ciri ciri kista pada wanita
Wajib Tahu, Ini Ciri Ciri Kista Berdasarkan Tempat Tumbuhnya
02/04/2019
cara memutihkan gigi alami dan permanen
6 Cara Memutihkan Gigi Alami dan Permanen Serta Cara Mencegahnya
04/04/2019

Apa Itu Diet Keto? Dan 4 Hal yang Diperhatikan Saat Diet

apa itu diet keto

Apa Itu Diet Keto – Jika anda sedang tertarik untuk melakukan diet. Karena anda sedang terobsesi untuk menurunkan berat badan, atau sedang proses menjaga asupan nutrisi dan juga berencana melakukan diet khusus.

Misalnya diet keto. Maka anda perlu memperhatikan beberapa hal yang berkaitan dengan kelebihan dan kekurangan diet.

Apa Itu Diet Keto

apa itu diet keto
Diet keto atau biasanya disebut dengan diet ketosis adalah salah satu jenis diet yang memaksa tubuh manusia untuk mengurangi asupan karbohidrat. Dengan memberikan asupan lemak dengan banyak dan protein dalam kondisi sedang.

Sehingga tubuh akan memaksa mengubah lemak menjadi keto untuk energi tubuh, akan tetapi kondisi ini adalah kondisi mengubah tubuh menjadi seperti pada penderita diabetes tipe 1 atau biasa disebut ketoasidosis. Tetapi bedanya adalah anda berada dalam fase ringan.

Baca Juga  Wajib Konsumsi 10 Makanan Penurun Kolesterol Dalam Menu Diet

Akan tetapi apakah fase ringan ini memberikan jaminan? Walaupun beberapa studi memberikan hasil akhir bahwa diet keto aman dan efektif dalam menurunkan berat badan. Namun dunia medis menghimbau agar anda melakukan diet keto di bawah pengawasan dokter. Karena jika tidak berhati-hati nantinya dapat membahayakan nyawa anda.

Catat, Ini 3 Hal yang Diperhatikan Saat Diet

cara diet keto
Jika anda sedang melakukan program diet ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal yang penting, lalu apa sajakah itu? berikut di bawah ini adalah ulasannya

1. Jangan meninggalkan asupan nutrisi dan gizi

Pertama, jangan sampai anda terlalu terfokus pada diet khusus sehingga meninggalkan asupan-asupan nutrisi dan gizi.

Karena jika terlalu fokus dengan makanan dan minuman yang berkaitan dengan diet khusus dan melupakan asupan gizi dan nutrisi lainnya. Dikhawatirkan anda bisa terkena gejala kekurangan nutrisi dan gizi.

Baca Juga  4 Manfaat Seledri Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

2. Jangan lupa lakukan pola hidup sehat

Kedua, jangan hanya mengandalkan pada diet khusus saja. Untuk mencapai program penuruan berat badan yang anda inginkan. Atau mengejar target proporsional badan yang sehat yang anda inginkan. Karena jika terlalu terfokus pada diet khusus saja.

Bisa membuat anda melupakan porsi-porsi penting lainnya dalam mendukung program tubuh sehat. Misalnya mengonsumsi air sehari minimal 1,2 liter.

Konsumsi air ini sangat penting. Selain bermanfaat untuk menjaga asupan air yang normal dalam tubuh sehari-hari. Air juga bermanfaat dalam membantu metabolisme dan menjaga ginjal anda tetap sehat. Kekurangan air dapat membuat ginjal anda bermasalah. Jadi jangan lupakan konsumsi air sehari-hari ketika anda menjalani program diet khusus.

Kemudian selain mengonsumsi air secara rutin sehari-hari. Anda juga jangan meninggalkan olahraga rutin. Minimal sepekan sekali. Sekedar untuk menjaga aliran dalam tubuh anda normal dan bisa melemaskan otot-otot anda.

Serta memastikan asupan oksigen dan nutrisi dapat seimbang ke seluruh tubuh. Menjalankan diet program khusus biasanya akan memaksa tubuh anda untuk kekurangan gizi tertentu dan membuat tubuh jadi tidak seimbang. Olahraga teratur dapat menyeimbangkan distribusi nutrisi dan gizi.

3. Jangan kekurangan karbihidrat

Selajutnya, jika anda berminat dengan program diet khusus bernama apa itu diet keto. Maka anda harus perhatikan. Bahwa diet keto adalah diet dengan cara menurunkan asupan karbohidrat dalam menu makan sehari-hari.

Dengan menggantinya dengan menaikkan asupan lemak dalam menu makan sehari-hari. Diet ini kabarnya mampu menurunkan berat badan secara cepat dan terstruktur. Tetapi memiliki kelemahan dan kontroversi.

Baca Juga  4 Senam Menurunkan Berat Badan Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Apa penyebabnya? Karena dengan berkurangnya karbohidrat di dalam tubuh. Tubuh akan kekurangan glukosa. Salah satu kompone penting dalam memberikan tenaga bagi tubuh. Sehingga anda perlu berhati-hati ketika menjalani program diet keto ini.

Selain bisa mencapai target penurunan berat badan sesuai yang anda inginkan. Diet keto ternyata juga menyimpan resiko bagi kesehatan anda. Apakah resiko ini terbilang kecil? Tidak juga, mengurangi asupan karbohidrat di dalam asupan makanan kita. Akan membuat tubuh memerlukan energi lebih dari protein dan lemak yang ada di dalam tubuh kita.

Rianto Subandi

Hai, selamat datang di lapak inspirasi. Lapak ini adalah kumpulan inspirasi yang ditulis sembari menikmati secangkir teh manis dan sepotong senja di sore hari.

Selanjutnya, perkenalkan nama saya Rianto, menjadi blogger sejak 2009. Remah remah tulisan saya mengenai inspirasi kehidupan dapat ditelusuri di blog ini atau di kompasiana. selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *