efek samping daun binahong
Efek Samping Daun Binahong yang Berbahaya dan Harus Diwaspadai
02/10/2018
amoxilin obat apa
Amoxilin Obat Apa dan Apa Kegunaan Obat Amoxilin?
02/10/2018

Apa Itu Pap Smear? Pap Smear Adalah Penting Bagi Wanita, Ini Syaratnya

pap smear

Apa Itu Pap Smear – Kanker serviks masik menjadi ‘momok’ yang menakutkan bagi wanita. Pasalnya kanker serviks menyerang wanita dan banyak menyebabkan kematian akibat penyakit tersebut. Berdasarkan data dari Yayasan Kanker Indonesia (YKI), setiap tahun terdapat kasus kanker serviks tidak kurang dari 15.000 kasus yang masuk ke database mereka.

Pada umumnya, gejala awal kanker serviks tidak memiliki gejala yang khas sehingga kanker serviks baru bisa diketahui ketika kanker ini memasuki tahap lanjutan.

Untuk meminimalisir kematian akibat kanker serviks maka digunakanlah pap smear sebagai pendeteksi dini penyakit kanker serviks. Dengan dilakukannya pap smear, penyakit kanker serviks dapat segera diantisipasi dan ditangani sebelum terlambat.

Apa Itu Pap Smear? Pap Smear Adalah Tes Penting Bagi Wanita

Pernahkah Anda mendengar istilah pap smear? Apa itu pap smear? Mungkin Anda pernah mendengar istilah apa itu pap smear adalah tetapi Anda belum tahu mengenai seluk beluk pap smear. Pap smear adalah sebuah tes kesehatan yang dilakukan untuk memeriksa kondisi sel – sel pada serviks dan vagina.

Pap smear adalah metode screening ginekologi yang dicetuskan oleh seseorang bernama Georgios Papanikolaou. Tujuan utama pap smear ini untuk mendeteksi dini kemungkinan adanya sel – sel yang bisa berkembang menjadi kanker ataupun sel – sel yang sudah menjadi kanker leher rahim (serviks).

Baca Juga  Ciri Ciri Kanker Serviks Yang Wajib Anda Waspadai

Umumnya apa itu pap smear dianjurkan setiap 3 tahun sekali. Tetapi jika terdapat risiko seperti adanya potensi sel – sel kanker, infeksi HPV, infeski HIV, paparan Dietilstillbestrol, maka frekuensi pelaksanaan pap smear bisa lebih sering.

pap smear adalah

Gejala – gejala yang mendorong dokter menyarankan untuk melakukan pap smear adalah sebagai berikut:

– Adanya kemerahan pada vagina.

– Adanya rasa gatal pada vagina.

– Adanya rasa nyeri saat buang air kecil dan saat melakukan hubungan seksual.

– Terdapat bau yang tidak biasa pada vagina.

– Terdapat luka, ruam, benjolan, lecet atau kutil pada area di sekitar vagina.

– Adanya pembengkakan.

– Adanya keputihan yang berlebihan.

– Adanya perubahan pada warna, bau ataupun tekstur pada keputihan yang berbeda dari biasanya.

Syarat Pap Smear

Siapa saja sih yang harus melakukan pap smear lalu apa sajakah syarat pap smear? Dokter menganjurkan para wanita yang sudah memenuhi syarat pap smear untuk melakukan pemeriksaan pap smear.

Berikut ini beberapa syarat pap smear yang membolehkan seseorang untuk melakukan pap smear, diantaranya:

1. Wanita berusia 21 – 65 tahun

Jika Anda seorang wanita yang berusia antara 21 tahun – 65 tahun, maka syarat pap smear harus melakukan pap smear dan tes HPV.

2. Wanita yang sedang aktif secara seksual

Bagi Anda yang sudah melakukan aktivitas seksual seperti fingering, petting, oral dan penetrasi, Anda harus melakukan tes pap smear rutin tanpa memerdulikan berapa usia Anda. Hal ini dikarenakan virus HPV penyebab kanker serviks dapat menyebar melalui kontak seksual.

Itulah sebabnya mengapa wanita yang sudah aktif secara seksual harus melakukan pap smear. Seringkali wanita yang belum aktif secara seksual tidak disarankan untuk melakukan pap smear.

3. Wanita yang pernah aktif secara seksual

Wanita pernah melakukan hubungan seksual walaupun hanya sekali dapat berisiko tertular virus HPV. Virus HPV bisa diam dan bertahan selama 10 tahun sebelum menjadi kanker serviks. Sehingga wanita yang hanya sekali melakukan hubungan seksual harus tetap melakukan pap smear.

4. Wanita yang memiliki satu pasangan ataupun yang bergonta – ganti pasangan

Wanita yang pernah sekali berhubungan seksual saja dapat berisiko tertular virus HPV, apalagi yang bergonta – ganti pasangan. Wanita yang bergonta – ganti pasangan memiliki risiko lebih besar terkena virus HPV sehingga perlu melakukan tes pap smear.

5. Wanita yang memiliki serviks

Setiap wanita pasti memiliki serviks atau leher rahim. Jadi, bagi wanita yang sudah pernah melakukan aktivitas seksual harus melakukan pap smear.

apa itu pap smear

Persiapan Pap Smear

Ada hal – hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan sebelum melakukan pemeriksaan pap smear. Beberapa hal yang harus dipersiapkan diantaranya:

– Ketahuilah siklus haid atau menstruasi Anda. Hal ini dikarenakan pemeriksaan pap smear dilakukan ketika Anda tidak sedang haid.

– Tidak melakukan hubungan seksual selama 2 hari sebelum pemeriksaan dilakukan.

– Tidak menggunakan alat kontrasepsi seperti krim atau jeli, obat – obatan vagina dan lainnya selama 2 hari sebelum melakukan pemeriksaan dikarenakan alat tersebut dapat mengaburkan sel – sel abnormal.

Baca Juga  Ketahuilah Cara Menghitung Masa Subur Setelah Haid Dengan Mudah

– Anda perlu mengosongkan kandung kemih Anda sebelum melakukan pemeriksaan agar Anda merasa nyaman.

– HIndari membersihkan vagina menggunakan douche paling tidak 3 hari sebelum tes pap smear.

Hal – hal yang harus Anda perhatikan dan sampaikan ke dokter pada awal pemeriksaan pap smear diantaranya:

– Pemeriksaan ini merupakan tes pap smear Anda yang pertama.

– Anda sedang hamil atau ada kemungkinan hamil.

– Adanya masalah reproduksi atau saluran kemih yang Anda miliki.

– Penggunaan alat kontrasepsi.

– Anda pernah menjalani operasi yang berkaitan dengan vagina, leher rahim, rahum ataupun vulva.

Pelaksanaan Tes Pap Smear

Sebelum memulai pemeriksaan ini, dokter akan meminta Anda untuk melepaskan pakaian dari area pinggang ke bawah. Kemudian Anda akan diminta untuk berbaring dengan posisi kaki diletakkan pada bantalan yang telah disediakan. Anda disarankan untuk berbaring dengan posisi serileks dan senyaman mungkin.

Selanjutnya dokter akan memulai pemerksaan menggunakan alat yang sudah diberi pelumas untuk merenggangkan dinding vagina dan membuka akses menuju leher rahim.

Kemudian dokter akan mengambil sampel dari sel – sel leher rahim menggunakan cytobrush, kapas dan spatula. Sampel inilah yang akan dicek dan diteliti di laboratorium.

Tips Sebelum Melakukan Pap Smear

Beberapa wanita merasa enggan melakukan pemeriksaan pap smear karena merasa malu dan tindakan pap smear membuat rasa tidak nyaman. Jika Anda khawatir mengenai hal tersebut, sebaiknya Anda mencari dokter yang membuat nyaman Anda atau dokter yang sudah Anda kenal. Ketika Anda merasa nyaman, maka saat melakukan tes pap smear, Anda akan lebih rileks.

Baca Juga  Ketahuilah Cara Menghitung Masa Subur Setelah Haid Dengan Mudah

Beberapa wanita memiliki vagina yang sempit atau vagina yang sensitif dan mudah iritasi. Oleh karena itu diperlukan kondisi yang serileks mungkin. Jika Anda gugup saat melakukan tes pap smear, hiruplah nafas dan hembuskan serta lemaskan otot – otot Anda.

Artikel Terkait

Embun Rinjani

Nama pena saya Embun Rinjani. Teruntuk para pembaca, terima kasih telah membaca tulisan – tulisan saya. Saya senang bisa berbagi informasi dan pengetahuan dengan para pembaca semuanya.

Saya memiliki hobi traveling, membaca, dan menulis. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi.

Dengan membaca, saya bisa menambah wawasan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update. Dari hobi membaca itu, saya jadi suka menulis. Semoga tulisan – tulisan saya bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *