manfaat bubur kacang hijau
8 Manfaat Bubur Kacang Hijau Jika Dikonsumsi Secara Rutin
10/11/2018
bahasa jerman selamat pagi
Belajar Bahasa Jerman Selamat Pagi, Malam, Sore Dalam Bahasa Jerman
10/11/2018

Kenalilah Penyebab Telat Haid Dan 7 Cara Mengatasi Telat Haid

cara mengatasi telat haid

Cara Mengatasi Telat Haid – Pada umumnya, setiap wanita yang sudah memasuki masa puber akan mengalami menstruasi atau haid. Siklus haid normal dalam rentang antara 21 hingga 35 hari, lamanya berkisar antara 3 – 8 hari. Jadi, Anda tidak harus mendapatkan haid pada tanggal yang sama setiap bulannya.

Selama jarak haid bulan ini dan bulan depannya masih dalam rentang 21 – 35 hari, Anda tidak mengalami telat haid. Anda dianggap telat haid jika haid tidak kunjung keluar setelah 35 hari dari tanggal haid bulan sebelumnya.

Baca Juga  Inilah Ciri-Ciri Hamil Muda Sebelum Telat Haid

Telat haid 1 – 2 hari mungkin hal yang wajar, tetapi jika telat haid sudah lebih dari 3 hari seringkali membuat wanita resah. Pasalnya, gejala keterlambatan haid terkadang datang tanpa diketahui penyebabnya.

Terlebih lagi telat haid bukan hanya terjadi pada wanita yang sudah menikah tetapi telat haid juga bisa terjadi pada wanita yang tidak aktif secara seksual.

Hal itulah yang membuat kebanyakan wanita khawatir. Untuk mengantisipasi hal tersebut, ketahuilah hal – hal yang menyebabkan haid tidak lancar dan bagaimana cara mengatasi telat haid.

Apakah Penyebab Telat Haid

cara mengatasi telat haid

Ada berbagai macam hal yang bisa menyebabkan seorang wanita terlambat haid. Bagi wanita yang belum menikah atau belum aktif secara seksual biasanya penyebab telat haidnya yaitu terlalu lelah, stres, belum seimbangnya hormon di dalam tubuh, perubahan pola makan dan obat – obatan tertentu.

Sedangkan penyebab telat haid bagi wanita yang sudah menikah biasanya kehamilan dan konsumsi obat – obatan yang mengandung hormon seperti obat KB atau suntik KB. Kemungkinan lain yang menjadi penyebab haid menjadi terlambat bagi wanita yang sudah menikah yaitu baru selesai melahirkan atau menyusui.

Baca Juga  Wahai Wanita, Inilah Perbedaan Smoothing dan Rebonding yang Wajib Diketahui

Selain itu, penyakit infeksi akibat hubungan seks juga bisa mempengaruhi keterlambatan haid. Jika keterlambatan haid sudah sering dialami dan sudah melampaui batas telat haid yang wajar, perlu diwaspadai adanya tumor indung telur.

Sebagian besar kasus keterlambatan haid terjadi karena pola hidup yang tidak teratur, misalnya makan, bekerja dan tidur tidak teratur. Seringkali orang mengabaikan tubuh yang sudah lelah dan lupa untuk beristirahat. Itu sebabnya hormon menjadi tidak seimbang dan menyebabkan haid terlambat datang.

Dengan mengetahui penyebab – penyebab telat haid tersebut, Anda bisa mencari tahu penyebab ketika Anda mengalami telat datang bulan.

cara mengatasi telat haid

7 Cara Mengatasi Telat Haid Dengan Cara Alami

Cara mengatasi telat haid bisa mengunakan cara alami maupun dengan obat dan bahan – bahan kimia. Mengatasi haid menggunakan cara alami tentunya tidak berisiko.

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu rubahlah pola hidup Anda menjadi pola hidup sehat. Beberapa cara mengatasi telat haid diantaranya:

1. Menjaga Pola Makan

Konsumsilah makanan yang mengandung gizi yang seimbang seperti sayuran, buah – buahan, daging, ikan, susu dan makanan lain yang menyehatkan.

2. Olahraga Secara Teratur

Terlalu banyak duduk, tiduran dan minimnya keaktifan tubuh dalam kehidupan sehari – hari dapat menyebabkan haid menjadi terlambat. Salah satu cara mengatasi telat haid yaitu dengan memperbanyak olahraga dan melakukannya secara teratur.

Agar tubuh tetap aktif dalam keseharian, Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti beres – beres rumah, perbanyak jalan kaki atau bisa juga dengan joging pagi.

Baca Juga  10 Manfaat Degan Ijo Bagi Kesehatan Tubuh Salah Satunya Menambah Sperma

3. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki sifat menghangatkan, antiinflamasi dan antipasmodic yang mempu mengatasi kram pada saat haid. Minum air rebusan kunyit berguna untuk mengatur ketidakseimbangan hormon dan siklus haid. Itu sebabnya kunyit bisa dijadikan sebagai cara mengatasi telat haid.

4. Daun Pepaya

Meskipun memiliki rasa yang pahit ternyata daun pepaya memiliki kandungan vitamin A, B, C, D serta kalsium. Kandungan tersebut menjadikan daun pepaya bisa digunakan untuk melancarkan haid. Anda bisa merebus daun pepaya, asam jawa dan garam bersama 2 gelas air.

Rebus dan tunggu hingga air menjadi tersisa 1 gelas saja. Kemudian minum air rebusan daun pepaya ini untuk melancarkan haid Anda. Rebusan daun pepaya ini juga dipercaya bisa mengurangi nyeri haid lho.

5. Air Kelapa Hijau

Di dalam air kelapa hijau terkandung senyawa laurat yang berfungsi sebagai antibakteri, antijamur dan antivirus. Selain itu, air kelapa hijau juga mengandung banyak gizi yang diperlukan oleh tubuh. Mengonsumsi air kelapa hijau dapat membantu melancarkan haid dan juga mengatasi telat haid.

Baca Juga  7 Manfaat Rumput Fatimah Bagi Kecantikan dan Ibu Hamil

6. Jahe

Meminum air rebusan jahe bersama dengan madu secara teratur dapat membantu memperlancar haid. Jahe mengandung minyak atsiri, vitamin A, B2, C, serat, zat besi, sodium, niasin dan masih banyak kandungan jahe lainnya yang bermanfaat untuk tubuh.

7. Jus Wortel

Wortel kaya akan vitamin A, vitamin C, kalsium dan zat besi yang berguna untuk membantu mengatur fungsi hormonal di dalam tubuh. Jika Anda memiliki masalah telat haid, minumlah jus wortel secara rutin.

Artikel Terkait

Embun Rinjani

Nama pena saya Embun Rinjani. Teruntuk para pembaca, terima kasih telah membaca tulisan – tulisan saya. Saya senang bisa berbagi informasi dan pengetahuan dengan para pembaca semuanya.

Saya memiliki hobi traveling, membaca, dan menulis. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi.

Dengan membaca, saya bisa menambah wawasan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update. Dari hobi membaca itu, saya jadi suka menulis. Semoga tulisan – tulisan saya bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *