Anti Mainstream, Berikut Resep Nasi Tumpeng Hijau dan Nasi Tumpeng Merah Putih

Sumber Gambar

Dalam kehidupan masyarakat Indonesia, keberadaan tumpeng kerap dijumpai dalam berbagai acara spesial. Misalnya saja, malam tirakatan dalam rangka 17 Agustus, acara ulang tahun, syukuran rumah baru, dan masih banyak lagi. Digunakannya nasi tumpeng dalam acara-acara tersebut tak lepas dari filosofi nasi tumpeng yang dimaknai oleh mayoritas masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu.

Biasanya nasi tumpeng dibuat dari nasi kuning, yang dibentuk mengerucut seperti puncak gunung di atas tampah besar, dan dihias sedemikian rupa agar tampak menarik. Namun dalam beberapa acara, nasi tumpeng juga dihidangkan dalam wadah box kardus sebagai sajian nasi kotak. Nasi tumpeng juga akan dilengkapi berbagai jenis menu lauk sebagai penambah citarasa. Untuk pemesanan nasi tumpeng ke https://nasikotakindonesia.com/harga-nasi-tumpeng/ Tapi belakangan ini muncul tren nasi tumpeng baru. Di mana nasi yang digunakan bukan lagi nasi kuning, tapi nasi dengan berbagai warna seperti hijau, biru, hingga jingga. Nah, apabila Anda ingin membuat nasi tumpeng warna-warni yang menarik untuk acara spesial, berikut resep nasi tumpeng hijau, dan warna-warna lainnya yang bisa dicoba.

Resep Nasi Tumpeng Hijau

Sumber Gambar

Warna hijau dikenal sebagai warna yang bisa menenangkan mata. Selain itu warna hijau pada nasi tumpeng juga kerap disimbolkan sebagai kekayaan alam di Indonesia yang terdiri dari banyak hutan-hutan hijau yang rimbun. Untuk membuat resep nasi tumpeng hijau yang alami dan aman untuk kesehatan karena tidak menggunakan pewarna makanan dari bahan kimia, berikut bahan yang diperlukan dan cara membuatnya:

Bahan Resep Nasi Tumpeng Hijau:

  • 1 kg beras putih
  • 500 ml santan kental
  • 20 lembar daun suji
  • 10 lembar daun pandan
  • 2 lembar daun serai
  • 2 ruas jahe
  • 4 lembar daun salam
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Pewarna Hijau Alami

Untuk mendapatkan warna hijau alami dengan kepekatan yang kental, perlu perbandingan sebesar 2:1 untuk jumlah daun suji dan daun pandan. Untuk takaran air sebesar 250 cc, Anda bisa menggunakan 10 lembar daun pandan dan 20 lembar daun suji. Sebelum proses membuat pewarna ini, jangan lupa untuk mencuci bersih terlebih dahulu bahan-bahan yang akan digunakan.

Setelah mencuci bersih daun pandan dan daun suji, potong-potong kecil daun tersebut kemudian blender hingga benar-benar halus. Kemudian saring hasil blenderan daun, dan diamkan beberapa menit untuk menghasilkan warna hijau yang lebih pekat. 

Cara Membuat Nasi Tumpeng Hijau

Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam resep nasi tumpeng hijau tentunya adalah mencuci beras hingga bersih. Kemudian masak santan hingga mendidih dalam panci atau wok pan, lalu masukkan beras yang tadi sudah dibersihkan, garam, dan pewarna alami yang sudah dibuat sebelumnya. Kemudian masak hingga setengah matang (karon). Setelah nasi sudah setengah matang, angkat nasi kemudian kukus selama kurang lebih 30 menit lamanya untuk mematangkan nasi dengan sempurna. Jika nasi sudah matang, angkat nasi dan diamkan sejenak hingga hangat, lalu bentuk nasi dengan menggunakan cetakan tumpeng untuk membuat nasi tumpeng hijau yang sempurna.

Resep Nasi Tumpeng Merah Putih

Sumber Gambar

Untuk memeriahkan perayaan 17 Agustus, sering diadakan perlombaan membuat nasi tumpeng baik di sekolah, kantor, maupun lingkungan tempat tinggal. Agar tumpeng yang Anda buat lain daripada lain, serta memiliki tema yang sesuai dengan hari kemerdekaan, Anda bisa mencoba membuat nasi tumpeng merah putih. Berikut ini resep nasi tumpeng merah putih yang dapat diikuti;

Resep Bahan Nasi Tumpeng Merah Putiha:

  •  1kg beras putih
  • 1200 liter santan kental
  • 2 batang sereh, geprek
  • 6 lembar daun jeruk, sobek-sobek
  • 4 lembar daun salam
  • 2 ruas lengkuas, geprek
  • Garam secukupnya
  • 4 buah bit

Cara Membuat Pewarna Merah yang Alami

Memang akan lebih mudah jika Anda membeli pewarna makanan yang banyak dijual di pasaran. Tapi tentu akan lebih aman jika membuat pewarna makanan sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang 100% alami. Untuk menghasilkan pewarna alami, ada beberapa bahan yang bisa digunakan mulai dari paprika, tomat, buah bit, hingga angkak yang merupakan hasil fermentasi dari beras putih jenis tertentu, yang dibiakkan dengan sejenis ragi khusus selama beberapa hari sehingga mengubah warna beras menjadi merah.

Namun kali ini Anda bisa membuat pewarna merah alami sendiri dengan mudah menggunakan buah bit. Caranya, siapkan 4 buah bit kemudian kupas dan cuci bersih. Setelah dicuci bersih potong dadu buah bit tadi, lalu blender hingga halus. Jika sudah benar-benar halus, saring hasil blenderan buah bit tadi agar ampas buah tidak ikut termasak.

Cara Membuat Nasi Tumpeng Merah Putih

Untuk membuat nasi tumpeng merah putih, Anda butuh memasak nasi sebanyak dua kali. Yang pertama, memasak nasi untuk bagian tumpeng putih. Setelah beras dicuci bersih, masukkan 500 gram beras ke dalam 600 ml santan yang sudah dididihkan. Tambahkan 3 lembar daun jeruk, 2 lembar daun salam,1 ruas lengkuas yang sudah digeprek serta garam secukupnya. Kemudian masak beras masak hingga setengah matang. Jika sudah setengah matang, angkat nasi setengah matang tersebut kemudian kukus hingga matang.

Sedangkan untuk membuat nasi tumpeng dengan bagian warna merah, masukkan beras sebanyak 500 gram ke dalam santan sebanyak 600 ml yang sudah mendidih, dan tak lupa tambahkan pewarna merah alami yang sudah dibuat sebelumnya. Selain itu untuk menambah citarasa, masukkan pula bumbu-bumbu dapur, seperti daun jeruk yang sudah disobek-sobek, lengkuas yang sudah digeprek, daun salam, serta tak ketinggalan garam. Jika semua bumbu pelengkap sudah dimasukkan masak beras hingga menjadi nasi setengah matang, setelah itu angkat nasi dan kukus sampai nasi benar-benar matang sempurna.

Anda pun tinggal membentuk nasi uduk warna putih dengan nasi uduk warna merah menggunakan pencetak tumpeng untuk membuat bentuk nasi tumpeng yang sempurna. Taruh nasi berwarna merah di bagian paling dalam cetakan nasi tumpeng hingga setengah bagian. Kemudian timpa dengan nasi berwarna putih. Tekan-tekan nasi agar melekat dengan baik. Setelah itu taruh hasil cetakan nasi tumpeng ke sebuah tampah, dan beri hiasan secantik mungkin. Dan untuk melengkapi nasi tumpeng, Anda bisa menambahkan lauk seperti ayam bakar atau ayam goreng, perkedel kentang, urap sayur, kering tempe, telur dadar iris atau telur dadar balado, dan berbagai laik lainnya sesuai selera.

Leave a Reply