universitas kedokteran di jerman
Ingin Kuliah Di Universitas Kedokteran di Jerman? Perhatikan Hal Ini
12/10/2018
penyebab penyakit tipes
7 Penyebab Penyakit Tipes yang Harus Diwaspadai dan Cara Mencegahnya
13/10/2018

Awas, Inilah Efek Samping Cuka Apel jika Terlalu Sering Dikonsumsi

efek samping cuka apel

Efek Samping Cuka Apel – Cuka sari apel adalah bahan yang dihasilkan dari kombinasi apel dan ragi. Ragi mengubah gula dalam apel menjadi alkohol. Dengan semua proses, cuka ini akhirnya mengandung asam asetat, air, vitamin dan mineral.

Baca Juga  6 Manfaat Okra Hijau Untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Menggunakannya

Cuka sari apel memiliki beberapa manfaat bagi tubuh. Beberapa penelitian yang dilakukan pada hewan dan manusia menemukan bahwa cuka ini dapat meningkatkan pembakaran lemak, menurunkan berat badan, mengurangi kadar gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin, untuk kesehatan kantong dan fungsi lainnya.

efek samping cuka apel

Awas, Inilah Efek Samping Cuka Apel jika Terlalu Sering Dikonsumsi

Namun, ternyata juga ada efek samping cuka apel. Berikut ini adalah efek samping cuka apel karena terlalu banyak dikonsumsi.

1. Menunda pengosongan lambung.

Cuka sari apel membantu mencegah lonjakan gula darah dengan memperlambat makanan yang keluar dari perut dan kecepatan makanan yang masuk ke saluran pencernaan bagian bawah. Nah, kelebihan cuka akan menyebabkan proses penyerapan makanan dari saluran pencernaan dalam aliran darah menjadi lebih lambat.

Penelitian yang dilaporkan dalam Bio Med Tengah menyatakan bahwa air minum dengan 2 sendok makan (30 ml) cuka apel secara signifikan meningkatkan jumlah waktu yang tersisa makanan di perut, dibandingkan dengan hanya minum air.

Baca Juga  Kegunaan Asam Mefenamat dan Manfaat Asam Mefenamat Untuk Kesehatan

Khusus untuk penderita gastroparesis, yang biasanya terjadi pada orang dengan diabetes tipe 1. Pada gastroparesis, saraf perut tidak berfungsi dengan baik, sehingga makanan tetap berada di perut terlalu lama dan tidak kosong pada kecepatan biasa.

2. Gangguan Pencernaan

Karena keasamannya, cuka ini dapat memperburuk kondisi perut atau menyebabkan orang menjadi mual. Minum cuka sari apel langsung menyebabkan sakit tenggorokan karena keasamannya. Tetapi ini adalah efek samping yang jarang.

3. Masalah gigi

Sebenarnya sudah bisa diperkirakan bahwa salah satu efek samping cuka apel adalah pada gigi. Telah terbukti bahwa makanan dan minuman asam merusak enamel gigi. Enamel gigi yang terus-menerus dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan, seperti gigi berlubang.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Garam dan Bahan Alami Lainnya

Selain itu, cuka apel yang tidak larut dapat merusak gigi saat dikonsumsi langsung. Selain itu, dalam jumlah besar dan untuk waktu yang lama, jus cuka apel dapat memberikan warna kekuningan pada gigi dan menyebabkan gigi menjadi sensitif.

4. Esofagus terasa sakit.

Cuka sari apel memiliki potensi untuk menyebabkan kerusakan pada kerongkongan jika dikonsumsi terlalu banyak. Oleh karena itu, campurkan cuka pertama dengan air, yang dapat membantu mencegah dinding kerongkongan menempel secara langsung dengan jus cuka yang terkonsentrasi.

5. Jumlah potasium dan mineral tulang yang rendah.

Minum cuka sari apel dalam jumlah besar dapat mengubah kadar potasium yang terlalu rendah. Tubuh akan melepaskan lebih banyak potasium sesuai dengan proses yang diperlukan untuk mencerna cuka ini. Kadar potasium yang rendah dapat menyebabkan kelelahan, sembelit, kerusakan otot atau detak jantung yang tidak teratur.

Konsumsi cuka sari apel membuat penggunaan deposit mineral dalam tulang lebih banyak untuk menjaga keseimbangan asam dalam darah. Karena itu, kadar asam ini bisa mengurangi jumlah mineral di tulang.

6. Menurunkan kadar gula darah.

Efek samping cuka apel yang dikonsumsi berlebihan dapat menurunkan kadar gula darah tubuh karena efek antiglikemiknya. Dalam beberapa kasus, ini dapat menyebabkan hipoglikemia, mengurangi kekuatan gula darah ke otak, mengakibatkan hilangnya kesadaran, bahkan koma.

Cara Agar Menghindari Efek Samping Cuka Apel

efek samping cuka apel

Bagaimana Anda mengonsumsi cuka sari apel yang aman? Nah, perhatikan hal berikut agar tidak menerima efek samping cuka apel.

1. Batasi asupan cuka sari apel. Dari dosis kecil secara bertahap. Maksimal 2 sendok makan (30 ml) makanan per hari tergantung pada toleransi tubuh.

2. Gunakan sedotan ketika Anda minum sehingga Anda tidak memiliki gigi segera.

3. Setelah diencerkan atau dicampur dengan air, minum dengan sendok untuk mengurangi paparan gigi yang berlebihan.

Baca Juga  Efek Samping Daun Binahong yang Berbahaya dan Harus Diwaspadai

4. Bilas mulutmu. Setelah mengkonsumsi minuman yang mengandung cuka sari apel, bilas. Atau untuk menghindari kerusakan pada email gigi, gosok gigi Anda setelah 30 menit mengonsumsi larutan cuka sari apel.

5. Hindari cuka sari apel jika Anda memiliki gastroparesis. Jika Anda harus mengonsumsi tidak lebih dari satu sendok teh (5 ml) dalam sehari.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *