aplikasi pengusir nyamuk
Aplikasi Pengusir Nyamuk Nakal Ini Bisa Kamu Download Sekarang Juga
05/09/2018
cara meniruskan pipi tembem
Cara Meniruskan Pipi Tembem Dengan Benar Dan Aman Dirumah
06/09/2018

Cara Menaikkan Berat Badan Bayi Dengan Cepat dan Tepat

2. cara menaikkan berat badan bayi

Cara Menaikkan Berat Badan Bayi – Sebagai orang tua, tentu ingin melihat buah hatinya tumbuh sehat dan berkembang baik. Untuk melihat hal itu, biasanya orang tua melihat dari pertumbuhan dan berat badan anak.

Umumnya anak yang sehat memiliki berat badan yang ideal atau proposional, dan biasanya berat badan bayi yang baru lahir umumnya memiliki berat antara 2,5-4,5 kg.

Berapakah Berat Badan Bayi yang Ideal?

2. cara menaikkan berat badan bayi

Perbedaan berat badan masing-masing bayi dikarenakan oleh beberapa faktor diantaranya faktor genetik, nutrisi selama masa kehamilan serta kesehatan ibu.

Jika berat badan buah hati Anda ketika baru lahir berada pada kisaran 2,5-4,5 kg maka buah hati Anda masih dalam keadaan berat yang ideal.

Akan tetapi, jika berat badannya di bawah 2,5 kg maka perlu dikhawatirkan. Jangan sampai buah hati Anda terkena gizi buruk karena kekurangan gizi.

Baca Juga  Ibu Harus Tahu, Ini Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi

Jika terjadi demikian, tentu sebagai orang tua harus mencari cara menaikkan berat badan bayi agar buah hati mendapatkan berat badan yang proposional dan sehat. Tetapi, untuk melakukan berbagai cara dalam rangka menaikkan berat badan anak perlu diperhatikan agar tidak sampai obesitas.

Untuk menaikkan berat badan bayi, meskipun terlihat mudah dan gampang rupanya sang ibu atau orang tua tidak boleh lengah. Tetap berikan nutrisi yang seimbang karena alih-alih membuat berat badan bayi jadi ideal, malah menjadikannya obesitas.

Untuk itu, setiap orang tua perlu mengenali terlebih dahulu apa kebutuhan sang buah hati dan bagaimana cara yang tepat untuk menanganinya. Gunakanlah cara yang juga tepat, tidak hanya sekedar cepat dan efektif.

2. cara menaikkan berat badan bayi

Cara Menaikkan Berat Badan Bayi dengan Cepat dan Tepat

Seperti yang Anda tahu bahwa bayi berumur 0 sampai 6 bulan, sumber utama nutrisinya berasal dari ASI. Pasalnya, pada usia 0-6 bulan, bayi memiliki sistem pencernaan yang masih lemah dan belum mampu untuk mencerna makanan yang berat.

– Berikan Asi

Oleh sebab itu, untuk cara menaikkan berat badan bayi yang berusia 0-6 bulan, Anda perlu fokus kepada kuantitas dan kualitas ASI untuk buah hati.

ASI yang memiliki kualitas nutrisi baik dan lengkap maka dapat memberikan nutrisi yang lengkap pula kepada sang buah hati.

Baca Juga  Cara Menghentikan Mimisan Anak dengan Mudah dan Praktis

Kualitas ASI yang bagus berasal dari asupan makanan yang dikonsumsi oleh ibu. Oleh sebab itu, sebagai orang tua terutama ibu harus mengkonsumsi makanan yang bergizi dan mengandung nutrisi penting seperti sayuran, buah-buahan dan juga suplemen penambah ASI.

Selain itu, dengan kuantitas pemberian ASI yang lebih sering juga akan mempercepat berat badan bayi untuk naik. Jangan ragu-ragu untuk menyusui sang anak. Berikanlah ASI pada bayi berusia 0-6 bulan setiap 2 jam sekali atau setiap kali dibutuhkan.

Tetapi, bagi sebagian orang tua mungkin ada yang sudah memberikan asupan makanan kepada buah hatinya ketika masih berumur 4 bulan.

Rupanya hal itu banyak terjadi sehingga tidak sepenuhnya diberikan ASI, melainkan juga diberikan tambahan pendukung ASI.

Sebetulnya pemberian makanan pendukung ASI untuk bayi usia 4 bulan belum diperbolehkan karena dikhawatirkan sistem pencernaannya belum siap untuk diberikan asupan makanan. Tetapi, jika bayi Anda sudah merasa sering lapar, tak mengapa jika diberikan makanan pendamping ASI.

Akan tetapi, pemberian makanan pendukung ASI tersebut harus dibatasi. Artinya hanya sekedar untuk cara menaikkan berat badan bayi saja. Jangan sampai berlebihan karena itu dapat mengakibatkan obesitas pada bayi.

– Tambahkan Nutrisi

Ketika bayi Anda sudah memasuki usia 6 bulan, maka itu adalah usia yang tepat untuk menambah berbagai nutrisi.

Pasalnya, pada usia ini bayi sudah mulai bisa diberikan asupan yang bervariasi seperti bubur, pisang dan roti.

– Berikan MPSI

Masa-masa tersebut menjadi waktu yang tepat untuk menaikkan berat badan bayi. Selain memberikan ASI, berikanlah juga makanan pendamping ASI agar berat badan bayi cepat bertambah. Jadwalkan pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) tersebut secara berkala.

Ketika bayi sudah menginjak usia 6 bulan, berikanlah MPASI atau makanan pendamping asi setiap sehari sekali dahulu. Nah jika bayi sudah mulai terbiasa dengan pemberian makanan pendamping ASI, maka Anda dapat memberikannya 2-3 kali sehari.

Baca Juga  Ciri Ciri Pria Mandul dan Penyebabnya yang Perlu Diwaspadai Pria

Seiring dengan bertambahnya usia bayi, Anda dapat meningkatkan MPASI. Dari yang awalnya hanya 6 sendok makan bertambah menjadi 10 sendok. Pasalnya, semakin usia bayi bertambah dan bayi mulai tumbuh besar maka kebutuhan asupan makanannya pun juga ikut bertambah.

– Berikan Waktu Tidur yang Cukup

Selain itu, cara menaikkan berat badan bayi yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memberikan waktu yang cukup untuk tidur. Saat tidur, maka disitulah nutrisi yang masuk ke dalam pencernaan bayi mulai bekerja sehingga pada saat itulah proses pertumbuhan bayi berlangsung.

Oleh sebab itu, seimbangkan juga antara pemberian asupan nutrisi pada bayi seperti ASI dan MPASI, aktivitas serta waktu istirahatnya agar bertumbuh dan berkembang dengan cepat dan tepat.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *