khasiat ikan gabus
Selain Nikmat, Inilah Ragam Khasiat Ikan Gabus Untuk Kesehatan
12/10/2018
efek samping cuka apel
Awas, Inilah Efek Samping Cuka Apel jika Terlalu Sering Dikonsumsi
13/10/2018

Ingin Kuliah Di Universitas Kedokteran di Jerman? Perhatikan Hal Ini

universitas kedokteran di jerman

Universitas Kedokteran di Jerman – Pendidikan kedokteran merupakan salah satu jurusan favorit bagi masyarakat Indonesia. Selain karena karir yang jelas dan terstruktur kedepannya.

Pendidikan kedokteran juga memberikan pembentukan karakter yang bermutu tinggi. Seperti misalnya, di pendidikan kedokteran anda tidak hanya berkutat dengan ilmu medis semata. Tetapi juga berhubungan dengan moral, kode etik, kedisiplinan, respek dan apresiasi serta hormat.

Selain itu, pendidikan kedokteran juga mengajarkan sifat karakter kemanusiaan. Dimana selama menjalani proses pendidikan kedokteran.

Mereka diajarkan sifat humanis dengan objek penelitian berupa jenazah manusia. Hingga empati dan simpati dengan pasien sebagai objek kajian sekolahnya.

Daftar Universitas Kedokteran di Indonesia

universitas kedokteran di jerman
Pendidikan kedokteran di Indonesia biasanya terpusat di beberapa kampus negeri. Universitas seperti UI, UNPAD, UGM dan UNAIR. Merupakan salah satu tujuan utama mahasiswa pencari pendidikan kedokteran.

Tujuan mereka memilih biasanya karena kampus-kampus negeri tersebut memiliki sistem pendidikan kedokteran yang baik. Salah satunya adalah kerjasama dengan rumah sakit-rumah sakit terkemuka. Seperti UGM dengan RSUP Sardjito. UI dengan RSUP Tjipto Mangunkusumo. UNPAD dengan RSUP Hasan Sadikin. Dan Unair dengan RSUD Soetomo.

Baca Juga  6 Tempat Wisata di Jerman yang Tidak Boleh Dilewatkan Untuk Dikunjungi

Selain sistem pendidikannya yang baik, kampus-kampus negeri tersebut juga memiliki jejaring yang baik di tingkat nasional. Banyak alumnus pendidikan kedokteran kampus-kampus tersebut menduduki jabatan di IDI, IDAI atau IDGI. Sehingga memudahkan asosiasi kedokteran dalam berkomunikasi, bekerja dan mengupgrade ilmu-ilmu baru.

Ingin Kuliah Di Universitas Kedokteran di Jerman? Perhatikan Hal Ini

universitas kedokteran di jerman
Sementara kuliah kedokteran di luar negeri tentu saja berbeda dengan kuliah kedokteran di dalam negeri. Misalnya Inggris dan Belanda, yang menjadi salah satu negara dengan standar universitas kedokteran dan sains terbaik di dunia.

Mereka memiliki standar, kompetensi dan tentu saja fokus riset yang berbeda, Misalnya jika kuliah kedokteran di Indonesia

Anda akan lebih banyak mendapat materi soal dasar-dasar kedokteran umum dan materi khusus soal penyakit-penyakit tropis di Indonesia. Di universitas kedokteran di Indonesia, anda hanya butuh sekitar 5 tahun untuk menjadi dokter, sementara di luar negeri bisa saja berbeda.

Misalnya di negara Eropa Barat seperti Jerman. Kuliah kedokteran yang setara dengan sarjana ini. Harus ditempuh melalui studienkolleg dulu.

Hal ini karena seluruh pendidikan dasar dan menengah Jerman lebih lama setahun dibandingkan di Indonesia yang hanya 12 tahun. Fase studienkolleg juga menjadi ajang matrikulasi bagi siswa SMA pemegang ijazah non SMA Jerman.

– Setelah anda dinyatakan lulus studienkolleg

Maka baru bisa masuk seleksi ke jurusan kedokteran. Pendidikan Kedokteran di Jerman tidak mengenal sistem sarjana dan magister. Tetapi menggunakan sistem staatexamens.

Pendidikan dokter yang wajib diselesaikan dalam jangka waktu minimal 6 tahun (12 semester). waktu ini setara dengan standar master degree secara internasional. Namun, pada prakteknya, banyak perkuliahan molor menjadi 7 sampai 8 tahun. Mengingat keras dan susahnya perkuliahan di Jerman yang nyaris sempurna.

– Soal biaya kuliah kedokteran di Jerman

Seperti pengetahuan pada umumnya, pemerintah Jerman memberikan subsidi kuliah sarjana gratis bagi semua siswa dalam negeri, pemegang paspor Uni Eropa atau siswa internasional seperti dari Indonesia. Anda tidak akan dipungut biaya SPP. Hanya biaya-biaya penunjang administrasi seperti asuransi dan uang kegiatan kemahasiswaan.

– Biaya hidup di Jerman

Selain soal biaya SPP yang perlu anda ketahui. Biaya hidup di Jerman juga perlu dipertimbangkan. Pada umumnya, biaya hidup dan sewa apartemen atau kontrakan di Jerman jauh lebih murah di banding di Indonesia.

Baca Juga  5 Tips Mendapatkan Beasiswa S2 Jerman Dengan Mudah Untuk Anda

Hal ini terjadi karena Jerman banyak menerapkan subsidi pada beberapa sektor. Hal demikian juga ditunjang disiplinnya pemerintah Jerman dalam menerapkan dan menarik pajak.

Walaupun demikian, Jerman merupakan wilayah luas yang bisa jadi. Antar satu kota dengan kota lain memiliki biaya hidup yang berbeda. Tentu saja biaya hidup di kota-kota besar seperti Berlin, Bremen dan Dortmund jelas berbeda dengan biaya-biaya hidup di kota-kota pinggiran. Itulah mengapa, memilih universitas kedokteran di Jerman juga harus mempertimbangkan dengan kota tempat tinggal.

– Gaya hidup di Jerman

Gaya hidup anda juga akan mempengaruhi murah mahalnya anda berkuliah di Jerman. Jika anda menginginkan menjadi mahasiswa kedokteran di Jerman yang bisa berhemat. Maka memasak sendiri adalah pilihan terbaik dibandingkan jajan di luar.

Daftar Universitas Kedokteran di Jerman

Berikut di bahwa ini adalah daftar universitas-universitas bergengsi di Jerman yang membuka program studi kedokteran:

1.Techniacl University of Munich

2.RWTH Aachen University, anda pasti kenal dengan Habibie bukan? RWTH Aachen merupakan almamater Habibie.

3.Johannes Gutenberg University Mainz

4.Ludwigh Maximilian University of Munich

5.University of Freiburg

Baca Juga  Biaya Kuliah di Jerman Tanpa Beasiswa dan Perbandingan Biaya Kuliah

6.Jacobs University Bremen

7.University of Heidelberg

8.Karlsruhe Institute of Technology

9.University of Bonn

10.Friedrich Alexander Universitat Erlangen Nurnberg (FAU)

11.Dresden University of Technology

12.University of Kiel

13.Medizine, University Duisburg Essen

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *