fungsi baking powder
Fungsi Baking Powder Dan Perbedaan Baking Soda Vs Baking Powder
07/11/2018
cara mengobati wasir dengan bawang putih
Lupakan Obat, Ini Cara Mengobati Wasir Dengan Bawang Putih Dirumah
08/11/2018

Perbandingan Biaya Hidup Di Jerman Vs Kota di JABODETABEK

biaya hidup di jerman

Biaya Hidup Di Jerman – Tahukah Kamu bahwa ternyata biaya hidup di negara Jerman tergolong biaya hidup murah dan hal ini karena Jerman menerapkan banyak subsidi silang dari pajak.

Keberhasilan Jerman menerapkan subsidi ini. Ditopang karena sistem politik yang stabil, hukum yang jelas serta pengalaman Jerman dengan negara-negara Eropa Barat lainnya.

Baca Juga  Les Bahasa Jerman Vs Belajar Otodidak, Lebih Efektif Mana?

Sistem Pemerintah Federal Jerman membuat sistem politik terkontrol dengan baik. Kebijakan-kebijakan pelayanan umum juga terkontrol. Karena parlemen dan perdana menteri di negara bagian bekerja dengan pengawasan publik.

Selain itu, sistem pajak Jerman yang tinggi pada beberapa barang. Juga menyumbang pendapatan negara. Sehingga walaupun Jerman menjadi bagian dari negara liberal. Pelayanan umum terhadap masyarakat tetap berjalan dengan baik.

Mau Kuliah Ke Jerman? Kamu Perlu Tahu Biaya Hidup Di Jerman

biaya hidup di jerman
Biaya hidup di Jerman khususnya bagi mahasiswa masih terbilang terjangkau. Hal demikian karena mahasiswa internasional (termasuk dari Indonesia) tidak dibebani dengan biaya uang kuliah dan sejenisnya yang memberatkan.

Sehingga mahasiswa internasional hanya mengeluarkan biaya hidup atau yang biasa dikenal dengan living cost. Selain itu, ada beberapa biaya administrasi kemahasiswaan di kampus yang tidak terlau besar.

Karena saking murahnya biaya sekolah dan biaya hidup tahunan di Jerman. Banyak peminat pekerja dan siswa sekolah menengah atas berminat menjadikan Jerman sebagai negara tujuan studi dan bekerja.

lasan ini bisa dibenarkan. Jika dibandingkan dengan biaya hidup kampus swasta di Jakarta saja. Biaya SPP Kuliah dan biaya hidup di Jerman tetap lebih murah walaupun anda sekolah atau bekerja menyewa apartemen sekalipun.

Akan tetapi, perlu Kamu perhatikan, bahwa Jerman terbagi atas banyak negara bagian dan kota. Negara bagian dengan penduduk padat dan kota-kota besar tentunya mempunyai gaya hidup yang tinggi, bahan makan yang agak mahal, serta biaya transportasi yang berbeda.

Sementara negara bagian dengan sedikit penduduk dan kota-kota subu-urban pedesaan. Bisa saja menawarkan bahan makanan yang lebih murah dan sewa rumah yang jauh di bawah harga kota besar.

Selain itu, satu hal yang penting menjadi kata kunci adalah: gaya hidup. Karena gaya hidup ini mempengaruhi pengeluaran anda. Semakin sederhana gaya hidupa anda. Maka semakin murah pengeluaran anda di Jerman. Sehingga membuat biaya hidup anda jauh lebih murah dibandingkan biaya normal. Bagian ini sangat penting.

Baca Juga  Ingin Kuliah Di Universitas Kedokteran di Jerman? Perhatikan Hal Ini

Karena jika anda menghabiskan banyak waktu ngopi di kafe, makan di restauran dan party bersama teman-teman. Maka biaya hidup akan terkuras dan naik drastis. Sementara hal berbeda jika anda memutuskan memasak sendiri.

Belajar menyetok bahan makanan seminggu sekali. Memilih membeli bahan makanan di grocery dan pasar di waktu-waktu diskon. Atau biasanya ada peternak-peternak yang menjual telur dan daging dengan harga murah. Serta anda menghemat pengeluaran baju dan sepatu dengan membelinya saat garage sale saja. Gaya hidup sederhana ini akan menekan pengeluran dan membuat anda bisa menabung dengan baik.

Perbandingan Biaya Hidup Di Jerman Vs Kota di JABODETABEK

biaya hidup di jerman
Agar ada gambaran mengenai biaya hidup antara Jerman dan Indonesia. Maka diambilkan sebuah perbandingan antara biaya hidup di kota menengah di Jerman dengan beberapa kota di seputaran JABODETABEK (Jakarta, Bogor. Depok, Tanggerang dan Bekasi).

Baca Juga  5 Tips Mendapatkan Beasiswa S2 Jerman Dengan Mudah Untuk Anda

1.Biaya makan dan minum di Jerman sebulan bisa 320 euro

Jika dikalikan 1 euro Rp.15.000. maka total sebulan Rp.4.800.000. Biaya hidup ini tidak jauh dengan biaya hidup di bekasi, bogor dan Jakarta. Sementara jika dihitung selama setahun akan menjadi 2.100 euro atau 4,8 juta dikalikan 12 bulan berarti: Rp.57.600.000. Bandingkan dengan biaya di kota-kota Bogor dan Jakarta selama setahun menyentuh 92 juta.

2.Sementara biaya sewa kos

Biaya sewa kosa dan kontrakan di Indonesia secara rata-rata 5 tahun saja bisa mencapai 60 juta. Bandingkan dengan biaya sewa apartemen di Jerman yang hanya 350 euro. Atau jika dikalikan Rp.15.000 maka akan menjadi: Rp.5.250.000 per bulannya saja.

3.Tambahan lagi adalah transportasi di Jerman yang memang mahal.

Tetapi jika anda termasuk dalam mahasiswa internasional. Anda bisa memanfaatkan tiket langganan bulanan yang jauh lebih murah untuk mahasiswa.

Baca Juga  Apa Saja Persiapan Menjelang SAT Test Indonesia? Ini Jawabannya

Tiket ini familiar pagi mahasiswa pengguna U-Bahn atau kereta bawah tanah. Sementara di Indonesia? Bahkan jika anda menggunakan sepeda motor. Bensin selama sebulan bisa menembus Rp.400.000. belum lagi jika anda menggunakan mobil atau angkot.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *