harga pasang behel gigi
Harga Pasang Behel Gigi Terbaru dan Jenis-Jenis Behel Gigi
12/09/2018
odol pemutih gigi
Mengetahui Kandungan Odol Pemutih Gigi dan Fungsinya Untuk Kita
12/09/2018

Penyebab dan Cara Mengobati Suara Serak Dengan Mudah

cara mengobati suara serak

Cara Mengobati Suara Serak – Manusia memiliki 2 cara utama untuk berkomunikasi, yakni dengan cara berbicara dan menulis. Secara natural berkomunikasi secara verbal atau berbicara tentu lebih sering dilakukan ketimbang menulis. Manusia sudah mempelajarinya sejak kecil.

Riset menunjukan bahwa rata-rata manusia mengeluarkan 16 ribu kata per hari. Riset juga menyebutkan bahwa perempuan mengeluarkan kata-kata lebih banyak dari laki-laki. Perbedaannya bahkan bisa mencapai 3 kali lipat.

Baca Juga  Faktor Penyebab Migrain Sebelah Kiri dan Cara Mudah Mengatasinya

Suara, sebagai alat utama dalam berbicara tentu memiliki peran yang sangat krusial. Tanpa suara proses komunikasi akan menjadi lebih sulit. Begitu krusialnya fungsi suara hingga gangguan kecilpun dapat terasa begitu mengganggu.

Salah satu gangguan terkait suara yang kerap muncul adalah suara serak. Gangguan ini menimbulkan sensasi gatal di tenggorokan yang biasanya dipicu oleh batuk. Ini tentu saja menyebabkan rasa tidak nyaman.

Suara serak ditandai dengan perubahan pada suara. Suara dapat menjadi lemah, berat atau terdengar parau. Bila terjadi suara serak, bagian yang bermasalah adalah tenggorokan, khususnya pita suara.

cara mengobati suara serak

Penyebab Suara Serak yang Perlu Anda Ketahui

Sebenarnya cara untuk mengobati suara serak tidak memerlukan tindakan yang terlalu serius. Tetapi untuk dapat segera mengatasinya, perlu diketahui penyebab dari suara serak itu sendiri. Suara serak dapat muncul karena beberapa faktor, di antaranya:

– Cedera pada bagian dalam tenggorokan

Bagian dalam tenggorokan yang dimaksud adalah pita suara dan laring. Cedera pada laring paling sering terjadi, biasanya karena infeksi virus. Sementara pita suara dapat mengalami cedera apabila berteriak terlalu keras atau dengan intensitas yang tinggi.

– Iritasi pada saluran pernapasan

Iritasi pada saluran pernapasan biasanya terjadi karena menghirup udara kotor. Iritasi juga biasanya lebih sering terjadi pada perokok.

– Pola hidup tidak sehat

Pola hidup tak sehat yang dapat memicu suara serak antara lain adalah merokok, terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol atau berkafein. Mengkonsumsi makanan berminyak seperti gorengan juga dapat menjadi pemicu lain.

– Gejala dari penyakit tertentu

Suara serak juga bisa jadi gejala untuk penyakit lain yang lebih serius. Penyakit GERD misalnya. Naiknya asam lambung ke arah tenggorokan dapat memicu terjadinya suara serak.

Selain GERD, penyakit lain yang ditandai oleh suara serak adalah kanker pita suara, gangguan kelenjar tiroid hingga masalah saraf seperti stroke dan parkinson. Pada kasus serius seperti ini biasanya serak diiringi dengan kemunculan gejala lain.

cara mengobati suara serak

Begini Cara Mengobati Suara Serak Dengan Mudah

Setelah mengetahui penyebab suara serak, barulah kita dapat menentukan cara mengobati suara serak yang tepat. Jika anda mengalami suara serak, hal pertama yang pasti disarankan adalah mengkonsumsi lebih banyak air putih, yakni minimal 2 liter per hari.

A. Berhenti Merokok

Berhenti merokok untuk sementara serta menjauhi minuman berkafein dan beralkohol juga merupakan cara mengobati suara serak. Selain itu cobalah mengurangi intensitas berbicara dengan volume keras untuk mengistirahatkan pita suara selama beberapa hari.

Baca Juga  Domperidone Adalah Jenis Obat Anti Emetik, Apa Kegunaanya?

Mengingat buruknya kualitas udara juga tidak baik bagi kesehatan, usahakan untuk menggunakan humidifier di rumah. Penggunaan alat ini akan menjaga kualitas udara. Memakan permen pelega tenggorokan juga disarankan sebagai cara mengobati suara serak.

B. Konsumsi Obat-Obatan Tertentu

Apabila gangguan perubahan suara terjadi sebagai gejala dari penyakit lain, maka cara mengobati suara serak akan disesuaikan dengan penyakitnya. Pada kasus GERD misalnya, pengobatan utama yang harus dilakukan adalah mengkonsumsi obat penurun asam lambung.

C. Kunjungi Dokter

Kanker pita suara, gangguan kelenjar tiroid hingga masalah saraf seperti stroke dan Parkinson adalah penyakit yang lebih serius lagi. pengobatannya perlu dilakukan oleh ahli medis.

Pada kanker pita suara, dokter biasanya akan melakukan tindakan operasi atau kemoterapi. Sementara untuk masalah saraf, cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kondisi adalah melakukan serangkaian terapi saraf.

Baca Juga  11 Cara Menghilangkan Suara Serak Secara Alami

Sebagai catatan, masalah suara serak pada umumnya akan berlangsung selama beberapa hari. Langkah pengobatan yang lebih serius baru perlu dilakukan apabila kasus telah berlangsung lebih dari 10 hari.

Mengingat pentingnya peran suara bagi kegiatan berkomunikasi manusia, menjaga kesehatannya tentu lebih baik daripada mengobati. Mulai sekarang bijaklah untuk memilih apa yang anda konsumsi. Apa yang anda konsumsi dapat berpengaruh besar pada berbagai organ di tubuh anda.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *