wardah untuk kulit berminyak
5 Rangkaian Produk Wardah untuk Kulit Berminyak
11/04/2019
cara menumbuhkan bulu mata
7 Cara Menumbuhkan Bulu Mata yang Mudah dan Efektif
13/04/2019

Tak Perlu Beli, Ini 8 Cara Membuat Cuka Apel Di Rumah

cara membuat cuka apel

Cara Membuat Cuka Apel – Cuka apel atau apple cider vinegar merupakan sejenis minuman yang berasal dari proses fermentasi jus buah apel. Cuka apel sering digunakan dalam beberapa resep hidangan, bahkan juga dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Cuka apel ini terkenal dengan berbagai manfaatnya untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Berbagai manfaat tersebut diperoleh dari proses fermentasi panjang yang menyisakan kandungan asam asetat, katekin, asam gallic, fosfor, magnesium, kalium dan lainnya. Proses fermentasi tersebut menjadikan cuka apel bermanfaat sebagai antioksidan dan antibakteri.

Baca Juga  Lupakan Borax, Ini Cara Membuat Slime dengan Lem Povinal

Saat ini ada berbagai merk cuka apel yang mudah di dapatkan di supermarket atau di berbagai toko online. Namun, Anda juga bisa membuat sendiri cuka apel di rumah lho. Cuka apel buatan sendiri mungkin lebih sehat dan lebih ekonomis dibandingkan yang Anda beli dari toko.

Sebagian besar cuka apel yang dijual di toko dipasteurisasi dan sangat difilter. Walaupun cuka apel yang dipasteurisasi dan difilter masih berfungsi dengan baik untuk pembersihan, namun manfaatnya tidak optimal untuk penggunaan internal dan kuliner.

cara membuat cuka apel
Tak Perlu Beli, Ini 8 Cara Membuat Cuka Apel Di Rumah

Cuka apel yang belum dipasteurisasi menyisakan bakteri yang menguntungkan dari proses fermentasi karena masih mengandung enzim, protein, asam amino, dan probiotik. Sehingga cuka apel tersebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan.

Nah ternyata sekarang Anda tidak usah membeli karena Anda bisa membuatnya sendiri dirumah, lalu bagaimana cara membuat cuka apel sendiri di rumah? Simak cara – caranya berikut ini.

1. Siapkan bahan yang diperlukan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu menyiapkan bahan – bahan yang dibutuhkan untuk membuat cuka apel, diantaranya:

• 4 buah apel
• ¼ cangkir gula pasir
• 1 liter air bersih
• Toples kaca yang berukuran besar
• Kain katun yang tipis

Baca Juga  Cara Membuat Masker Lidah Buaya Dengan 9 Bahan Campurannya

2. Cuci buah apel sampai bersih dan potong – potong

Agar cuka apel yang dihasilkan memiliki kualitas yang bagus, pilih buah apel yang masih segar dan cuci buah apel hingga bersih. Usahakan kandungan pestisida sudah tidak ada.

Setelah dicuci bersih, lalu potong – potong buah apel berbentuk dadu dengan ukuran 1 inch tanpa mengupas kulitnya. Jika Anda ingin cuka apel cepat jadi, Anda bisa memblender buah apel tersebut.

3. Rendam buah apel yang telah dipotong – potong

Cara membuat cuka apel selanjutnya yaitu masukkan apel yang sudah dipotong – potong ke dalam toples kaca kemudian rendam dengan air hingga air ketinggian air sedikit melebihi apel yang direndam. Tambahkan gula pasir yang telah disiapkan lalu aduk – aduk hingga rata. Pastikan semua bahan terendam di bawah air.

cara membuat cuka apel

4. Tutup toples dengan kain katun tipis

Tutup bagian atas toples dengan kain katun tipis dan ikat kain tersebut dengan tali atau karet. Ini dilakukan agar oksigen tetap bisa masuk ke dalam campuran bahan – bahan tersebut.

5. Diamkan rendaman apel selama kurun waktu tertentu

Setelah toples ditutup, letakkan toples di tempat hangat dan gelap. Jangan sampai terkena sinar matahari secara langsung. Diamkan rendaman tersebut selama 2 – 3 minggu. Jika dalam rendaman tersebut muncul jamur, jangan khawatir karena hal tersebut normal.

Anda cukup membuang jamur hingga habis dengan menggunakan sendok atau spatula. Usahakan saat membersihkan jamur jangan sampai tertinggal sedikitpun.

Baca Juga  Cara Membuat Masker Timun dan 7 Manfaatnya Untuk Kecantikan Wajah

6. Siapkan toples lain untuk memindahkan cuka apel

Setelah 3 minggu, buka toples rendaman apel kemudian siapkan toples lain dengan penutup. Pindahkan air cuka apel ke toples yang telah disiapkan tadi. Jika Anda masih ragu dengan jamur yang akan masuk ke toples baru, Anda bisa menyaringnya dengan kain katun tipis.

Caranya, tutup toples baru dengan menggunakan kain yang diikatkan pada toples. Kemudian tuangkan cuka apel dari toples sebelumnya ke toples baru secara perlahan – lahan. Lakukan hingga semua cairan di toples sebelumnya tersaring semua ke dalam toples baru.

7. Aduk cuka apel dan diamkan kembali dalam kurun waktu tertentu

Aduk kembali cuka apel di toples baru, lalu tutup toples dengan kain katun tipis. Letakkan kembali toples di tempat gelap dan hangat selama sekitar 6 minggu. Anda bisa memantaunya sesekali sambil mengaduk cuka apel tersebut. Ini dilakukan agar cuka semakin matang dalam proses fermentasinya.

Baca Juga  4 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cuka Apel Untuk Wajah

8. Pindahkan cuka apel yang telah terfermentasi ke dalam wadah yang Anda inginkan

Cara membuat cuka apel yang terakhir, Anda tinggal memindahkan cuka apel yang benar – benar sudah terfermentasi ke dalam wadah – wadah yang lebih kecil yang tertutup. Anda bisa menyimpan cuka apel ini di dalam lemari pendingin.

Embun Rinjani

Nama pena saya Embun Rinjani. Teruntuk para pembaca, terima kasih telah membaca tulisan – tulisan saya. Saya senang bisa berbagi informasi dan pengetahuan dengan para pembaca semuanya.

Saya memiliki hobi traveling, membaca, dan menulis. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi.

Dengan membaca, saya bisa menambah wawasan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update. Dari hobi membaca itu, saya jadi suka menulis. Semoga tulisan – tulisan saya bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *