cara membuat pipi tembem
5 Cara Membuat Pipi Tembem dengan Gerakan Olahraga
15/01/2019
manfaat buah srikaya
12 Manfaat Buah Srikaya Salah Satunya Mencegah Penuaan Dini
15/01/2019

Apa Itu OCD ? dan Apa Sajakah Jenis-Jenis OCD?

apa itu ocd

Apa itu OCD?

Apa Itu OCD – Obsessive-compulsive disorder (OCD) adalah sebuah keadaan dimana seseorang akan merasa tidak nyaman dan memiliki pikiran-pikiran yang tidak diinginkan. Beberapa kasus juga akan membuat seseorang memikirkan sesuatu dan terobsesi akhirnya membuat mereka melakukan apa yang dipikirkan.

Kegiatan yang berulang karena ketidaknyamanan seperti mencuci tangan, mengecek barang secara terus menerus atau kegiatan sehari-hari lainnya yang biasa dilakukan. Banyak orang fokus mengenai OCD adalah kegiatan yang terus menerus diulang dan bukan untuk membuat sesuatu menjadi lebih mudah.

Bagi orang yang terkena OCD, pikiran mereka selalu sama dan tidak melakukan kegiatan yang mereka inginkan akan mengganggu pikiran. Beberapa orang juga akan merasakan ketegangan karena tidak melakukan kegiatan tersebut.

Baca Juga  Awas, Inilah Ciri Ciri Psikopat dan Pertanyaan Untuk Mendeteksi Psikopat

Banyak orang yang diketahui mengidap OCD, mengetahui bahwa obsesi mereka terhadap apa yang ingin dilakukan adalah hal tidak benar. Namun beberapa orang lainnya justru menganggap itu adalah benar. Walaupun mereka mengetahui bahwa obsesi mereka tidak benar dan orang yang memiliki OCD akan sulit mempertahankan fokus dan tetap ingin melakukan obsesi mereka.

Diagnosis dokter pada seseorang yang memiliki OCD biasanya akan melakukan pengamatan selama lebih dari satu jam, apakah penderita OCD ingin melakukan obsesi mereka. Penyebab timbulnya OCD pada seseorang bisa disebabkan oleh stress and masalah terhadap pekerjaan, sosial atau fungsi penting yang lainnya.

Di Amerika 1,2% orang dewasa memiliki OCD, namun OCD bisa diderita oleh siapa saja memulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Biasanya gejala akan muncul pada umur 19 tahun.

Apa Sajakah Jenis-Jenis OCD?

jenis ocd
Bagi Anda yang memulai merasakan memiliki obsesi terhadap sesuatu kegiatan biasa maka sebaiknya segera periksa ke dokter dan mengecek apakah saya OCD? Berikut ini beberapa contoh ciri-ciri ketika seseorang mengalami OCD:

– Takut bakteri

Jangan remehkan kegiatan mencuci tangan. Jika keinginan mencuci tangan sering muncul terlebih menggunakan sabun antibakteri menimbulkan keinginan untuk membuat tangan bersih atau takut akan bakteri. Ketakutan akan bakteri membuat orang tidak ingin makan di kantin, bersalaman dengan orang lain dan tidak mau menggunakan toilet umum.

– Takut akan keberadaan orang asing

Kasus OCD juga sering menimbulkan seseorang takut akan keberadaan orang asing dimana dia berada. Mengecek adalah kebiasaan yang akan dilakukan penderita. Misalnya mengecek pintu dan jendela secara berkala, mengecek apakah kompor dan setrika sudah dimatikan.

Baca Juga  Mengenal 4 Fase Menstruasi Yang Terjadi Pada Wanita

Beberapa akan sering menyalakan kemudian mematikan lampu. Jika sudah masuk ke dalam tahapan yang cukup parah seseorang akan menghindari ruangan luas yang sepi seperti lapangan indoor dan kolam renang. Jika dibiarkan terus menerus akan membuat menghindari kolega bahkan keluarga anda lebih suka menyendiri.

– Gangguan penimbunan

Kebanyakan masalah ini sering terjadi pada seseorang yang sudah tua dan pelupa dan pikun. Mereka akan suka menimbun benda yang tidak terpakai dan bisa dibilang sampah di dalam rumah atau kamar.

Banyak barang yang tidak berguna seperti plastik permen, tutup botol, barang-barang rusak dan rongsokan yang sudah tidak berfungsi. Mereka akan memegang barang-barang tersebut dengan kencang dan tidak ingin melepaskannya.

apa itu ocd

– Menghitung angka

Keinginan kuat untuk menghitung terus menerus juga merupakan salah satu OCD. Banyak hal yang ingin dihitung tanpa henti, misalnya menghitung angka sebuah halaman pada buku, membaca setiap kata berulang dalam buku. Ketika berjalan naik dan turun tangga mereka akan sering menghitung langkah.

Mengetahui apa itu OCD akan membuat para penderita tidak nyaman dalam kehidupannya. Khususnya untuk masalah kekurangan fokus. Ada beberapa pengobatan yang bisa dilakukan terhadap penderita OCD yakni dengan terapi.

Terapi adalah cara yang paling efektif digunakan, pada saat treatment pasien akan diperkenalkan dengan situasi yang menimbulkan ketidaknyamanan. Keadaan tersebut akan memancing mereka untuk melakukan OCD.

Baca Juga  Kenali Apa Itu Vertigo, Ciri Ciri Vertigo dan Cara Mengobati Vertigo

Apabila treatment ini dilakukan terus menerus dan pasien akan melakukan kegiatan yang mereka inginkan justru akan mengurangi lama kelamaan. Mereka akan sadar melakukan kegiatan tersebut justru membuat waktu mereka habis.

Teknik ini biasanya berhasil pada pasien yang fokus terhadap situasi terus menerus, Bagi pasien yang takut terhadap sesuatu yang ada dalam pikiran, biasanya terapis akan menceritakan keadaan yang mereka takutkan. Imajinasi yang diberikan oleh terapis akan menuntun pasien memiliki pemikiran yang lebih terbuka.

Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *