kegunaan vaseline petroleum jelly
Gak Cuman Untuk Kecantikan, Ini 17 Kegunaan Vaseline Petroleum Jelly
03/09/2018
ciri ciri pria mandul
Ciri Ciri Pria Mandul dan Penyebabnya yang Perlu Diwaspadai Pria
04/09/2018

Cara Mengatasi Hidung Mampet dan Penyebabnya yang Perlu Diketahui

mengatasi hidung mampet

Cara Mengatasi Hidung Mampet – Hidung adalah bagian tubuh yang digunakan untuk bernafas. Hidung menjadi bagian tubuh yang penting karena tanpanya, kita akan kesulitan mendapatkan pasokan oksigen untuk tubuh menjalankan aktivitas.

Seperti yang kita tahu, saluran pernafasan ini sangat rentan mengalami gangguan yang disebabkan oleh banyak hal dan salah satu gangguan yang paling sering terjadi disebabkan karena infeksi virus influenza yang menyebabkan hidung berlendir dan mampet.

Selain karena influenza, ada juga penyebab lain yang membuat hidung kita berlendir atau biasa kita sebut dengan pilek. Hidung yang mampet tentunya akan mengganggu sistem pernafasan kita dan dapat berujung pada terhambatnya aktivitas kita sehari-hari.

Baca Juga  Domperidone Adalah Jenis Obat Anti Emetik, Apa Kegunaanya?

Oleh sebab itu, kita harus tahu cara mengatasi hidung mampet sehingga kita dapat mengatasi dengan mudah saat hal tersebut terjadi.

cara mengatasi hidung mampet

Penyebab Hidung Mampet yang Perlu Anda Ketahui

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, salah satu penyebab hidung mampet adalah serangan virus influenza yang sangat mudah menular dari satu penderita ke penderita lainnya.

Namun, selain karena infeksi virus influenza, ada beberapa penyebab hidung tersumbat lainnya yang perlu Anda waspadai. Adapun beberapa penyebab hidung tersumbat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

– Terserang batuk dan pilek

Serangan batuk dan pilek tidak melulu disebabkan karena serangan virus influenza, ada banyak penyebab lain yang dapat membuat kita mengalami batuk dan pilek.

Batuk dan pilek dapat disebabkan karena adanya kotoran, terjadinya infeksi, dan atau peradangan yang terjadi pada daerah saluran pernafasan yang berada pada bagian atas.

Hal yang masuk dalam saluran pernafasan bagian atas diantaranya adalah tenggorokan dan hidung. Penyakit batuk pile biasa, akan sembuh pada rentang waktu kurang lebih 10 sampai dengan 12 hari dengan sendirinya.

– Mengalami Flu

Nah, seperti yang sudah dibahas sebelumnya, penyebab hidung mampet salah satunya adalah karena menderita flu atau influenza. Penyebabnya adalah serangan virus yang menyerang bagian pernafasan.

Seperti halnya batuk pilek biasa, flu juga dapat sembuh dengan sendirinya tanpa perlu perawatan khusus. Hal yang berbahaya dari penyakit ini adalah jika terjadi komplikasi.

– Mengalami Sinusitis

Penderita sinusitis akut juga kerap mengalami hidung tersumbat. Sinusitis adalah terjadinya peradangan dan pembengkakan pada rongga hidung yang menyebabkan rongga hidung menjadi menyempit.

Kejadian ini juga diikuti dengan produksi lendir yang berlebihan sehingga hidung menjadi mampet.

Baca Juga  Cara Mengobati Cantengan Kuku yang Terasa Sakit dan Penyebabnya

– Mengalami Alergi

Salah satu dampak dari alergi biasanya adalah hidung yang berlendir. Tidak semua alergen atau bahan penyebab alergi dapat menyebabkan hidung berlendir dan mampet.

Alergen yang menyebabkan hal ini biasanya adalah alergi debu, alergi serbuk bunga, dan sebagainya.

Pada saat alergen atau pemicu alergi kontak dengan tubuh, tubuh akan memberikan reaksi alergi yang menyebabkan produksi lendir dalam saluran pernafasan meningkat. Hasilnya, kita akan sering bersin dan mengalami hidung tersumbat.

hidung mampet

Inilah Cara Mengatasi Hidung Mampet

Hidung mampet yang mengganggu dapat kita atasi dengan lebih cepat jika mengetahui cara yang tepat. Ada banyak cara mengatasi hidung mampet yang dapat dilakukan.

Salah satunya dengan mengonsumsi obat-obatan yang tepat atau dengan bantuan dari luar. Nah, beberapa obat yang dapat digunakan untuk mengatasi hidung mampet diantaranya sebagai berikut.

Cara pertama adalah dengan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit. Obat yang dapat menghilangkan rasa sakit seperti ibuprofen dan paracetamol dapat meringankan rasa sakit yang kerap muncul saat hidung tersumbat.

A. Antihistamin

Obat selanjutnya yang dapat mengatasi hidung mampet adalah antihistamin. Antihistamin dapat Anda konsumsi jika penyebab pilek adalah alergi. Obat satu ini bekerja meredakan alergi dan mengatasi masalah hidung mampet.

B. Dekongestan

Dekongestan adalah jenis obat yang membantu meringankan pembengkakan yang terjadi pada rongga hidung yang disebabkan oleh hidung yang tersumbat.

Selain menggunakan obat yang diminum atau dimasukan ke dalam tubuh, ada juga cara mengatasi hidung mampet dari luar melalui nasal. Ada dua cara yang dapat digunakan, yaitu sebagai berikut.

C. Nasal spray

Nasal spray adalah obat yang digunakan dengan cara menyemprotkannya melalui lubang hidung. Hal ini untuk membuat rongga hidung menjadi lembab.

Rongga hidung yang lebih lembab akan membuat lendir dalam hidung lebih encer sehingga dapat dengan mudah keluar. Adapun isi cairan yang disemprotkan ke dalam rongga hidung adalah larutan garam.

Baca Juga  Cara Mengobati Telinga Berdengung dengan Mudah Berikut Penyebabnya

D. Nasal dekongestan

Nasal dekongestan akan memberikan efek lebih cepat dibandingkan dekongestan yang diminum. Obat satu ini dapat digunakan untuk mengatasi hidung mampet yang disebabkan oleh beberapa hal termasuk karena pilek, sinusitis, alergi, dan sebagainya.

Dalam mengonsumsi obat-obatan di atas sebagai cara mengatasi hidung mapet, Anda tentunya harus memperhatikan dosis.

Beberapa obat harus dikonsumsi atas saran dokter sehingga hal yang paling aman dilakukan sebelum mengonsumsi obat di atas adalah melakukan konsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *