisa menggunakan air rebusan asam jawa saja. Dalam air rebusan asam jawa Anda akan mendapatkan potasium yang tinggi. Fungsinya adalah untuk percepatan proses luruhnya sel endometrium sehingga kontraksi pada otot rahim akan mereda.

Baca Juga  6 Cara Memperbesar Otot Dada Anda Hari Ini

Jika Anda meminum air rebusan asam jawa yang masih hangat maka efek astringent untuk meredakan nyeri haid juga didapatkan.

jamu pelancar haid

3. Kencur

Jamu pelancar haid kencur sangat mduah dibuat. Jamu ini juga sangat efektif digunakan sebagai jamu pelancar haid. Untuk membuatnya Anda cukup menyiapkan dua potong kencur sebesar ibu jari dan daun trengguli ditambah dengan 1 butir cengkeh serta ½ sendok teh adas

Rebuslah semua bahan tersebut dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas air. Minum jamu ini 2 kali satu hari masing-masing ½ gelas saja.

4. Jahe

Setiap jamu akan menggunakan jahe untuk memberikan kehangatan dalam rubuh. Selain sebagai penghangat tubuh, jahe juga akan mengurangi masalah nyeri hadi dan membantu meperlancar. Anda perlu menggunakan jahe merah yang berfungsi menciptakan kontraksi rahim sehingga terjadi kelancaran haid. Selain itu Anda juga akan memiliki aliran darah yang lancar.

Adanya nyeri haid yang dialami karena kontraksi uterus yang ada dari pelepasan hormon maka akan diatasi oleh zat gingernol dalam jahe merah. Zat inilah yang akan menghambat produksi hormon pencipta nyeri perut atau hingga paling parah kram perut.

Pembuatan ramuan jamu pelancar hair ini bisa Anda lakukan, cukup tumbuk jahe merah dan rebus dalam air mendidih. Jika warna air sudah berubah maka tambahkan gula secukupnya. Anda bisa meminumnya hangat-hangat ketika nyeri haid datang.

5. Kayu manis

Nyeri haid bisa diatasi dengan kayu manis. Adanya kandungan hydroxychalcone akan membuat insulin dalam tubuh teratur. Adanya insulin ini akan mengatur glukosa darah serta metabolisme tubuh. Adanya insulin yang teratur akan memperlancar haid Anda. Sebagai ramuan tradisional Anda sangat mduah untuk membuat ramuan jamu ini.

Baca Juga  Tak Perlu ke Gym, Ini 4 Cara Memperbesar Otot Lengan Dirumah

Caranya giling beberapa batang kayu manis kemudian simpan dalam tempat yang tertutup rapat. Ketika Anda merasa nyeri atau hadi tidak kunjung datang maka campurkan ½ sendok teh kayu manis bubuk tadi ke dalam segelas susu hangat. Anda dapat memasukan ke dalam teh yang panas.

Jika Anda tidak bisa menggiling kayu manis maka Anda bisa membelinya di toko rempah terdekat untuk mendapatkan bubuk kayu manis.

6. Daun pepaya

Jika Anda tidak menyukai jamu pelancar haid maka Anda bisa mengkonsumsi daun pepaya. Anda perlu mengkonsumsi daun pepaya mentah yang akan menciptakan kontraksi pada dinding rahim sehingga memicu haid. Anda bisa menjadikannya salad atau sayur daun pepaya untuk mengkonsumsinya.

Artikel Terkait

Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *