ciri ciri tipes pada anak
Waspadai, Inilah Penyebab dan 10 Ciri Ciri Tipes Pada Anak
06/07/2019

Waspadai Bunda, Ini Ciri Ciri Gejala Tipes Pada Anak

ciri ciri gejala tipes

Ciri Ciri Gejala Tipes – Anda sebaiknya untuk memastikan bahwa anak-anak Anda tidak menjadi korban penyakit atau gangguan apa pun.

Namun, itu wajar bahwa kadang-kadang, bahkan tindakan pencegahan terbaik gagal bekerja untuk si kecil, dan si kecil akhirnya jatuh sakit. Dalam situasi seperti itu, selalu lebih baik bersiap dan waspada, daripada panik dan tidak tahu harus berbuat apa, kan?

Salah satu kondisi yang dapat mempengaruhi anak-anak adalah tipus. Baca postingan kami dan pelajari apa yang menyebabkan tipus, apa gejalanya, dan bagaimana Anda harus mengobatinya

Apa itu Tipes?

Demam tipes atau tipes adalah jenis infeksi yang terjadi karena bakteri Salmonella typhi. Gejala-gejalanya dapat berkisar dari ringan hingga berat, dan tanda pertama yang sama biasanya adalah demam ringan yang dengan cepat berubah menjadi demam yang sangat tinggi dalam beberapa hari ke depan.

Tipes agak umum terjadi pada anak-anak, tetapi karena Anda mungkin menganggapnya hanya demam biasa, bukan ciri ciri gejala tipes, dan juga ada penundaan dalam memberikan jenis perawatan yang tepat.

penyebab penyakit tipes
Penyebab Tipes Pada Anak

Tipes paling umum menyebar karena kebiasaan kebersihan yang buruk. Ketika seseorang bersentuhan langsung dengan (minum atau minum) air atau makanan yang telah terkontaminasi oleh salmonella typhi, ada kemungkinan besar terinfeksi oleh tipus.

Orang yang terkena bakteri tipes mungkin tidak selalu menyadari fakta bahwa mereka adalah pembawa. Dalam skenario seperti itu, mereka dapat dengan mudah mencemari air atau makanan dengan menyebarkan kuman melalui sentuhan, bersin dan batuk.

Bakteri tipes juga ditemukan dalam jumlah besar dalam kotoran manusia, yang, ketika bersentuhan dengan air atau berada di lokasi dekat air, memiliki kemungkinan besar untuk mengkontaminasi.

Baca Juga  Ciri Ciri Penyakit Tipes Seperti Apa? Berikut Cara Mengenalinya

Lalat dan serangga lainnya dapat bertindak sebagai pembawa dan menyebarkan bakteri dari tinja ke air. Ketika persediaan air ini bersentuhan dengan persediaan makanan, ia dapat dengan mudah menularkan infeksi.

Bakteri salmonella typhi dapat bertahan hidup selama beberapa hari di dalam air atau segala bentuk kotoran yang dikeringkan.

Hampir tiga hingga lima persen orang yang terkena tipes pada gilirannya menjadi pembawa bakteri ini, tanpa mengetahui bahwa strain bakteri masih ada di tubuh mereka. Beberapa mungkin mengalami masalah kesehatan ringan yang akan hilang dalam beberapa minggu.

Yang lain mungkin menjadi pembawa bakteri jangka panjang dan dapat menimbulkan bahaya kesehatan yang potensial bagi orang lain, tanpa pernah menyadarinya. Orang-orang tersebut dapat menyebabkan wabah tipus baru yang dapat menyebar ke siapa saja yang berhubungan. Maka penting untuk mengetahui ciri ciri gejala tipes pada anak agar terbebas dari penyakit ini.

Waspadai Bunda, Ini Ciri Ciri Gejala Tipes Pada Anak

ciri ciri gejala tipes pada anak

Berikut adalah beberapa gejala tipus pada anak-anak yang harus Anda waspadai sebagai orangtua.

• Demam yang sangat tinggi yang dapat dimulai sebagai demam ringan tetapi akan segera muncul dalam beberapa hari ke depan dan tampaknya tidak surut. Demam tinggi akan menjadi salah satu gejala tipes terpanjang dan dapat berlanjut hingga dua hingga tiga minggu.

• Sakit kepala atau denyutan konstan di kepala.

• Kelemahan dan kelelahan yang berlebihan meskipun anak Anda sudah cukup istirahat dan tidur nyenyak. Dalam beberapa kasus, anak Anda mungkin bahkan tidak memiliki energi untuk bangun dari tempat tidur atau duduk tanpa bantuan.

• Ketidaknyamanan di tenggorokan atau sakit tenggorokan.

• Rasa sakit di daerah perut dan beberapa kasus, mungkin tampak seperti perut anak Anda buncit.

• Diare, yang terkadang bisa parah.

• Menggigil melalui tubuh.

• Mudah marah.

• Perubahan suasana hati yang sangat sering dan sangat parah, dari depresi ke agresivitas.

• Halusinasi.

Baca Juga  Waspadai, Inilah Gejala Tipes Ringan yang Perlu Diketahui

• Pendarahan dari hidung.

• Ruam pada dada atau bagian depan tubuh dalam satu atau dua minggu pertama infeksi.

• Anak Anda juga akan kehilangan banyak berat badan dalam waktu yang sangat singkat.

• Pada minggu ketiga, anak Anda mungkin mulai menunjukkan tanda-tanda mengigau dan mungkin tidak dapat berkonsentrasi. Pada tahap ini, juga disebut tahap tipus, anak Anda akan menderita kelelahan yang bahkan lebih parah dari sebelumnya dan mungkin akan sulit untuk menjaga mata tetap terbuka.

Ini adalah tahap kritis, dan jika tidak ditangani tepat waktu, itu dapat menyebabkan masalah kritis yang dapat menyebabkan kerusakan seumur hidup.

Bagaimanakah Penyakit Tipes Diatasi?

Biasanya Anak Anda perlu diberikan suntikan antibiotik oleh dokter yang akan membantu membunuh bakteri salmonella typhi. Setelah suntikan antibiotik diberikan, anak Anda kemungkinan besar akan menunjukkan tanda-tanda peningkatan dalam satu atau dua hari. Dalam kebanyakan kasus, anak Anda akan pulih dari tipus dalam tujuh hingga sepuluh hari setelah mendapatkan suntikan antibiotik.

Dokter Anda akan merujuk antibiotik berdasarkan daerah di mana anak Anda kemungkinan besar tertular infeksi, karena strain bakteri tertentu dari tempat-tempat tertentu akan bereaksi berbeda terhadap antibiotik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *