Tips Makan Menu Buffet Di Restoran All You Can Eat

Sumber Gambar

Nasikotakindonesia.com – Mungkin belum banyak yang tahu jika sebenarnya penyajian makanan secara prasmanan atau yang juga disebut buffet ternyata sudah ada sejak abad ke 12. Cara penyajian makan yang menghadirkan banyak macam jenis makanan di sebuah meja panjang ini pertama kali dilakukan oleh para bangsawan dan cendekiawan Perancis. Namun pada masa itu menu buffet yang disediakan hanya untuk makanan ringan atau dessert saja.

Seiring berkembangnya waktu, penyajian makanan secara prasmanan ini pun mulai diadaptasi oleh banyak negara, termasuk Indonesia. Namun bedanya saat ini menu buffet yang disediakan secara prasmanan tidak hanya sebatas menu dessert saja, namun juga main course (makanan utama). Di Indonesia sendiri biasanya kita dapat menjumpai penyajian menu buffet ini pada acara resepsi catering pernikahan yang memilih menggunakan jasa layanan catering prasmanan. Selain itu, kini di berbagai kota besar di Indonesia juga mulai marak restoran buffet yang juga menyediakan banyak contoh menu buffet dengan konsep all you can eat (AYCE).

Tentu saja hadirnya restoran buffet ini sangat menarik bagi masyarakat pada umumnya, karena kita bisa menikmati berbagai menu buffet yang disajikan sepuasnya. Namun, beberapa kesalahan saat menyantap menu buffet membuat perut menjadi cepat kenyang, padahal masih banyak menu lain yang belum kita cicipi. Hal ini pun pastinya sering membuat kita menyesal karena tidak bisa menikmati contoh menu buffet lainnya. Nah, supaya hal ini tidak Anda alami di kemudian hari, yuk coba simak beberapa tips menyantap menu buffet agar bisa menikmati lebih banyak jenis makanan yang dihidangkan.

Memilih Menu Buffet untuk Makan Siang

Sumber Gambar

Jika Anda ingin makan menu buffet di restoran all you can eat, sebaiknya pilihlah untuk acara makan siang dibandingkan makan malam. Sebab biasanya menu buffet untuk makan siang memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan menu untuk makan malam. Selain itu jika Anda makan menu buffet sepuasnya di siang hari maka biasanya masih ada banyak aktivitas yang dilakukan setelah menimbun banyak kalori. 

Menggunakan Pakaian yang Nyaman

Salah satu alasan bagi orang-orang untuk makan di restoran all you can eat adalah ingin menikmati menu buffet yang lezat sepuasnya. Nah, jika Anda ingin tetap bisa makan banyak dengan tenang maka pastikan untuk menggunakan pakaian yang nyaman dan longgar. Menggunakan pakaian yang ketat hanya akan membuat Anda merasa tidak nyaman sesudah makan banyak makanan. Jika menggunakan pakaian yang longgar Anda tetap bisa bernapas dengan nyaman, dan perut yang membuncit setelah makan banyak pun masih dapat disembunyikan.

Berolahraga Sebelum Makan Menu Buffet

Dengan berolahraga maka akan membuat metabolisme tubuh bekerja lebih efektif. Selain itu makanan yang dinikmati setelah berolahraga juga bisa diolah tubuh dengan cepat, sehingga Anda pun bisa tetap makan banyak menu buffet. Pastikan juga saat akan makan menu buffet kondisi perut tidak dalam kondisi sangat lapar, ya. Sebab perut yang sudah terlanjur lapar hanya akan membuat ukuran perut menjadi lebih kecil. Jika ukurannya lebih kecil, porsi makanan yang bisa dinikmati pun jadi lebih kecil.

Cari Tahu Menu Buffet Apa Saja yang Tersedia

Tips lain untuk menyantap menu buffet adalah dengan mencari tahu contoh menu buffet apa saja yang disediakan. Dengan memperhatikan menu makanan apa saja yang disajikan Anda dapat mengetahi apa saja menu yang ingin dinikmati, serta tempat menu tersebut. Jadi, saat akan kembali mengambil makanan Anda tidak perlu repot mencari lokasi menu yang diinginkan, sehingga lebih menghemat waktu juga. Sebab seperti yang diketahui biasanya restoran yang menyediakan menu buffet AYCE memiliki aturan batas waktu makan untuk setiap konsumennya.

Prioritaskan Menu Buffet Mewah

Sumber Gambar

Restoran yang menyediakan service menu buffet all you can eat pada umumnya akan menyajikan menu pendamping seperti appetizer dan juga dessert. Namun agar perut tidak merasa cepat kenyang hindari makan menu appetizer dalam jumlah banyak. Kemudian segeralah menuju menu utama. Untuk memilih menu utama pilihlah menu buffet yang tergolong mahal seperti menu buffet dengan olahan daging maupun seafood. Jangan sampai menu buffet mewah tersebut terlewatkan hanya karena Anda sudah kekenyangan.

Cicipi Semua Menu Buffet Dalam Porsi Kecil

Contoh menu buffet yang disajikan oleh restoran all you can eat biasanya ada terdiri dari banyak jenis menu utama. Agar tidak menimbulkan kesan rakus, serta dapat menentukan menu yang paling lezat maka Anda bisa mencicipi semua menu yang disediakan dalam porsi kecil terlebih dahulu. Sebab jika Anda gelap mata sebelumnya dan mengambil beberapa makanan dalam jumlah banyak, bisa-bisa perut akan terasa penuh lebih dulu sebelum mencicipi hidangan yang lebih lezat.

Pilih Menu Buffet yang Disuka

Setelah mencicipi seluruh contoh menu buffet yang disajikan, Anda pun bisa menentukan makanan mana yang paling disukai. Setelah tahu mana menu buffet yang ingin dimakan dalam porsi banyak, Anda pun bisa mengambil makanan yang disuka dalam porsi sebesar apapun. Tapi pastikan porsi tersebut bisa Anda habiskan, ya. Selain agar makanannya tidak terbuang percuma, beberapa restoran all you can eat juga memiliki kebijakan dengan mengenakan biaya tambahan untuk makanan yang sudah diambil namun tidak dihabiskan oleh konsumen.

Batasi Konsumsi Nasi

Restoran yang menyajikan service buffet all you can eat selalu menyajikan berbagai macam menu buffet yang mungkin belum pernah Anca coba sebelumnya. Jadi apabila Anda ingin mencicipi banyak makanan, pastikan untuk tidak makan nasi terlalu banyak agar perut tidak cepat kenyang. Selain nasi, hindari juga contoh menu buffet pendamping berkabohidrat lainnya seperti pasta, mie dan juga roti.

Menu makanan tersebut dibuat dengan harga yang murah, dan dapat membuat perut cepat kenyang. Biasanya menu buffet berkabohidrat tersebut dilettakan persis di dekat makanan utama seperti daging atau seafood yang memiliki harga lebih mahal. Padahal biasanya konsumen cenderung akan mencicipi menu pendamping terlebih dahulu, sebagai pemanasan. Padahal, menu pendamping tersebut justru akan membuat perut lebih cepat terisi, dan nantinya bisa membuat Anda tidak dapat menikmati menu buffet dengan sepuasnya.

Jangan Lupakan Sayuran

Sumber Gambar

Walau makan menu buffet mewah seperti daging dan seafood sangat nikmat, namun Anda tetap tidak boleh melewatkan kebutuhan serat tubuh. Oleh sebab itu jangan lupa untuk memasukkan menu sayuran dalam makanan Anda. Mengkonsumsi sayuran bertujuan agar Anda tidak merasa begah dan enek setelah banyak mengkonsumsi makanan berprotein dan berlemak seperti daging. Selain itu, dengan makan sayuran bisa mencegah terjadinya konstipasi di hari berikutnya.

Hindari Minuman Bersoda

Selain air putih, biasanya di restoran buffet juga menyediakan menu buffet berupa beberapa jenis minuman seperti teh dan juga soda. Walau memakan daging dan minum soda tampak nikmat, tapi Anda perlu menghindari untuk mengkonsumsi minuman bersoda saat makan menu buffet. Sebab minuman manis dan juga bersoda bisa membuat lambung terasa tidak nyaman, begah, bahkan cepat kenyang.

Akhiri dengan Dessert

Tips terakhir dan tidak kalah penting saat menyantap menu buffet di restoran all you can eat adalah mengkonsumsi makanan penutup alias dessert. Menyantap dessert setelah menikmati menu buffet mewah bermanfaat agar perut tidak terasa mual atau enek karena terlalu banyak makan menu yang berlemak.

Itu dia beberapa tips menikmati menu buffet yang bisa Anda lakukan saat pergi makan ke restoran all you can eat.

Leave a Reply