vitamin penggemuk badan
Catat, Inilah Daftar Makanan Sumber Vitamin Penggemuk Badan
16/05/2019
manfaat soda kue
9 Manfaat Soda Kue yang Bisa Mengubah Kesehatan Tubuh
17/05/2019

Jangan Khawatir, Inilah 4 Cara Mengatasi Gigi Berlubang

cara mengatasi gigi berlubang

Cara Mengatasi Gigi Berlubang – Bakteri membentuk lapisan lengket yang dikenal sebagai plak. Asam dalam plak menghilangkan mineral dari (mendemineralisasi) pada enamel Anda, lapisan gigi yang sebagian besar terbuat dari kalsium dan fosfat. Erosi ini menyebabkan lubang-lubang kecil. Setelah kerusakan asam menyebar ke lapisan dentin di bawah enamel, dan kemudian rongga terbentuk.

Banyak perawatan di rumah didasarkan pada penelitian tahun 1930-an yang mengatakan bahwa gigi berlubang disebabkan oleh kekurangan vitamin D dalam makanan. Dalam studi ini, anak-anak yang menambahkan vitamin D ke dalam makanan mereka menunjukkan pengurangan rongga

Faktor Penyebab Gigi Berlubang

Tidak mendapatkan cukup vitamin D dapat membuat gigi lebih rentan terhadap gigi berlubang, tetapi kita sekarang mengerti bahwa ini hanyalah bagian dari teka-teki. Faktor risiko lain untuk gigi berlubang termasuk:

Baca Juga  Nyeri Gigi Berlubang? Gunakan 3 Cara Mengobati Gigi Berlubang Ini

• mulut kering atau memiliki kondisi medis yang mengurangi jumlah air liur di mulut

• makan makanan yang menempel pada gigi, seperti permen dan makanan lengket

• sering mengemil makanan atau minuman manis, seperti soda, sereal, dan es krim

• alat pembersihan gigi yang tidak memadai

• menyusui bayi sebelum tidur

cara mengatasi gigi berlubang
Jangan Khawatir, Inilah 4 Cara Mengatasi Gigi Berlubang

Setelah rongga menembus dentin, Anda tidak akan bisa menyingkirkannya, akan tetapi ada banyak cara mengatasi gigi berlubang yang bisa dicona di rumah berikut ini, sehingga dapat membantu dan sebagai cara mengatasi gigi berlubang atau mengobati “gigi berlubang” dengan remineralisasi area yang melemah pada gigi Anda sebelum terbentuknya di lubang gigi:

1. Konsumsi permen karet bebas gula

Mengunyah permen karet bebas gula setelah makan telah ditunjukkan dalam uji klinis untuk membantu remineralisasi gigi. Getah yang mengandung xylitol telah diteliti secara luas karena kemampuannya untuk menstimulasi aliran saliva, meningkatkan pH plak, dan mengurangi S. mutans, tetapi studi jangka panjang diperlukan.

Gula yang bebas kandungan glukosa berlebihan yang mengandung senyawa yang disebut kasein fosfopeptida-amorf kalsium fosfat (CPP-ACP) telah terbukti mengurangi S. mutans bahkan lebih dari permen karet yang mengandung xylitol. Anda dapat menemukan permen karet jenis ini di toko.

Baca Juga  Mengetahui Kandungan Odol Pemutih Gigi dan Fungsinya Untuk Kita

2. Vitamin D

Vitamin D penting untuk membantu menyerap kalsium dan fosfat dari makanan yang Anda makan. Studi menunjukkan hubungan terbalik antara makan makanan tinggi vitamin D dan kalsium, seperti yogurt, dan gigi berlubang pada anak kecil. Anda bisa mendapatkan vitamin D dari produk susu, seperti susu dan yogurt. Anda juga bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari.

3. Sikat dengan pasta gigi berfluoride

Cara mengatasi gigi berlubang yang selanjutnya adalah dengan menggunakan sikat gigi dengan pasta gigi berfluoride. Fluoride berperan penting dalam mencegah gigi berlubang dan remineralisasi lapisan luar gigi. Penelitian yang telah dilakukan untuk menunjukkan bahwa dengan menyikat gigi secara teratur dengan pasta gigi berfluoride mencegah gigi berlubang.

Sebagian besar penelitian telah dilakukan baik pada anak-anak atau remaja, sehingga dibutuhkan lebih banyak penelitian pada orang dewasa dan orang tua.

4. Kurangi makanan manis

Ini adalah momen dimana Anda harus berhenti makan gula begitu banyak atau dengan mengurangi makanan manis. Bahkan organisasi Kesehatan Dunia mengatakan bahwa makan gula adalah faktor risiko paling penting yang menyebabkan gigi berlubang. Mereka merekomendasikan untuk mengurangi asupan gula hingga kurang dari 10 persen dari total asupan kalori Anda per hari.

cara mengatasi gigi berlubang dengan alami
Bagaimana Cara Perawatan Gigi Berlubang?

Pemeriksaan rutin dapat mengidentifikasi gigi berlubang dan kondisi gigi lainnya sebelum menimbulkan gejala yang mengganggu dan menyebabkan masalah yang lebih serius. Semakin cepat Anda mencari perawatan, semakin baik peluang Anda untuk membalik tahap awal kerusakan gigi dan mencegah perkembangannya.

Jika rongga dirawat sebelum mulai menimbulkan rasa sakit, Anda mungkin tidak perlu perawatan yang banyak. Perawatan gigi berlubang tergantung pada seberapa parahnya mereka dan situasi khusus Anda. Opsi perawatan termasuk:

Baca Juga  Cara Menambal Gigi Berlubang Secara Alami Dengan Mudah

1. Perawatan Fluoride

Jika rongga Anda baru saja mulai, perawatan fluoride dapat membantu mengembalikan enamel gigi Anda dan kadang-kadang dapat membalikkan rongga pada tahap awal. Perawatan fluoride profesional mengandung lebih banyak fluoride daripada jumlah yang ditemukan dalam air keran, pasta gigi, dan obat kumur.

Perawatan fluoride bisa berupa cairan, gel, busa atau pernis yang disikat ke gigi Anda atau ditempatkan di nampan kecil yang pas di gigi Anda.

2. Tambal gigi

Tambal gigi juga disebut restorasi, adalah opsi perawatan utama ketika pembusukan telah berkembang melampaui tahap awal. Tambalan terbuat dari berbagai bahan, seperti resin komposit berwarna gigi, porselen atau amalgam gigi yang merupakan kombinasi dari beberapa bahan.

Baca Juga  6 Penyebab Gigi Ngilu Ini Perlu Anda Hindari Sekarang Juga

3. Menggunakan mahkota gigi

Untuk kerusakan gigi yang ekstensif atau gigi yang lemah, Anda mungkin membutuhkan mahkota – penutup khusus yang menggantikan seluruh mahkota alami gigi Anda.

Dokter gigi Anda mengeringkan semua bagian gigi yang rusak dan sisa gigi Anda untuk memastikan kecocokan. Mahkota dapat dibuat dari emas, porselen berkekuatan tinggi, resin, porselen yang menyatu dengan logam atau bahan lainnya.

3. Memperbaiki akar gigi

Ketika pembusukan mencapai bahan bagian dalam gigi Anda (bubur), Anda mungkin membutuhkan saluran akar. Ini adalah perawatan untuk memperbaiki dan menyelamatkan gigi yang rusak parah atau terinfeksi daripada mencabutnya. Pulpa gigi yang sakit dihilangkan. Obat kadang-kadang dimasukkan ke saluran akar untuk menghilangkan infeksi. Kemudian pulp diganti dengan tambalan.

4. Pencabutan gigi

Beberapa gigi menjadi sangat rusak sehingga tidak dapat dipulihkan dan harus dicabut. Menarik gigi dapat membuat celah yang memungkinkan gigi Anda yang lain bergeser. Jika mungkin, pertimbangkan untuk mendapatkan implan gigi untuk mengganti gigi yang hilang.

Artikel Terkait

Rina Hutapea

Hai Guys, selamat datang di laman ini. Perkenalkan nama saya Rina Hutapea, dan saat ini aktif menulis Novel, cerpen, cerbung dan juga artikel. Sebagai seorang yang hobby menulis, traveling dan membaca adalah senjata utama untuk menemukan ide-ide baru.

Namun akan lebih baik lagi jika teman-teman pembaca selalu memberikan kritik dan juga saran, supaya saya bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik lagi kedepannya.

Teman-teman juga bisa menghubungi lewat account Instagram Rina_hutapea13, semoga setiap rangkaian kata di laman ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *