ciri ciri pria mandul
Ciri Ciri Pria Mandul dan Penyebabnya yang Perlu Diwaspadai Pria
04/09/2018
cara menghilangkan ketombe dengan garam
Lupakan Sampo, Ini Cara Menghilangkan Ketombe dengan Garam
05/09/2018

Cara Menghentikan Mimisan Anak dengan Mudah dan Praktis

cara menghentikan mimisan

Cara Menghentikan Mimisan – Mimisan merupakan kondisi keluarnya darah yang berasal dari lubang hidung. Biasanya, mimisan ini menjadi hal yang lebih sering dialami oleh anak-anak jika dibandingkan dengan orang dewasa.

Ada beberapa penyebab yang menjadi alasan mengapai mimisan ini bisa terjadi, diantaranya yaitu karena meniup lubang hidung sembarangan, mengorek hidung dengan cara yang tidak benar atau juga karena adanya cedera ringan yang dialami oleh si kecil.

Baca Juga  Cara Mengatasi Hidung Mampet dan Penyebabnya yang Perlu Diketahui

Tentu saja sebagai orang tua, Anda harus waspada dan khawatir dengan kondisi anak yang mimisan. Hal ini karena bisa jadi mimisan yang di alami oleh anak Anda adalah gejala dari adanya suatu penyakit dan Anda juga harus mengetahui cara menghentikan mimisan sebelum darah tersebut keluar dari hidung si kecil dalam jumlah banyak.

Baru setelah bawalah segera si kecil ke dokter. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan ketika si kecil mimisan.

Inilah Cara Menghentikan Mimisan Pada Si Kecil dengan Mudah dan Praktis

cara menghentikan mimisan

– Ajak si kecil untuk duduk dan menundukkan kepada

Cara menghentikan mimisan yang pertama yaitu membuat si kecil tenang. Biasanya, si kecil mungkin akan menangis dan panik ketika mengetahui bahwa lubang hidungnya mengeluarkan darah.

Nah, untuk menghindari hal ini maka pastikan Anda sudah menenangkan si kecil dengan mengajaknya duduk santai dan rileks sembari menundukkan kepala.

Ambil tisu sebanyak mungkin agar darah yang keluar bisa terserap langsung oleh tisu. Dengan cara ini darah akan lebih murah mengering jika dibandingkan dengan posisi kepala menengadah.

– Ajak si kecil bernafas melalui mulut

Cara menghentikan mimisan yang kedua yaitu dengan memencet hidung dan bernafas dari mulur.

Untuk bisa menghambat keluarnya darah yang keluar terus menerus maka penting bagi Anda untuk mengajak si kecil bernafas melalui mulur dengan menjepit lubang hidung khususnya pada bagian lunak agar aliran darah tersebut terhenti.

Hal ini penting untuk dilakukan karena dengan menelan darah maka rasa sakit akan muncul. Pastikan si kecil tidak menghirup, menelan dan juga batuk agar bekuan darah tidak rusak.

– Ajak si kecil untuk melepas pencetan pada hidung setelah 10 menit berlalu

Cara menghentikan mimisan yang ketiga yaitu dengan mengajak si kecil melepaskan pencetan pada hidung yang sudah berlalu selama 10 menit.

Biasanya, darah akan berhenti keluar namun apabila darah masih mengalir maka pencet lagi bagian lunak yang ada di hidung tersebut lalu tunggulah sampai 10 menit lagi. Pastikan si kecil tidak dalam keadaan tegang, panik atau bahkan menangis.

Baca Juga  Cara Mengobati Cantengan Kuku yang Terasa Sakit dan Penyebabnya

– Berikan kompres es kepada si kecil

Cara menghentikan mimisan yang keempat yaitu dengan mengkompres hidung si kecil dengan menggunakan es batu atau dengan kain yang sudah dingin.

Letakkan kompresan tersebut di bagian hidung. Dengan cara ini biasanya darah akan berhenti mengalir.

– Bersihkan hidung si kecil

Setelah darah terhenti biasanya di dalam lubang hidung akan tertinggal darah yang sudah mengering. Nah, untuk mempermudah si kecil untuk bisa kembali bernafas maka bersihkan lubang hidung tersebut dengan menggunakan lap yang basah.

Dengan lap yang basah ini maka darah yang mengering akan mudah untuk dibersihkan. Pastikan si kecil tidak mengorek atau bahkan meniup hidung lagi minimal sampai 12 jam setelahnya.

Akan lebih baik lagi jika Anda memastikan si kecil untuk tidak melakukan hal-hal berbahaya tersebut lagi tanpa pengawasan dari orang tua.

Jika beberapa cara untuk menghentikan mimisan yang sudah diuraikan di atas tidak membuahkan hasil maka bersegeralah membawa si kecil untuk langsung ke dokter agar pendeteksian secara dini bisa dilakukan secepat mungkin.

Hal ini karena mimisan menjadi salah satu hal yang lebih sering menyerang anak kecil.

cara menghentikan mimisan

Bawa Si Kecil Ke Rumah Sakit Apabila Mengalami Tanda-Tanda Ini:

Berikut ini beberapa tanda yang harus Anda perhatikan yang muncul ketika Anda harus cepat membawa si kecil ke rumah sakit.

– Jika si kecil mengalami mimisan yang terus menerus ketika sedang dalam kondisi mengkonsumsi obat untuk mengencerkan darah maka segeralah membawa si kecil ke dokter karena barangkali ada kesalahan dari dalam tubuh si kecil.

– Mimisan bisa menjadi salah satu tanda adanya penyakit tekanan darah tinggi jika mimisan terjadi lebih dari satu kali dalam seminggu.

– Dalam tubuh si kecil muncul luka memar, sering mimisan dan juga pada bagian gusinya sering keluar darah. Kondisi ini sering muncul tanpa adanya penyebab dan alasan yang jelas sehingga harus segera Anda periksakan.

Baca Juga  Alasan dan Manfaat Cabut Gigi Geraham Untuk Pria dan Wanita

– Adanya indikasi retak pada tengkorak kepala jika mimisan ini terjadi karena cedera ringan yang dialami oleh si kecil misalkan jatuh dari sepeda, jatuh dari pohon, jatuh dari tempat tidur dan masih banyak lagi.

Sebagai orang tua, kewajiban untuk menjaga anak menjadi kewajiban yang utama dan paling penting untuk dilaksanakan.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *