manfaat daun insulin
4 Manfaat Daun Insulin Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui
12/04/2019
cara menumbuhkan bulu mata
7 Cara Menumbuhkan Bulu Mata yang Mudah dan Efektif
13/04/2019

Ciri Khas, dan 4 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

buah naga untuk ibu hamil

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil – Pernah melihat buah naga secara fisik? Atau mungkin anda jarang sekali mendengar apa itu buah naga? Secara fisik buah naga sebenarnya dapat dengan mudah ditemukan di berbagai pasar tradisional dan modern.

Tetapi buah ini baru familiar di mata masyarakat banyak akhir-akhir ini. Karena sebelumnya tidak terlalu banyak peminatnya dan masih menganggap buah naga khasiatnya sama saja dengan buah-buahan lainnya.

Baca Juga  5 Masker Buah Naga Untuk Menambah Kencantikan Wanita

Selain itu buah naga dahulunya juga masih terkena steorotip buah mahal dan buah orang-orang kaya. Tidak jauh beda dengan buah durian dan buah manggis saat belum terlalu terkenal di pasaran. Ketika buah durian dan manggis menjadi mudah dijangkau masyarakat banyak. Maka buah naga kemudian juga mudah dijangkau masyarakat banyak.

Ketenaran buah naga di masyarakat Indoneia juga disumbang banyak penelitian yang mengatakan bahwa buah naga mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan manusia, terutama anak-anak, ibu hamil dan juga anak masa pertumbuhan.

buah naga untuk ibu hamil

Ciri Khas Buah Naga

Bentuk buah naga sendiri awalnya tidak terlalu banyak yang tahu. Apalagi ketika mendengar kata-kata naga, yang muncul di kepala biasanya adalah berbentuk ular besar dengan kepala seperti monster.

Padahal bentuk buah naga sendiri berbentuk seperti buah kelapa, mempunyai postur yang empuk berwarna kulit merah tua dengan serabut-serabut seperti monster. Serta mempunyai buah daging berwarna putih atau buah daging berwarna ungu.

Baca Juga  Manfaat Jus Buah Naga, Si Manis yang Berkhasiat Bagi Kesehatan

Kedua buah naga berwarna daging putih maupun warna ungu sama-sama memiliki khasiat yang bagus. Itulah mengapa disarankan buah naga bisa dijadikan konsumsi snack bagi anak-anak anda usia sekolah dasar.

Serta sekalian menjadi menu pengganti buah-buahan ketika makan siang. Jadi anda bisa memvariasikan menu makan siang dari buah pisang, semangka, apel atau jus buah dengan buah naga. Buah naga juga bisa dikombinasikan ke dalam variasi salad dan juga sup buah dengan mayonnaise.

manfaat buah naga untuk ibu hamil

Luar Biasa, Inilah 4 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Selain bisa dikonsumsi oleh anak anak usia sekolah dan usia produktif. Ternyata manfaat buah naga untuk ibu hamil sangatlah banyak, Manfaat buah naga untuk ibu hamil berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Serta memberikan nutrisi bagi ibu hamil itu sendiri agar bisa mencukup asupan gizi dan mineralnya setiap hari.

Karena buah naga sendiri mengandung zat besi, serat, antioksidan, vitamin C, vitamin B1 hingga vitamin B2 Ribloflavin. Berikut beberapa manfaat buah naga untuk ibu hamil secara detail dan panjang penjelasannya:

Baca Juga  10 Manfaat Mengkonsusmi Semangka Untuk Ibu Hamil

1. Memperkuat Janin

Pertama, ibu hamil membutuhkan asupan vitamin C selama kehamilan untuk menjaga dan melindungi sel-sel, memperkuat janin, menumbuhkan kolagen di dalam susunan tulang, otot, kulit dan pembuluh darah
dalam janin.

Kesemua fungsi ini bisa dijalankan oleh vitamin C yang terkandung dalam buah naga. Manfaat buah naga bagi ibu hamil ini bisa dicapai kalau anda mengonsumsi dalam batas normal. Karena jika kelebihan vitamin C dalam masa kehamilan bisa menyebabkan kelahiran bayi prematur. Vitamin C banyak terkandung dalam berbagai buah-buahan, jadi atur konsumsi buah anda secara ketat.

2. Sumber Glukosa yang Sehat

Manfaat buah naga untuk ibu hamil yang kedua, ibu hamil membutuhkan asupan karbohidrat atau dalam bahasa ilmiahnya adalah glukosa.

Glukosa ini menjadi bahan bakar energi dan metabolisme sel-sel tubuh. Glukosa atau karohidrat ini bisa didapat dari berbagai sumber karbohidrat salah satunya buah naga.

Baca Juga  Kandungan dan 5 Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

3. Sumber Serat

Selain buah naga, ibu hamil dapat mengonsumsi nasi, roti hingga sereal untuk medapatkan sumber energi yang sesuai. Anda bisa memvariasikan makan makanan yang mengandung zat karbohidrat untuk menghindari kebosanan makanan.

Ketiga, manfaat buah naga bagi ibu hamil selanjutnya adalah memberikan sumber serat bagi saluran pencernaan ibu hamil. Sumber serta ini penting agar mencegah terjadinya sembelit serta membantu saluran pencernaan agar bisa lancar. Serta berguna dalam mengeluarkan racun-racun di pencernaan yang berpotensi menyebabkan penyakit.

Mengkonsumsi buah naga dalam bentuk cairan juga bermanfaat dalam menghilangkan dehidrasi atau kekurangan cairan. Karena ibu hamil banyak gerak dan banyak pikiran maka otomatis membutuhkan banyak asupan cairan.

Baca Juga  Selain Rasanya Lezat, Ini Manfaat Buah Sukun Untuk Kesehatan

4. Membangun Sistem Kekebalan Ibu Hamil

Keempat, buah naga mengandung zat-zat antioksidan seperti flavonoid yang berguna dalam membangun sistem kekebalan pada ibu hamil dan juga janin. Zat antioksidan ini juga berguna menangkal radikal bebas dari luar yang berpotensi masuk ke dalam sistem tubuh ibu hamil dan berpotensi menganggung kandungan.

Artikel Terkait

Rianto Subandi

Hai, selamat datang di lapak inspirasi. Lapak ini adalah kumpulan inspirasi yang ditulis sembari menikmati secangkir teh manis dan sepotong senja di sore hari.

Selanjutnya, perkenalkan nama saya Rianto, menjadi blogger sejak 2009. Remah remah tulisan saya mengenai inspirasi kehidupan dapat ditelusuri di blog ini atau di kompasiana. selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *