gerakan yoga untuk mengecilkan perut
Gerakan Yoga untuk Mengecilkan Perut yang Ampuh Untuk Dicoba
07/09/2018
manfaat senam aerobik
8 Manfaat Senam Aerobik, Nomor 6 Paling Dahsyat Untuk Pria
08/09/2018

Jangan Panik, Begini 5 Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Yang Aman

cara mengeluarkan dahak pada bayi

Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi – Kondisi cuaca yang tak menentu kadang akan menimbulkan penyakit musiman, baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Tak terkecuali adalah batuk pada bayi. Hal ini terutama terjadi jika cuaca tak menentu terjadi sepanjang tahun sehingga tubuh rawan penyakit.

Batuk pilek termasuk dalam penyakit yang umum diderita saat cuaca tengah tak menentu, kadang panas dan kadang hujan. Si Kecil pun tak luput dari penyakit musiman satu ini. Batuk yang dialami Si Kecil seringkali akan disertai dahak yang sulit dikeluarkan.

mengeluarkan dahak pada bayi

Baca Juga  Cara Menaikkan Berat Badan Bayi Dengan Cepat dan Tepat

Orangtua tak perlu khawatir berlebihan karena batuk tidak termasuk penyakit yang berbahaya asal segera ditangani dengan benar. Selain itu, ada beberapa cara mengeluarkan dahak pada bayi yang bisa dicoba dan tetap aman.

Untuk bisa mengeluarkan dahak pada bayi, setidaknya ada tiga cara yang dapat dilakukan. Orangtua bisa memilih salah satu di antaranya yang dirasa paling mudah dan cepat. Semuanya bisa dilakukan di rumah saja, namun ada satu yang dapat dilakukan di rumah sakit.

mengeluarkan dahak pada bayi

Jangan Panik, Begini 5 Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Yang Aman

Mungkin pada beberapa orang tua yang baru memiliki anak bayi seringkali merasa panik jika bayi mengeluarkan dahak akan tetapi dahak tersebut tidak keluar sehingga membuat bayi Anda batuk-batuk.

Namun, meskipun teradang dapat membuat panik akan tetapi ada beberapa caramengeluarkan dahak ada bayi yang aman untuk dilakukan, diantaranya:

1. Menggunakan uap

Cara mengeluarkan dahak pada bayi yang pertama adalah dengan menggunakan uap. Cara ini masih terbagi dua, yaitu cara yang bisa dilakukan sendiri di rumah serta cara yang harus dilakukan di rumah sakit dengan bantuan tenaga medis.

Untuk cara mengeluarkan dahak menggunakan uap di rumah sakit ialah melalui penggunaan nebulizer. Nebulisasi ini adalah terapi uap yang dimaksudkan untuk mengeluarkan dahak pada bayi.

Melalui terapi uap nebulizer di rumah sakit ini, bayi akan mendapat bantuan berupa terapi obat dan uap yang akan mengencerkan dahak. Termasuk di antaranya adalah pemberian cairan garam fisiologis agar hidung tersumbat bisa diatasi.

Baca Juga  Ibu Harus Tahu, Ini Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi

Terapi uap dapat pula dilakukan di rumah dengan menggunakan air hangat yang dicampurkan beberapa tetes minyak kayu putih. Sediakan wadah berupa baskom yang telah diisi air hangat lalu campurkan minyak kayu putih di dalamnya. Letakkan dekat Si Kecil agar uapnya terhirup.

Terapi ini akan membantu mengencerkan dahak sekaligus mengatasi hidung yang tersumbat. Pernapasan Si Kecil akan semakin lega dan batuk pilek yang diderita bisa semakin cepat sembuh.

Yang perlu diperhatikan adalah penempatan baskom yang tidak boleh ada di jangkauan tangan Si Kecil. Tujuannya agar tangan Si Kecil tidak mudah meraihnya karena berisi air panas.

2. Menepuk-nepuk punggung bayi

Cara mengeluarkan dahak pada bayi yang kedua adalah menepuk-nepuk punggung bayi. Kelihatannya sederhana, namun tentu prakteknya tak sekedar melalui tepukan semata. Tepukan ini sendiri harus dilakukan pada posisi bayi yang tengah tengkurap.

Posisikan bayi secara tengkurap kemudian tepuk punggung bagian kanan serta kirinya secara perlahan. Setelah itu posisikan bayi miring kanan ataupun kiri dan tepuk-tepuk bagian dada sampingnya dengan lembut.

Apabila dahak yang ada dalam tubuh bayi cukup banyak, maka setelah ditepuk punggung atau dadanya, dahak akan dimuntahkan. Akan tetapi, bisa juga dahak telah mengencer dan masuk dalam saluran pencernaan. Jika seperti ini, maka dahak akan terbuang melalui kotoran.

Tindakan menepuk punggung dan dada bayi guna mengeluarkan dahak harus dilakukan sebelum bayi minum ASI. Tujuannya adalah untuk menghindari resiko bayi tersedak. Selain itu, susu yang sudah diminum juga dapat dimuntahkan bersama dahak.

Baca Juga  Efek Samping KB Spiral yang Perlu diKetahui oleh Para Wanita

3. Memanfaatkan daun sirih

Cara mengeluarkan dahak pada bayi yang ketiga ialah dengan memanfaatkan daun sirih hangat. Daun sirih yang telah dipanaskan dapat ditempel pada dada serta punggung Si Kecil. Biarkan hangatnya daun sirih membantu Si Kecil dalam mengencerkan dahak.

Nantinya, dahak yang berhasil diencerkan dengan bantuan daun sirih hangat akan dibuang melalui kotoran. Cara mengeluarkan dahak pada bayi di atas bisa dipilih salah satunya saja yang dirasa paling mudah serta cepat dipraktekkan.

Dengan menerapkan cara-cara di atas, bayi akan kembali sehat dan ceria karena batuk pileknya sembuh. Dahak dalam tubuh dapat dikeluarkan sepenuhnya dan hidung tidak lagi tersumbat. Aktivitas dan pertumbuhan Si Kecil takkan terganggu.

Jika batuk pilek yang diderita Si Kecil sudah sembuh, orangtua dapat menerapkan cara-cara preventif guna mencegah terjadinya kembali penyakit tersebut. Termasuk di antaranya adalah memberikan asupan ASI atau makanan bergizi yang cukup guna meningkatkan imunitasnya.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *