Menu Catering Diet Mayo dalam 5 Hari

Catering diet mayo merupakan salah satu catering yang tengah digandrungi masyarakat urban Indonesia. Menu makanan berlandaskan asas diet mayo ini membatasi konsumsi karbohidrat dan garam. Nah sebelum lebih jauh mengetahui menu apa saja yang disajikan catering diet mayo, yuk kenali lebih jauh apa itu diet mayo.

Pengen langganan catering diet mayo? Kenali dulu apa itu diet mayo

Diet mayo merupakan jenis diet yang membatasi konsumsi karbohidrat dan garam. Diet ini umumnya dilakukan dalam rentang 13 hari. Para peserta yang menjalani diet mayo akan diminta mematuhi aturan dan larangan yang ada selama 13 hari tersebut. Diet ini menjanjikan penurunan berat badan hingga 7 kg selama siklus tersebut berlangsung. Klaim penurunan berat badan yang cepat dalam diet mayo boleh jadi dikarenakan berkurangnya asupan karbohidrat secara drastis.

Hari ini tidak sedikit katering makanan yang menyediakan menu 13 hari diet mayo. Salah satunya catering diet mayo. Umumnya catering dengan menu diet mayo menggunakan makanan yang diolah dengan cara dikukus atau dipanggang. Menu makanan catering tersebut diolah tanpa menggunakan garam, disajikan tanpa nasi, serta didominasi sayur dan sumber protein.

Beberapa pakar kesehatan juga melabeli diet mayo sebagai fad diet atau jenis diet yang belum dapat dibuktikan manfaatnya bagi kesehatan dan belum diketahui efeknya untuk jangka panjang.

Efek samping diet mayo

Diet mayo sangat membatasi konsumsi garam, sehingga bukan tidak mungkin Anda menjadi sering buang air kecil saat menjalani diet tersebut. Hal ini disebabkan tidak adanya garam yang mengikat air di dalam tubuh Anda.

Garam sendiri mengandung sodium, sebuah senyawa elektrolit yang bekerja untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Karena tidak ada air yang terikat, frekuensi buang air kecil pun meningkat. Otomatis Anda mengalami penurunan berat badan secara drastis akibat hilangnya cairan tubuh.

Meski demikian, ketika siklus 13 hari diet mayo selesai, dan Anda kembali pada pola makan sebelumnya, kenaikan berat badan dapat dengan mudah terjadi. Hal ini disebabkan, ketika Anda mengonsumsi catering diet mayo, Anda hanya membatasi kalori tanpa diiringi perubahan gaya hidup secara keseluruhan, sehingga berat badan Anda juga perlahan-lahan kembali seperti semula dikarenakan pola makan Anda sama seperti sebelumnya.

Pembatasan jumlah kalori saat langganan catering diet mayo

Saat menjalani program diet mayo maupun berlangganan catering diet mayo, ada beberapa tingkat asupan kalori yang perlu Anda ketahui. Asupan kalori setiap orang pun berbeda-beda berdasarkan jenis kelamin dan berat badannya.

Jumlah kalori pada wanita

  • 200 kalori per hari untuk wanita dengan berat badan < 110 kg
  • 400 kalori per hari untuk wanita dengan berat badan 110–135 kg
  • 600 kalori per hari untuk wanita berat badan di atas 140 kg

Jumlah kalori pada pria

  • 400 kalori per hari untuk pria dengan berat badan < 110 kg
  • 600 kalori per hari untuk pria dengan berat badan antara 110–135 kg
  • 800 kalori per hari untuk pria dengan berat badan > 135 kg

Agar mudah memahaminya, asupan kalori 1.200 per hari terdiri dari 4 porsi sayur atau lebih, 3 porsi buah atau lebih, 4 porsi karbohidrat, 3 porsi protein atau produk susu, dan 3 porsi lemak.

Menu catering diet mayo

Hal yang perlu Anda perhatikan ketika berlangganan catering diet mayo adalah program makan ini tidak sekadar membatasi asupan garam dan karbohidrat, melainkan turut mengedepankan diet dengan konsumsi gizi seimbang.

Nah, seperti yang sudah diterangkan sebelumnya, jumlah kalori menu catering diet mayo disesuaikan berdasarkan jenis kelamin dan berat badan setiap orang. Secara garis besar, deretan aspek ini yang disajikan dalam menu makanan catering diet mayo:

Perbanyak makan sayur dan buah

Salah dua makanan yang memiliki asupan kalori minimal yaitu sayur dan buah. Dua jenis makanan ini juga menjadi menu makanan dasar dari diet mayo.

Membatasi asupan garam

Garam berfungsi untuk mengikat air di dalam tubuh. Ketika asupan garam sedikit, jumlah air yang keluar dari tubuh pun meningkat, sehingga mendukung penurunan berat badan. Untuk memaksimalkannya, Anda harus menghindari konsumsi makanan dengan kandungan garam tersembunyi seperti makanan olahan.

Perbanyak asupan protein

Nah, ketika menjalani catering diet mayo, Anda juga dapat meningkatkan asupan protein untuk mengurangi konsumsi gula pada makanan yang mengandung karbohidrat. Meningkatkan asupan protein dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda terhindar dari kebiasaan makan berlebihan.

Membatasi asupan lemak

Asupan lemak berlebih dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Untuk menyiasatinya, catering diet mayo menjajakan banyak makanan yang melalui proses pengolahan dengan dikukus dan direbus.

Nah, setelah mengetahui aspek penting yang diperhatikan dalam menu catering diet mayo, yuk simak deretan makanan yang disajikan dalam menu catering diet mayo selama lima hari.

Menu catering diet mayo hari pertama 

Menu sarapan catering diet mayo hari pertama dapat dimulai dengan menyajikan teh maupun kopi yang boleh dikonsumsi bersama gula di pagi hari. Meski demikian hindari penggunaan susu.

Saat makan siang, catering diet mayo dapat menyajikan ayam kukus tanpa kulit dengan tambahan sedikit garam. Menu ini dapat ditemani mashed potato dan sayuran rebus seperti brokoli, wortel dan jagung. Pada malam hari, menu catering diet mayo beralih dengan daging tanpa lemak, sayur bayam dan buah.

Menu catering diet mayo hari kedua

Sedangkan untuk hari kedua, sarapan menu catering diet mayo dapat menyajikan jus buah bersama campuran gula, tanpa menggunakan susu. Untuk makan siang, catering diet mayo dapat menyajikan pepes ikan, tahu-tempe bacem dan urap. Sementara untuk malam hari kedua sajikan salad sayur bersama makaroni yang dibaluri minyak zaitun.

Menu catering diet mayo hari ketiga

Menu catering diet mayo hari ketiga menyajikan roti dengan telur yang dioleskan sedikit mentega di pagi hari. Sementara saat siang, sajikan daging panggang, sayuran rebus dan jagung. Lantas untuk malam hari ditutup dengan salad buah dan yogurt.

Menu catering diet mayo hari keempat

Hari keempat, menu catering diet mayo beralih menggunakan roti bakar dengan olesan selai dan sedikit mentega. Lalu untuk makan siang sajikan meatball, kentang dan sayur rebus. Sementara di malam hari, telur rebus dengan tambahan keju, wortel dan potongan buah.

Menu catering diet mayo hari kelima

Terakhir, menu catering diet mayo hari kelima dapat diisi dengan jus buah dengan tambahan gula, tanpa asupan susu di pagi hari. Selanjutnya, sajikan dada ayam rebus bersama sayuran hijau dan buah di siang hari. Dan pada malam hari, sajikan roti dengan tambahan telur dan sayuran.

Itulah deretan menu catering diet mayo dalam lima hari. Anda pun dapat mengkreasikan menu diet mayo dengan menakar jumlah kalori per hari dan memperhatikan aspek penting makanan yang dihadirkan dalam catering diet mayo.

Leave a Reply