cara belajar toefl
Manfaatkan 9 Situs Ini Sebagai Cara Belajar TOEFL Gratis
20/03/2019
makanan penambah berat badan bayi
Bunda, Ketahui 6 Makanan Penambah Berat Badan Bayi
21/03/2019

Ini Dia Penyebab dan 4 Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi

cara menghilangkan plak pada gigi

Cara Menghilangkan Plak pada Gigi – Setiap hari kita harus membersihkan gigi dari sisa – sisa makanan yang menempel pada gigi. Sisa makanan yang tertinggal di gigi memicu munculnya plak pada gigi.

Apa itu plak? Plak merupakan lapisan berwarna putih atau kuning yang umumnya akan menempel pada sela – sela gigi atau gusi. Di dalam plak gigi terdapat bakteri yang memproduksi cairan asam yang mampu merusak lapisan enamel (lapisan terluar gigi). Rusaknya enamel pada gigi menyebabkan berbagai masalah gigi terutama gigi berlubang.

Penyebab Munculnya Plak Gigi

penyebab plak pada gigi

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat seperti kue, permen, dan makanan karbohidrat lainnya dapat mempercepat penumpukan plak di sela – sela gigi dan gusi. Selain makanan tersebut, minuman seperti susu, minuman ringan, serta kopi dapat menimbulkan plak gigi.

Baca Juga  Harga Pasang Behel Gigi Terbaru dan Jenis-Jenis Behel Gigi

Umumnya, plak gigi bisa timbul karena tidak membersihkan gigi secara benar atau tidak menyikat gigi secara rutin. Jika kamu tidak menyikat gigi secara rutin, sisa makanan yang menempel pada gigi akan menumpuk dan membentuk plak.

Plak pada gigi umumnya akan mulai muncul sekitar 4 – 12 jam setelah terakhir kali menyikat gigi. Semakin lama plak tersebut berada di gigi, maka kemungkinan besar plak gigi akan semakin menumpuk dan menebal hingga membentuk karang gigi yang sulit dihilangkan.

Plak gigi yang dibiarkan terus – menerus dapat menimbulkan kerusakan pada gigi seperti gigi berlubang, gingivitis, serta periodontitis.

4 Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi Dengan Mudah

cara menghilangkan plak pada gigi dengan alami

1. Menyikat Gigi

Menyikat gigi dua kali sehari secara teratur bisa menjadi cara menghilangkan plak pada gigi. Menyikat gigi secara rutin dapat mencegah pembentukan plak serta dapat menghancurkan plak yang mulai terbentuk serta mencegah berkembangnya bakteri penyebab plak.

Kamu bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride karena fluoride dapat melindungi enamel gigi. Fluoride berfungsi mengikat enamel gigi sehingga permukaan gigi menjadi lebih keras dan tahan terhadap serangan asam yang dikeluarkan oleh bakteri.

Baca Juga  Dampak Negatif dan 11 Cara Menghilangkan Karang Gigi Dirumah

Sikatlah gigi dengan sikat gigi yang berbulu lembut dan pastikan seluruh bagian gigi tersikat dengan bersih.

2. Menggunakan Benang Gigi atau Dental Floss

Cara menghilangkan plak pada gigi selanjutnya adalah dengan benang gigi. Benang gigi atau dental floss dapat membantu kamu membersihkan sisa makanan pada sela – sela gigi. Bagian – bagian yang tidak terjangkau oleh sikat gigi dapat dibersihkan dengan menggunakan benang gigi.

Benang gigi bisa membersihkan gigi 40% lebih ampuh dibandingkan dengan hanya sikat gigi saja. Hal ini dikarenakan benang gigi dapat dibentuk sesuai dengan bentuk gigi sehingga memudahkan dalam membersihkan plak pada gigi.

Baca Juga  Alasan dan Manfaat Cabut Gigi Geraham Untuk Pria dan Wanita

3. Berkumur Menggunakan Obat Kumur Anstiseptik

Obat kumur antiseptik dapat dijadikan sebagai cara menghilangkan plak pada gigi setelah menyikat gigi. Selain membersihkan sisa – sisa makanan yang berada di sela – sela gigi, berkumur dengan obat kumur antiseptik dapat membunuh bakteri jahat penyebab plak gigi.

4. Membersihkan Plak di Dokter Gigi

Cara efektif lain yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan plak pada gigi adalah pergi ke dokter gigi. Cara menghilangkan plak pada gigi yang dilakukan oleh dokter gigi bisa lebih baik dan lebih efektif karena dokter gigi memiliki peralatan yang lengkap.

Selain itu, kamu juga bisa meminta dokter gigi untuk membersihkan plak yang sudah mengeras yang disebut karang gigi. Umumnya, karang gigi terlalu keras untuk dibersihkan dengan menyikat gigi. Dan kamu bisa pergi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk melakukan pemeriksaan dan membersihkan gigi.

Artikel Terkait

Embun Rinjani

Nama pena saya Embun Rinjani. Teruntuk para pembaca, terima kasih telah membaca tulisan – tulisan saya. Saya senang bisa berbagi informasi dan pengetahuan dengan para pembaca semuanya.

Saya memiliki hobi traveling, membaca, dan menulis. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi.

Dengan membaca, saya bisa menambah wawasan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update. Dari hobi membaca itu, saya jadi suka menulis. Semoga tulisan – tulisan saya bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *