kebudayaan negara jerman
4 Kebudayaan Negara Jerman di Berbagai Bidang yang Sangat Unik
07/01/2019
ciri khas negara jerman
Ciri Khas Negara Jerman dari yang Sepele Hingga Mengagumkan
07/01/2019

Ini Dia Golongan Darah Langka di Dunia dan Karakteristiknya

golongan darah langka

Golongan Darah Langka – Setiap orang memiliki tipe golongan darah yang berbeda – beda. Kebanyakan orang hanya mengetahui 4 tipe golongan darah saja yaitu O, A, B, dan AB saja. Padahal 4 golongan darah tersebut masih terbagi lagi menjadi banyak varietas yang berbeda berdasarkan antigen warisan permukaan membran sel darah merah.

Klasifikasi golongan darah berdasarkan antigen terbagi menjadi 8 golongan darah yaitu golongan darah A+, A-, B+, B-, O+, O-, AB+, dan AB-.

karakter golongan darah
Karakteristik Golongan Darah

Umumnya golongan darah A dan B hanya memiliki 1 antigen saja. Golongan darah A hanya memiliki antigen A pada sel darah merah dan golongan darah B hanya memiliki antigen B pada sel darah merah. Antigen A dan B terdapat pada sel darah merah golongan darah AB. Sedangkan golongan darah O tidak memiliki antigen A dan B pada sel darah merah.

Selain antigen A dan antigen B, antigen lain yang harus diperhatikan adalah Rhesus atau Rh. Rh terbagi menjadi positif (+) dan negatif (-).

Setiap orang yang ingin melakukan donor darah atau transfusi darah harus mengetahui tipe dan jenis golongan darah. Hal ini penting untuk menghindari reaksi ketidakcocokan golongan darah yang bisa berakibat fatal.

Baca Juga  Lupakan Obat, Inilah 6 Sayuran Penambah Darah yang Bisa Dikonsumsi

Golongan darah yang paling banyak dimiliki oleh manusia adalah golongan darah O. Golongan darah O negatif tidak memiliki antibodi yang dapat menimbulkan reaksi sehingga golongan darah ini bisa mendonorkan darahnya ke semua tipe golongan darah. Itu sebabnya golongan darah O sering disebut pendonor universal.

Sedangkan golongan darah AB sering disebut sebagai penerima universal. Golongan darah AB bisa menerima tipe golongan darah A, B, AB, dan O, tetapi golongan darah AB hanya bisa mendonorkan darahnya pada orang yang memiliki tipe darah yang sama.

Golongan Darah Langka yang Perlu Anda Ketahui

golongan darah langka di dunia

Dari semua tipe golongan darah, golongan darah AB dan AB- merupakan golongan darah langka. Golongan darah AB hanya dimiliki sebagian kecil penduduk di dunia. Stok darah tipe golongan darah AB di  instansi – instansi kesehatan cenderung lebih sedikit dibandingkan stok darah tipe lainnya.

Dikutip dari Medical Daily, menurut penelitian yang dilakukan oleh Stanford School Medicine, proporsi tipe darah di masyarakat yaitu golongan darah O+ dimiliki sebanyak 37,4% penduduk di dunia, O- dimiliki 6,6% penduduk dunia. Golongan darah A+ dimiliki sebanyak 35,7% penduduk dunia dan A- dimiliki sebanyak 6,3%.

Baca Juga  7 Sifat Golongan Darah AB Yang Menakjubkan dan Jarang Ditemukan

Sedangkan golongan darah B+ dimiliki 8,5% masyarakat dan golongan darah B- dimiliki 1,5% masyarakat. Dari semua penduduk di dunia hanya sekitar 4% saja yang memiliki golongan darah langka AB. Dari 4% tersebut, sekitar 3,4% memiliki golongan darah AB+ dan sisanya sekitar 0,6% memiliki golongan darah AB-. Golongan darah AB- menjadi golongan darah yang paling langka di dunia.

Umumnya golongan darah yang dimiliki seseorang berasal dari satu gen golongan darah dari orangtua. Misalnya anak yang memiliki golongan darah A mewarisi gen A dari kedua orang tuanya atau bisa juga mewarisi dari salah satu golongan darah A dari satu orangtua, sedangkan orangtua lainnya memiliki golongan darah O. Begitupula dengan golongan darah B dan O.

Sedangkan golongan darah AB menjadi golongan darah langka dikarenakan orang yang memiliki golongan darah AB mewarisi golongan darah A dari satu orangtua dan B dari orangtua lainnya. Namun, pemilik darah A dan B jumlahnya termasuk sedikit sehingga kemungkinan menghasilkan golongan darah AB cukup rendah.

Artikel Terkait

Embun Rinjani

Nama pena saya Embun Rinjani. Teruntuk para pembaca, terima kasih telah membaca tulisan – tulisan saya. Saya senang bisa berbagi informasi dan pengetahuan dengan para pembaca semuanya.

Saya memiliki hobi traveling, membaca, dan menulis. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi.

Dengan membaca, saya bisa menambah wawasan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update. Dari hobi membaca itu, saya jadi suka menulis. Semoga tulisan – tulisan saya bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *