cara menghilangkan bekas cacar air
8 Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air Dengan Bahan Alami
28/12/2018
kegunaan propolis
23 Kegunaan Propolis Bagi Kesehatan yang Seringkali Tak Diketahui
28/12/2018

Ausbildung Adalah Program yang Bisa Membawamu ke Jerman

ausbildung adalah

Ausbildung Adalah – Banyak yang menganggap bahwa pergi ke luar negeri khususnya wilayah Eropa membutuhkan syarat yang ribet. Pergi ke luar negeri seperti negara Jerman hanya bisa dilakukan untuk para pekerja, mereka yang mendapatkan beasiswa dan memiliki banyak uang untuk berlibur. Padahal di zaman yang modern ini sudah semakin mudah lhoh untuk mendapat kesempatan bisa pergi ke luar negeri tanpa banyak biaya atau harus mengejar beasiswa.

Saat ini pemerintah Jerman dan Indonesia sudah banyak menyediakan berbagai macam program yang menguntungkan masyarakat Indonesia agar bisa pergi ke Jerman. Program Ausbildung adalah salah satu program yang dicanangkan agar masyarakat Indonesia bisa melatih ketrampilan di Jerman dengan sekolah dan bekerja.

Baca Juga  Hal Seputar Kuliah di Jerman Gratis Untuk Anda Ketahui

Program ausbildung di Jerman jika di Indonesia setara dengan Diploma 3. Banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan, selain pendidikan murid juga akan mendapatkan uang saku atau gaji setiap bulannya. Selain orang Indonesia, banyak sekali negara lain yang juga menyediakan program ini khusunya untuk negara-negara yang berada di Asia.

Mengikuti program ini maka siswa akan memperoleh keuntungan yakni praktek dan juga teori. Training akan dimulai pada bulan September setiap tahunnya, jadi bagi kamu yang berminat mengikuti program ini sebaiknya mempersiapkan diri sejak dini.

Ausbildung Adalah Program yang Bisa Membawamu ke Jerman

ausbildung jerman

Ausbildung adalah cara tercepat bagi kamu yang ingin pergi ke Jerman. Program ini tidak membutuhkan sponsor layaknya beasiswa untuk mendapatkan visa. Kamu bisa mendapatkan tawaran pekerjaan tetap apabila memiliki performa yang baik pada saat training. Bahkan apabila kamu mendapatkan nilai C+s, kamu akan diberikan kesempatan untuk bisa transfer belajar ke universitas.

Waktu yang dibutuhkan untuk mengikuti program Ausbildung adalah 2 hingga 4 tahun. Waktu yang cukup singkat apabila kamu ingin segera masuk ke dunia kerja. Berapa gaji yang akan didapatkan selama training? Upah yang didapatkan cukup tinggi yakni 900 euro dan akan terus mengalami peningkatan di tahun berikutnya bisa mencapai 1.400 euro.

Baca Juga  10 Kampus di Jerman Untuk Kuliah Berikut Keunggulannya

Jumlah gaji tersebut sudah cukup untuk memenuhi biaya hidup selama di Jerman. Selama bekerja di Jerman bersama dengan penduduk setempat kamu akan mendapatkan pengalaman berharga. Pengalaman bekerja dengan disiplin tinggi dan mandiri. Ada banyak teman dari negara lain yang bisa memperluas jaringan.

Apabila kamu masih memiliki waktu luang setelah belajar teori dan praktek, masih diperbolehkan untuk mengambil job tambahan di luar aktivitas sekolah. Kamu bisa bekerja di yayasan baik full time atau part time tergantung kesanggupan. Jadi kamu akan mendapatkan gaji pokok selama training sekaligus mendapatkan tambahan dari job sampingan.

Setelah selesai menempuh pendidikan, kamu akan mendapatkan setifikat Ausbildung internasional. Sertifikat ini nantinya bisa kamu gunakan untuk melamar ke perusahan lain sejenis di negara lain. Sifat sertifikat yang didapatkan bersifat internasional jadi bisa digunakan di mana saja.

Apa Sajakah Syarat-Syarat Mengikuti Ausbildung di Jerman?

ausbildung di jerman

Sudah tidak sabar untuk mengkuti program Ausbildung, pelajari dahulu apa saja syarat-syarat yang diperlukan untuk mendaftar. Cara mendaftar program Ausbildung adalah dengan mencari institusi atau perusahaan yang terkait. Setelah itu kamu akan mengurus surat-surat di dinas ketenagakerjaan Jerman.

Apabila permohonan dikabulkan maka kamu tinggal menunggu kontrak kerja dan mengurus visa. Jika semua berjalan lancar maka kamu bisa mulai bekerja di Jerman awal bulan September.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mengikuti program Ausbildung di Jerman. Berikut ini beberapa syarat yang dibutuhkan dalam bentuk dokumen.

• Memiliki sertifikat bahasa Jerman

Bagi kamu yang belum menguasai bahasa Jerman segera ikuti kursus. Dapatkan sertifikat bahasa Jerman setelah lulus kursus dan mengikuti tes minimal B1-B2. Ini adalah syarat yang wajib dipenuhi dan akan menjadi pertimbangan besar baik itu perusahaan penerima dan dinas ketenagakerjaan Jerman.

Penguasaan bahasa Jerman baik itu lisan dan tulisan sangat dibutuhkan sebagai pembuktian bahwa kamu layak mengikuti kegiatan belajar di sana. Bahkan akan lebih mudah bagi kamu melakukan interaksi selama tinggal di sana. Kamu bisa mengikuti kursus bahasa Jerman sekaligus kemudahan mengikuti tes melalui virtueducation.org. Di sana kamu akan dibimbing untuk bisa lulus dalam tes sertifkat B1-B2.

• Sertifikat kerja

Jika kamu adalah lulusan SMK dan mendapatkan sertifikat kerja akan menjadi nilai tambah yang dilihat oleh perusahaan atau institusi perekrut. Tentu saja sertifikat kerja sebelumnya harus terkait dengan bidang Ausbildung di Jerman yang tersedia. Bidang-bidang ini meliputi, perhotelan, resort, restaurant, dan keperawatan.

Baca Juga  Sudahkah Mengambil Tes TOEFL Jakarta Sekarang? dan Ini Bentuk 4 Tesnya

• Ijazah

Kamu juga perlu menyertakan ijazah lulus SMA atau SMK yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Jerman. Penerjemah ijazah ini juga bukan sembarangan, harus dengan penerjemah yang tersumpah. Jadi kamu tidak bisa menerjemahkannya sendiri. Jangan lupa juga dengan transkrip nilai yang juga telah diterjemahkan.

Apabila ketiga dokumen ini sudah lengkap maka bisa langsung dikirim ke perusahaan yang kamu lamar. Di Indonesia yayasan yang menangani program Ausbildung di Jerman adalah Yayasan Aupair Indonesia Jerman (YAIJ). Jadi semua prosesnya aman dan bukan ilegal.

Artikel Terkait

Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *