Gaya Rambut Morisey Terpopuler Tak Lekang Oleh Waktu
07/08/2018
Tes Buta Warna Tersulit Untuk Mendeteksi Jenis Buta Warna
08/08/2018

Kenali 4 Ciri Ciri Asam Lambung Kumat

ciri ciri asam lambung kumat

Ciri Ciri Asam Lambung Kumat – Penyakit asam lambung biasa disebut gastroesophageal reflux disease (GERD). Kondisi naiknya asam lambung ke kerongkongan atau esofagus biasanya ditandai dengan mual serta dada akan terasa nyeri ataupun terbakar.

Hal tersebut terjadi karena otot yang berada di bagian bawah esofagus melemah. Di samping itu, kandungan asam yang berada di dalam lambung meningkat. Kadar asam normal dalam lambung seharusnya berada pada level keasaman 1.5 hingga 3.5 PH.

Sebenarnya, keberadaan asam lambung sendiri sangat dibutuhkan tubuh. Asam lambung memiliki fungsi sebagai pemusnah bakteri yang masuk ke dalam lambung. Selain itu, asam lambung juga dapat membantu dalam pembentukan protein enzim pencernaan serta menstabilkan kandungan gula.

Namun, jika level keasaman jauh diatas normal, maka hal ini dapat menyebabkan timbulnya masalah perut. Sehingga, penderita akan merasa tidak nyaman pada area perut bagian atas.

Asam lambung sendiri dapat disebabkan karena beberapa hal. Penyebab asam lambung bisa saja karena stres, faktor keturunan, obesitas, pola makan serta konsumsi makanan yang tidak sesuai, efek samping obat, maupun penyakit.

asam lambung

Ciri-Ciri Asam Lambung Naik

Naiknya asam lambung ke dada hingga kerongkongan menjadi hal yang sering sekali dialami. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui ciri ciri asam lambung kumat. Dengan begitu, Anda akan mudah melakukan penanganan serta pengobatan yang cepat dan tepat.

Ciri ciri asam lambung kumat memanglah terlihat sepele. Namun, jika tidak segera ditangani dengan tepat, maka dapat menyebabkan komplikasi hingga mengancam keselamatan penderitanya. Oleh karena itu, penting sekali untuk lebih waspada terhadap beberapa gejalanya.

Ada beberapa ciri asam lambung kumat yang mudah sekali dikenali. Asam lambung naik biasanya ditandai dengan perih yang sangat hebat di area ulu hati disertai dada terasa terbakar, perut mual, mulut terasa pahit atau asam, dan lain sebagainya. Untuk lebih lengkapnya, ciri asam lambung kumat akan kami ulas secera rinci satu per satu.

Baca Juga  Macam-Macam Buah Penurun Tensi Lezat dan Murah

Nyeri disertai rasa terbakar pada dada

Sesuai dengan namanya, asam lambung ini mengalami gejala reflux. Reflux merupakan suatu kondisi asam lambung dari daerah lambung akan naik menuju kerongkongan atau bahkan hingga mulut. Akibatnya, bagian dada akan terasa sakit dan perih.

Umumnya, beberapa orang sering kali terkecoh dan menganggap ini sebagai serangan jantung. Padahal, jika dibandingkan dengan nyeri akibat serangan jantung, rasa nyeri ini akan terasa lebih sakit saat membungkuk atau selesai makan.

Selain itu, kondisi nyeri akibat naiknya asam lambung juga akan menimbulkan efek panas dan terbakar pada area yang dilewati oleh naiknya asam lambung. Salah satu bagian yang sering kali mengalami gejala ini yaitu bagian dada.

Mulut terasa pahit

Ketika asam lambung naik, maka zat asam yang dihasilkan lambung akan menyebar ke bagian belakang kerongkongan. Akibatnya, akan menimbulkan sensasi rasa asam atau pahit di mulut. Kondisi ini juga dapat membuat penderitanya terasa tersedak atau ingin muntah.

Gejala ini umumnya datang pada malam hari ketika sedang beristirahat ataupun berbaring. Kondisi ini biasanya disebabkan konsumsi makanan berlebih ataupun konsumsi makanan pedas pada waktu makan yang tidak tepat.

Untuk meredakan gejala ini, Anda dapat mengonsumsi obat-obatan penetral asam lambung. Obat-obatan tersebut memiliki golongan omeprazol dan cimetidine. Umumnya, beberapa orang mengonsumsi obat Antasid untuk meredakan gejala ini.

Perut terasa mual dan kembung

Salah satu efek lanjutan dari naiknya asam lambung yaitu perut akan terasa mual dan kembung. Rasa mual yang muncul biasanya akan terjadi karena adanya rasa perih dan nyeri pada bagian lambung. Akibatnya, bagian lambung seolah-olah terasa begah dan kembung.

Umumnya, rasa mual yang ditimbulkan gejala ini terjadi setelah mengonsumsi makanan yang bersifat asam. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya Anda mengonsumsi obat antasida yang berfungsi untuk menetralkan asam lambung.

Baca Juga  Awas, Hindari 4 Daftar Makanan Penyebab Usus Buntu Ini

Bersendawa secara terus menerus

Seseorang yang menderita penyakit asam lambung umumnya akan bersendawa secara terus-menerus saat asam lambung naik ke dada atau kerongkongan. Terkadang gejala ini juga disertai dengan rasa mual dan ingin muntah.

Demikian ciri ciri asam lambung kumat yang seringkali dialami oleh seseorang. Jika Anda merasakan beberapa ciri di atas, segeralah diatasi dan diobati dengan serius. Dengan bagitu, hal-hal buruk yang disebabkan penyakit ini dapat dihindari.

Dalam tahap ringan, penyakit ini dapat diatasi dengan cara yang sederhana. Anda dapat mengubah menu makan dan mengonsumsi obat-obatan yang dapat meredakan nyeri.

Namun jika kondisi yang dialami sudah parah dan sering kali terjadi, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Hal yang harus selalu Anda ingat yaitu jangan pernah menyepelekan penyakit ini. Karena jika dibiarkan berlarut-larut tanpa penanganan yang tepat, maka besar kemungkinan untuk terjadi komplikasi serius bahkan bisa juga menimbulkan kematian.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *