perkenalan bahasa inggris interview
5 Tips Perkenalan Bahasa Inggris Interview Agar Berhasil
12/02/2019
cara menghilangkan bekas cacar
Jangan Malu, Ini 9 Cara Menghilangkan Bekas Cacar Dengan Alami
12/02/2019

Pengertian, Ciri Ciri dan Contoh Narrative Text Legend

contoh narrative text legend

Contoh Narrative Text Legend – Sebuah cerita mengenai sejarah atau legenda masa lalu dalam teks bahasa inggris dinamakan narrative text legend. Kenapa disebut narrative? Karena sifat teks ini menjelakan sebuah cerita secara natural.

Artinya begini, cerita yang menjelaskan mengenai mitos dan legenda lahirnya sebuah tempat. Atau mengenai legenda sebuah kota diceritakan secara mendatar. Alurnya maju atau mundur dan tidak terdapat sebuah argumentasi oleh si penulis di dalamnya.

Baca Juga  5 Tips Perkenalan Bahasa Inggris Interview Agar Berhasil

Sehingga murni disebut narrative text (teks narasi) yang berisifat datar. Datar artian isi ceritanya mengalir begitu saja. Hingga pada fase akhir cerita pembaca bisa menarik sebuah kesimpulan, hikmah atau pelajaran sesuai dengan yang dia baca.

Perbedaan antara narrative text dengan argumentative text adalah tidak terdapat isi pendapat seorang penulis di dalam ceritanya. Narrative text legend biasanya diambil dari cerita mulut ke mulut yang berkembang di masyarakat mengenai mitos atau cerita rakyat.

 contoh narrative text legend
Narrative Text Legend Biasanya Menggunakan Simple Past Tense

Karena diambil dari cerita rakyat yang berkembang dari mulut ke mulut. Narrative text legend yang diadaptasi dari satu daerah ke daerah lain bisa saja berbeda isi ceritanya. Jika nama dan lokasi tempatnya berbeda.

Semisal contoh narrative text legend adalah egenda cerita Kebo Iwo di masyarakat Jawa adalah legenda mengenai seorang raksasa yang serakah, menguasai desa dan menyengsarakan penduduka desa. Karena selalu meminta makanan terus menerus.

Sementara disisi lain, Kebo Iwo dalam tradisi cerita masyarakat Bali adalah cerita narrative text legend yang lain. Itulah mengapa anda harus memahami narrative text legend sesuai dengan asal muasal cerita rakyat tersebut berkembang.

Baca Juga  Contoh Kalimat Simple Past Tense dan Rumus Simple Past Tense

Contoh narrative text legend dalam penulisan bahasa inggris selalu menggunakan tenses “simple past”. karena apa? Karena legenda, mitos, fabel atau cerita rakyat ini terjadi pada masa lampau. Yang kadang-kadang bersifat fiksi atau tidak mengenal waktu dan ruang.

Bahkan tidak mengenal jalur genealogis dan periwayatan yang jelas. Penggunaan simple past dalam bentuk masa lampau sederhana. Karena hanya menerangkan sebuah cerita yang secara tidak persis diketahui kapan terjadinya, dan berapa lama terjadinya pada masa lampau.

 contoh narrative text legend dan artinya

Contoh Narrative Text Legend dan Ciri Ciri Narrative Text Legend

Narrative text legend juga dapat dikenali dalam berbagai ciri-ciri ketika ditulis dalam narasi bahasa inggris. Pertama, biasanya pada awal-awal pembukaan cerita dibuka dengan “once upon a time”, “long time ago”. “far far away in the jungle”, “far far away in the long time ago”.

Baca Juga  Mudahnya Belajar Rumus Present Tense dan Kegunaanya

Sifat penggunaan narrative text legend yang dibuka dengan pembukaan seperti ini untuk menunjukkan bahwa cerita  ini jauh sekali dalam memori dan waktu yang ada hari ini.

Contoh narrative text legend yang mudah dikenali seperti ini: once upon a time, in the village near the forest. Lived a little girl with her parent. Her name is Timun mas. Etc.

Artikel Terkait

Rianto Subandi

Hai, selamat datang di lapak inspirasi. Lapak ini adalah kumpulan inspirasi yang ditulis sembari menikmati secangkir teh manis dan sepotong senja di sore hari.

Selanjutnya, perkenalkan nama saya Rianto, menjadi blogger sejak 2009. Remah remah tulisan saya mengenai inspirasi kehidupan dapat ditelusuri di blog ini atau di kompasiana. selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *