contoh past tense
Rumus, Contoh Past Tense Dalam Kehidupan Sehari-Hari
15/04/2019
belajar bahasa inggris cepat
4 Strategi Belajar Bahasa Inggris Cepat dan Manjur
16/04/2019

3 Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris yang Efektif dan Mudah

cara mudah belajar bahasa inggris

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris – Belajar bahasa inggris biasanya menurut banyak orang terlihat susah. Susah ini kaena kebiasaan masyarakat Indonesia yang sudah belajar sejak dini sampai remaja. Kemudian ketika dewasa dan masuk perguruan tinggi.

Mereka kemudian mengulang kembali pelajaran bahasa inggris yang pernah mereka pelajari selama bertahun-tahun sebelumnya. Jadi kosakata susah itu ternyata karena kita bergerak di tempat yang sama selama bertahun-tahun lamanya. Sehingga kesulitan yang kita rasakan terus menerus itu itu saja tanpa adanya peningkatan yang jelas.

Baca Juga  Cari Tempat Kursus Bahasa Inggris Terbaik? Disini Tempatnya

Padahal belajar bahasa inggris termasuk belajar bahasa pada umumnya. Dimana belajar bahasa umumnya akan sangat mudah jika kita telah memahami dasar-dasar penguasaan bahasa.

Baik itu bahasa lokal atau daerah, bahasa indonesia atau bahasa internasional sekalipun. Bahasa inggris merupakan bahasa internasional khususnya bahasa eropa barat yang paling mudah dipelajari dibandingkan dengan bahasa bahasa eropa barat lainnya misalnya seperti Jerman, Prancis, Italia dan Spanyol.

Jangan Malu Saat belajar Bahasa Inggirs

Cara mudah Belajar bahasa inggris akan sangat mudah jika kita punya strategi belajar yang kreatif dan menyenangkan. Karena biasanya bahasa inggris menjadi sangat sulit dan horor ketika pola belajar kita masih sangat tradisional dan konservatif.

Misalnya anda masih saja ikut kursus yang duduk nya berhadap hadapan di hadapan seorang tutor yang galak. Bagi banyak orang, sistem belajar seperti ini akan melanggengkan ketakutan anda dengan bahasa inggris. Dan bahkan membuat beberapa orang kapok untuk belajar bahasa inggris di kemudian hari.

Baca Juga  7 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris yang Wajib Dimiliki

Padahal cara mudah belajar bahasa inggris bisa kita kreasikan sendiri dalam rangka mengejar target yang kita susun sendiri. Ingat, susunlah target anda sendiri jadi anda yang bisa menentukan strategi belajar kreatif anda.

Jika anda mempunyai target yang sederhana misalnya menembus skor TOEFL 500 dalam beberapa bulan. Atau ingin melancarkan speaking dalam kurun waktu 6 bulan saja. Maka anda bisa mulai susun cara mudah belajar bahasa inggris dengan kreatif.

cara belajar bahasa inggris

3 Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris yang Efektif dan Mudah

Berikut di bawah ini adalah contoh cara mudah belajar bahasa inggris sesuai dengan target yang telah anda susun pada contoh di atas. Misal jika anda ingin memahirkan kemampuan speaking bahasa inggris anda dalam kurun enam bulan saja. Maka anda harus benar-benar kreatif, berjuang dan disiplin.

1. Mendengarkan Podcast

Pertama, cara mudah belajar bahasa inggris khususnya speaking bisa anda awali dengan mendengarkan podcast atau aplikasi BBC Learning English khususnya pada sesi wawancara.

Ini melatih anda menyampaikan kosakata yang baik saat anda berbincang-bincang dengan orang lain atau khususnya dengan native speaker bule.

2. Perbanyak Kosakata

Kedua, perbanyaklah kosakata anda untuk memperluas pemahaman anda atas beberapa kalimat panjang. Dalam sebuah speaking, penguasaan kosakata (vocab) memegang peranan penting. Tentunya anda akan terbengong-bengong jika tidak mengetahui isi dari lawan bicara anda bukan?

Baca Juga  4 Trik Menguasai Bahasa Inggris Bisnis Dengan Cepat

Nah, cara mudah belajar bahasa inggris pada bagian kedua ini bisa anda tunjang dengan mendownload kamus offline atau kamus online di play store. Cukup ketikkan “kamus offline bahasa inggris” maka anda bisa mendownload aplikasinya. Gunakan secara bijak untuk menambah kosakata anda.

cara mudah belajar bahasa inggris

3. Ajak Turis Untuk Berbicara Bahasa Inggris

Ketiga, cara mudah belajar bahasa inggris terakhir ini sangat kreatif dan membutuhkan keberanian. Pergilah ke tempat wisata lokal secara reguler dan ajaklah beberapa turis untuk wawancara.

Simple saja, anda bisa berpura-pura bertanya soal asal daerah, kesenangan, tinggal dimana dan apakah nyaman berada di lokasi wisata. Pada hari hari awal anda bisa gunakan 5W 1H untuk melatih speaking anda.

Baca Juga  Lakukan 5 Teknik Cara Belajar Bahasa Inggris Paling Cepat Ini

Untuk hari hari berikutnya anda bisa berlatih seperti wartawan dengan pertanyaan yang agak mendetail misalnya menanyakan pandangan native speaker soal dunia wisata di Indonesia. Tenang aja, banyak kok bule yang mau ditanya-tanya seperti itu. Tentunya dari awal anda harus meminta izin terlebih dahulu. Gunakan kata izin yang tepat ya, misalnya menggunakan “could” or “would”.

Rianto Subandi

Hai, selamat datang di lapak inspirasi. Lapak ini adalah kumpulan inspirasi yang ditulis sembari menikmati secangkir teh manis dan sepotong senja di sore hari.

Selanjutnya, perkenalkan nama saya Rianto, menjadi blogger sejak 2009. Remah remah tulisan saya mengenai inspirasi kehidupan dapat ditelusuri di blog ini atau di kompasiana. selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *