khasiat minyak zaitun untuk payudara
Jarang Diketahui, Ini 9 Khasiat Minyak Zaitun Untuk Payudara
09/03/2019
khasiat buah bit
12 Khasiat Buah Bit, Dari Kecerdasan Otak Hingga Cegah Kanker
11/03/2019

9 Cara Mengecilkan Perut dan Paha Dirumah Dengan Aman

cara mengecilkan perut dan paha

Cara Mengecilkan Perut dan Paha – Di zaman yang serba canggih sekarang ini, apa saja bisa didapatkan dengan mudah. Bahkan terkadang tidak perlu banyak bergerak untuk bekerja atau untuk memesan sesuatu. Semuanya bisa dilakukan dengan cepat dalam sekali klik.

Tapi nyatanya fenomena ini justru membuat orang semakin sulit mengontrol berat badannya. Makin banyak orang yang memiliki perut buncit yang pastinya mengganggu penampilan mereka.

Baca Juga  5 Cara Membuat Pipi Tembem dengan Gerakan Olahraga

Selain mengganggu penampilan, tubuh yang melar juga membuat orang berpotensi mengalami masalah kesehatan seperti stroke, diabetes, maupun serangan jantung. Penyebab badan melar bisa bermacam-macam, tapi intinya adalah pola makan dan gaya hidup yang salah.

cara mengecilkan perut dan paha dirumah
9 Cara Mengecilkan Perut dan Paha Dirumah Dengan Aman

Tidak ada obat ajaib untuk mengatasi perut dan paha yang membesar, cara terbaik adalah memperbaiki pola makan dan olahraga. Dan anda harus melakukannya teratur. Nah, berikut ini beberapa cara mengecilkan perut dan paha yang bisa dilakukan dengan sangat mudah. Badan anda akan ramping kembali, pang terpenting adalah komitmen dan kemauan anda untuk sehat.

1. Olahraga teratur

Olahraga kardiovaskular merupakan salah satu cara mengecilkan perut dan paha yang paling ampuh. Beberapa jenis olahraga seperti jogging, renang, serta bersepeda akan melatih otot-otot mulai dari otot betis, paha, perut, lengan, dan punggung. Hampir semua anggota tubuh terlibat ketika anda melakukan olahraga ini.

Baca Juga  7 Manfaat Jogging Untuk Kesehatan dan Kemungkinan Bahayanya

2. Latihan aerobik

Latihan aerobik seperti jalan cepat, jogging, atau naik turun tangga juga bermanfaat untuk mengencangkan dan mengecilkan paha. Lakukan latihan aerobik sekitar 30 menit sebanyak 3 kali seminggu. Latihan ini juga menyehatkan jantung dan tubuh secara keseluruhan.

3. Sit-up dan push-up

Sit-up atau push-up bisa anda lakukan kapan saja, dimana saja, dan tidak memerlukan waktu yang lama. Lakukan 10-20 kali dalam 1 set, maka lemak di perut akan hilang serta perut anda akan kencang, mengecil, dan ideal. Bahkan Sit-up atau push-up yang dilakukan di kantor pada jam kerja bisa membuat badan lesu menjadi bugar kembali.

cara mengecilkan perut

4. Konsumsi teh hijau

Teh hijau memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Selain menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat), anti kanker, serta untuk perawatan kulit, teh hijau juga mampu mengecilkan perut dengan efektif.

Agar khasiatnya maksimal, minum teh hijau sebelum makan dan tanpa gula. Teh hijau mampu memberikan efek kenyang, sehingga meminum sebelum makan akan mengurangi porsi akan anda dan ini baik untuk program diet anda.

Baca Juga  Dibuang Sayang, Ini Manfaat Teh Basi yang Tidak Boleh Dilewatkan

5. Konsumsi makanan kaya nutrisi dan rendah lemak

Makanan sehat yang kaya protein, serat namun rendah lemak akan membantu menurunkan berat badan anda. Penurunan berat badan secara otomatis akan membantu mengecilkan paha dan perut anda.

Konsumsi buah-buahan dan sayuran segar akan membantu menurunkan timbunan lemak dalam tubuh. Hal ini karena kandungan serat yang tinggi akan membantu kelancarkan pencernaan sehingga lemak bisa larut dengan baik.

6. Menghindari makan sebelum tidur

Langsung tidur setelah makan besar menjadi salah satu penyebab perut buncit. Tidak adanya aktivitas membuat kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak dibakar menjadi energi, tapi menjadi lemak. Karena itu, hindari langsung tidur setelah makan. Setidaknya butuh jeda 2 jam agar makanan bisa diproses terlebih dulu menjadi energy.

Baca Juga  10 Daftar Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet

7. Mengurangi konsumsi gula

Buat anda yang sedang menjalani diet ketat, usahakan untuk mengurangi konsumsi makanan dan minuman berkadar gula tinggi. Gula terdiri dari 2 zat berbeda, yaitu glukosa dan fruktosa. Glukosa menjadi bagian penting metabolisme dan akan diubah menjadi tenaga.

Sedangkan sebagian besar fruktosa akan diolah oleh hati menjadi lemak. sehingga mengkonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi hanya akan menyebabkan lemak menumpuk di perut.

8. Kurangi karbohidrat

Karbohidrat dibutuhkan tubuh sebagai sumber tenaga, tapi mengkonsumsi berlebihan bisa membuat berat badan melonjak. Untuk mengecilkan perut dan paha, kurangi karbohidrat dang anti dengan bahan makanan berkadar serat tinggi.

9. Hindari stres

Di zaman modern ini, semakin banyak orang mudah terkena stres. Stres bisa membuat orang cenderung selalu ingin makan, walau belum lapar.

Nah untuk menghindari stres yang pada akhirnya menyebabkan berat badan bertambah, lakukan aktivitas atau hobi yang bisa membuat anda enjoy. Jalan-jalan, olahraga ringan, atau bersosialisasi bisa menyegarkan pikiran dan terhindar dari stres berlebihan.

Baca Juga  Jangan Malas Olahraga, Ini 10 Manfaat Sit Up yang Mengagumkan

Gabungan antara aktifitas olahraga dan pola makan sehat tadi bisa menjadi cara mengecilkan perut dan paha yang sangat efektif. Awalnya mungkin terasa berat, tapi kalau anda terus berusaha merutinkan, maka kebiasaan sehat ini akan menjadi kebutuhan hidup. Nah, selamat menjalani hidup sehat dan bugar selalu ya!!

Al Jogjawi Andik

Hallo semuanya. Perkenalkan, nama saya Andik. Aku lahir, besar, dan tumbuh di Yogyakarta. Jadi aku merasa ada ikatan yang kuat dengan kota gudeg ini.

Awal mula perkenalanku dengan dunia menulis adalah, ketika aku direkrut menjadi penulis buku di salah satu perusahaan alat pendidikan di Jogja. O ya, salah satu buku karanganku sedang dalam proses cetak oleh perusahaan penerbit di Jogja lho. Doakan aja biar cepat terbit ya.

Biasanya aku menulis topik gaya hidup, tips, dan kesehatan. Buat aku, aktivitas menulis artikel itu sangat menyenangkan, karena ada kepuasan tersendiri ketika kita bisa berbagi informasi maupun ide.

Disamping itu, menulis juga bisa dilakukan di mana aja dan kapan saja. Selain menulis, aku punya hobby lainnya, yaitu jogging. Nah, itu dulu perkenalannya ya. Terima kasih dan salam kenal…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *