susu kambing etawa
Manfaat Susu Kambing Etawa Dan Khasiat Susu Kambing Etawa
05/10/2018
cara mengecilkan betis
Perhatikan 12 Hal Mudah Ini Sebagai Cara Mengecilkan Betis
11/10/2018

6 Cara Membasmi Kutu Rambut Yang Bisa Dilakukan Dirumah

cara membasmi kutu rambut

Cara Membasmi Kutu Rambut – Rambut merupakan bagian terpenting dari penampilan seseorang. Pada perempuan, rambut merupakan mahkota yang perlu dijaga dan dirawat. Tetapi sebagus-bagusnya anda merawat rambut. Pernahkah kemudian terkena gangguan pada rambut anda? Dua masalah yang sering muncul menggangu ketenangan rambut adalah: ketombe dan kutu rambut.

Ketombe biasanya diawali dengan gatal-gatal pada kulit kepala. Atau kemudian rambut rontok. Penyebab utamanya biasanya karena salah menggunakan sampo, atau sering berada di luar ruangan yang bersuhu panas menyengat.

Penyakit ketombe merupakan penyakit rambut ringan yang bisa disembuhkan dengan memakai sampo yang benar. Sampo-sampo anti ketombe banyak ditemui dan dijual di pasar-pasar tradisional atau supermarket. Pembersihan ketombe juga tidak memakan waktu lama. Hanya berhitung hari.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Daun Sirsak Dirumah

Bandingkan dengan datangnya kutu rambut. Adanya kutu rambut di kepala anda bisa menjadi indikator bahwa penyakit rambut anda mulai memberat.

Apakah Penyebab Timbulnya Kutu Pada Rambut?

Kutu rambut datang ke kepala disebabkan beberapa hal. Bisa karena pembersihan rambut tidak maksimal. Atau karena anda bergaula dengan lingkungan yang kurang bersih.

Lingkungan kurang bersih bisa dibagi dua. Anda bergaul dengan teman-teman anda yang mempunyai kutu rambut di kepala mereka. Anda menginap di rumah atau kos/kontrakannya, tidur bersama dan bahkan berganti-ganti pakaian

Sementara lingkungan kedua karena lingkungan sekitar. Kos atau kontrakan anda seperti kapal pecah, baju-baju bergelantungan dan di halaman menjadi sarang nyamuk dan sarang binatang-binatang kecil lainnya.

Pembersihan kutu rambut di kepala membutuhkan waktu agak lama. Bisa hitungan hari dan bisa hitungan minggu. Itu karena kutu menjadikan rambut anda sebagai sarang. Mereka bertelur, beranak dan membangun koloni. Bagi beberapa orang yang berhijab. Karena jarangnya rambut terkena panas atau sinar matahari. Perkembangbiakan kutu rambut bisa cepat sekali.

Efek paling nyata dari rambut yang menjadi sarang kutu rambut adalah adanya rasa gatal yang terus menerus di kulit kepala. Efek ini karena kebiasaan kutu rambut menghisap darah dikepala. Sehingga menjadikan mereka parasit yang bersifat buruk bagi inangnya.

Kutu rambut menyebar di antara manusia. Sering menghinggapi anak-anak usia sekolah dasar karena faktor pertemanan. Teman sekolah anak-anak anda yang jorok, jarang membersihkan rambut dan lingkungan rumahnya kotor berpotensi menyebarkan kutu rambut.

Selain anak-anak usia sekolah. Orang dewasa juga berpotensi menyebarkan kutu rambut. Hindari tidur di kontrakan atau rumah orang dengan kutu rambut. Apalagi anda meminjam baju, celana, sisir, topi, jilbab atau malah tidur di kasurnya. Hal demikian mempercepat penularan kutu rambut dari satu orang ke orang lain.

cara membasmi kutu rambut

6 Cara Membasmi Kutu Rambut Yang Bisa Dilakukan Dirumah

Berikut cara cepat membasmi kutu rambut dari cara sederhana hingga memerlukan banyak bahan pembasmi:

1.Menggunakan sisir khusus penyapu kutu rambut

Pernahkah anda melihat sisir khusus yang sering digunakan nenek-nenek kita di kampung untuk membersihkan rambut.

Sisir serit atau dalam bahasa Jawa disebut “suri”. biasanya digunakan untuk menghilangkan kutu rambut dalam tahapan ringan. Basahi rambut anda terlebih dahulu kemudian perlahan sisir rambut searah.

2.Menggunakan minyak kelapa

Ini adalah cara paling murah dan alami. Serta bermanfaat karena minyak kelapa mengandung vitamin yang bermanfaat untuk kulit kepala. Minyak kelapa mudah didapatkan di pasar tradisional. Penggunaannya cukup mengoleskan pada rambut dan kulit kepala sebelum tidur. Gunakan penutup kepala seperti shower cap. Kemudian keesokan harinya anda tinggal membilas dengan sampo.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya dengan Mudah

3.Menggunakan asam cuka

Asam cuka bisa dibeli di pasar tradisional atau toko obat. Namun anda harus berhati-hati karena asam cuka jika mengenai mata dan luka akan menimbulkan iritasi.

Cara membasmi kutu rambut Campur asam cuka dengan minyak kelapa. Lalu oleskan pada rambut dan kulit kepala secara merata sebelum tidur. Pakailah kantong penutup rambut hingga keesokan harinya. Ketika bangun tidur anda tinggal membilas dengan shampo.

4.Menggunakan minyak zaitun

Walaupun tergolong agak mahal, namun cara membasmi kutu rambut menggunakan minyak zaitun merupakan salah satu cara aman. Karena zaitun berasal dari bahan alami dan tidak menyebabkan resiko luka. Penggunaan minyak zaitun untuk membasmi kutu rambut caranya sama. Cuman dipakai setelah anda keramas dengan sampo.

Oleskan minyak zaitun ke rambut dan kulit kepala anda secara merata. Lebih baik diaplikasikan sebelum anda tidur. Gunakan penutup kepala seperti shower cap. Kemudian keesokan harinya anda tinggal membilasnya dengan sampo.

cara membasmi kutu rambut

5.Menggunakan mouth wash atau cairan pencuci mulut.

Cairan mouth wash ini bisa dibeli di supermarket atau toko kelontong terdekat. Anda tinggal mengoleskan dan meratakan di rambut dan kulit kepala. Kemudian sambil memijat-mijat kulit kepala. Gunakan sebelum tidur dengan menggunakan penutup kepala hingga esok hari. Kemudian anda tinggal membasuhnya dengan sampo.

6. Menggunakan alkohol

Cara membasmi kutu rambut terakhir ini digunakan apabila cara di atas kurang mempan. Anda bisa menggunakan cairan alkohol dengan kadar 70 persen. Hati-hati dengan penggunaan alkohol. Karena alkohol bisa mengiritasi luka di kulit kepala dan ke dalam mata jika turun ke bawah. Anda bisa teteskan beberapa alkohol di kepala kemudian usapkan ke rambut dan kulit kepala.

Baca Juga  Cara Menggunakan Peditox Obat Pembasmi Kutu Rambut

Akan lebih baik menggunakan kapas untuk membantu meratakan di kepala. Tunggu sampai 15 menit dan kemudian sisir rambut anda dengan rambut khusus kutu (sisir serit). kutu rambut dan telurnya akan berjatuhan di lantai.

Artikel Terkait

Rianto Subandi

Hai, selamat datang di lapak inspirasi. Lapak ini adalah kumpulan inspirasi yang ditulis sembari menikmati secangkir teh manis dan sepotong senja di sore hari.

Selanjutnya, perkenalkan nama saya Rianto, menjadi blogger sejak 2009. Remah remah tulisan saya mengenai inspirasi kehidupan dapat ditelusuri di blog ini atau di kompasiana. selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *