Luar Biasa, Ini 4 Manfaat Masker Kefir Untuk Kaum Hawa
02/04/2019
apa itu diet keto
Apa Itu Diet Keto? Dan 4 Hal yang Diperhatikan Saat Diet
02/04/2019

Wajib Tahu, Ini Ciri Ciri Kista Berdasarkan Tempat Tumbuhnya

ciri ciri kista pada wanita

Ciri Ciri Kista – Kista adalah istilah untuk menyebut sebuah benjolan berbentuk kapsul yang berisi cairan, semi solid, atau material gas, pada jaringan tubuh. Benjolan yang dimaksud bisa tumbuh di mana saja, termasuk pada ovarium.

Penyebab Kista

Kista bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti berikut ini.

1. Adanya kondisi genetik.

2. Adanya resiko untuk tumor.

3. Terjadi infeksi.

4. Terjadi kelainan pada perkembangan embrio.

5. Memiliki cacat pada sel.

Baca Juga  Waspada, 21 Ciri Ciri Kista Ovarium Sejak Dini dan Cara Mencegahnya

6. Terjadi inflamasi kronis.

7. Terjadi penyumbatan pada saluran tertentu di dalam tubuh.

8. Mengalami cedera.

9. Adanya parasit.

10. Ukuran benjolan bisa bervariasi, dari kecil hingga sangat besar.

Pada kasus yang sangat besar, kita dapat mengambil organ-organ di sekitarnya. Oleh karena itu, gejala-gejala harus dikenali sejak dini. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri kista pada masing-masing bagian tubuh.

ciri ciri kista
Wajib Tahu, Ini Ciri Ciri Kista Berdasarkan Tempat Tumbuhnya

Adanya Kista di dalam tubuh tentu diikuti dengan beberapa ciri. Ciri-ciri kista bisa berbeda-beda, sesuai dengan letak kista tersebut berada. Berikut ini adalah beberapa ciri kista berdasarkan letaknya.

Ciri ciri kista pada payudara

Sederhananya, kista payudara dapat diketahui melalui adanya benjolan di satu bagian atau kedua payudara. Selain itu, ciri-ciri lain sebagai berikut.

1. Adanya benjolan yang lembut, mudah digerakkan, berbentuk bulat hingga oval dengan tepian jelas.

2. Puting terlihat bening, kuning, hingga coklat tua.

Baca Juga  Jarang Diketahui, Ini 9 Khasiat Minyak Zaitun Untuk Payudara

3. Terasa nyeri pada area benjolan.

4. Benjolan bertambah ukuran dan lebih nyeri ketika datang menstruasi. Setelah selesai menstruasi, benjolan akan kembali mengecil.

Ciri ciri kista pada kulit

Pada dasarnya kita adalah sebuah benjolan berisi cairan yang terletak di bawah permukaan kulit. Berikut ini adalah ciri-ciri lainnya.

1. Benjolan kecil di bawah kulit biasanya tumbuh pada area wajah, leher, dian bisa juga di area tugu yang lainnya.

2. Adanya komedo yang menyumbat pada area pembukaan benjolan.

Baca Juga  6 Cara Menghilangkan Varises Dengan Alami dan Aman

3. Benjolan bisa mengeluarkan zat kental berwarna kuning dan berbau busuk.

4. Benjolan dapat memunculkan kemerahan, pembengkakan, dan rasa nyeri atau tanda-tanda peradangan dan infeksi.

Ciri ciri kista pada ovarium

Jenis kista pada Ovarium adalah kista yang paling diperhatikan karena efeknya bisa lebih berbahaya. Oleh karena itu, perhatikan dengan seksama ciri-ciri berikut ini.

1. Nyeri ringan di sekitar punggung area bawah hingga paha. Biasanya tanda-tanda muncul ketika mulainya masa menstruasi atau ketika berhubungan intim.

2. Nyeri ketika buang air besar atau ketika adanya tekanan pada usus.

3. Rasa mual hingga muntah atau nyeri pada bagian payudara ketika hamil.

Baca Juga  Ciri Ciri Paru-Paru Basah yang Perlu Anda Waspadai

4. Munculnya jerawat yang tidak normal. Ketika masa menstruasi, lazimnya perempuan memang mengalami perubahan hormon yang dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat. Namun apabila jerawat yang muncul tidak biasa sehingga sangat mengganggu, bisa jadi itu adalah karena kista.

5. Perut membesar, terasa penuh, dan berat.

6. Mengalami gangguan menstruasi. Seseorang yang memiliki kista ovarium akan mengalami gangguan siklus menstruasi. Hal itu bisa berupa pendarahan yang cukup banyak, telatnya haid, atau bahkan absen haid.

7. Adanya tekanan pada kemih sehingga membuat buang air kecil tidak maksimal atau terasa kemih tidak kosong secara maksimal.

8. Payudara lebih sensitif. Perubahan hormon di dalam tubuh karena kita ini juga akan membuat payudara menjadi lebih sensitif, seperti ketika hamil.

9. Adanya gangguan makan. Kista dapat menyebabkan perempuan menjadi kehilangan nafsu makan. Hal tersebut Biasanya karena berkurangnya ruang tampung di dalam perut.

10. Pendarahan dari vagina. Ketika kista pecah, maka cairan putih hingga bercampur darah bisa keluar dari vagina. Namun, kista rawan pecah ketika sedang masa menstruasi sehingga hal ini memang cukup sulit untuk diketahui.

faktor penyebab kista
Faktor Seseorang Terkena Kista

Ciri ciri kista di atas bisa saja keliru. Namun, apabila kondisi-kondisi berikut juga pernah Anda alami, maka positif kista bisa menjadi lebih akurat.

1. Usia aktif menstruasi

Diketahui bahwa wanita yang masih memiliki siklus menstruasi menjadi penerima kasus kista paling besar. Kista yang terjadi pada perempuan yang telah berusia menopause, namun kasusnya justru akan lebih berbahaya apabila terjadi.

2. Pernah menjalani kemoterapi dengan tamoxifen

Seseorang yang memiliki pengalaman kanker payudara dan menjalani kemoterapi lebih besar resiko terkena kista. Hal itu karena tamoxifen memicu terbentuknya benjolan di bagian ovarium.

3. Mengalami sindrom ovarium polikisti

Sindrom ini memungkinkan tubuh memproduksi folikel dalam ovarium yang cukup tinggi sehingga memungkinkan munculnya benjolan folikel.

Baca Juga  8 Manfaat Klorofil Mulai Dari Obati Luka Sampai Turunkan Resiko Kanker

4. Adanya endometriosis

Endometriosis terjadi ketika jaringan yang melapisi rahim atau endometrium justru terbentuk di bagian luar rahim, seperti pada ovarium, tuba Fallopi, rektum, hingga usus besar.

5. Mengonsumsi obat penyubur kandungan

Obat penyubur yang sejatinya berguna untuk proses ovulasi justru dapat mempengaruhi keseimbangan hormon sehingga terjadilah benjolan di ovarium atau kista fungsional.

Itulah tadi ciri ciri penyakit kista pada tubuh. berbagai pegobatan bisa ditempuh, meskipun sebenarnya kista juga bisa gugur dengan sendirinya apabila daya tahan tubuh kita kuat. Oleh karena itu, tetap konsumsi makanan bernutrisi, ya sahabat!

Artikel Terkait

Amry Hidayat

Halo orang-orang, Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *