manfaat wedang jahe
Selain Menghangatkan Tubuh, Inilah 5 Manfaat Wedang Jahe
23/10/2018
sistem pemerintahan jerman
Mengenal Sistem Pemerintahan Jerman Masa Kini
24/10/2018

Tips Menaikan Berat Badan Untuk Segala Usia dan Jenis Kelamin

tips menaikan berat badan

Tips Menaikan Berat Badan – Melakukan diet atau penurunan berat badan sering dilakukan dengan cara yang salah dan akhirnya menuju pada penurunan kesehatan.

Sama halnya dengan program menaikan berat badan, jika salah melakukannya bisa-bisa hanya penyakit yang muncul dan bukan kondisi tubuh yang bugar.

Baca Juga  Manfaat Ampas Kopi Mulai Dari Kecantikan hingga Pengusir Serangga

Masalah berat badan yang kurang tidak boleh diremehkan, mungkin Anda senang karena memiliki bentuk tubuh yang kurus namun apakah Anda sehat?

Jangan Konsumsi Obat-obatan Berbahaya Untuk Menambahkan Berat Badan

Lalu, bagaimana Anda mengecek apakah sudah memiliki berat badan yang ideal? Jika Anda memiliki angka BMI (Body Mass Index) di bawah 18.5 maka Anda memiliki berat badan di bawah angka normal.

Sangat berbahaya jika ini dibiarkan terutama Anda adalah wanita. Namun jika Anda memiliki angka BMI antara 18.5 hingga 25 mak tubuh dianggap normal dan perlu menjaganya dengan baik.

Baca Juga  Cara Menaikkan Berat Badan Bayi Dengan Cepat dan Tepat

Bagi Anda yang memiliki tubuh kurus dan ingin cara ambpuh menambah berat badan maka jangan konsumsi obat-obatan yang ditawarkan dengan harga murah.

Obat-obatan tersebut tidak terjamin khasiatnya dan juga kebanyakan tidak terbukti apakah berhasil.

Penggunaan obat-obatan penambah berat badan justru akan menimbulkan berbagai macam penyakit dalam jangka panjang

Sehingga ada baiknya Anda menghindari kesalahan tersebut sebaiknya Anda menaikan berat badan dengan cara yang normal dan sehat.

Tips Menaikan Berat Badan Untuk Segala Usia dan Jenis Kelamin

tips menaikan berat badan
Tahukah Anda bahwa beberapa studi mengatakan bahwa berat badan di bawah normal pada pria bisa mengakibatkan kematian.

Sedangkan untuk para wanita, badan yang terlalu kurus akan menimbulkan masalah pada kesuburan, masalah pada saat kehamilan karena kurang gizi, osteoporosis bahkan meningkatkan infeksi pada tubuh karena kekebalan tubuh yang menurun.

Baca Juga  Awas, Hindari 4 Daftar Makanan Penyebab Usus Buntu Ini

Jadi tidak hanya orang yang memiliki berat badan yang berlebih saja namun bagi Anda yang terlalu kurus karena kurang gizi saatnya menambahkan menu harian untuk menambah berat badan yang ideal dan sehat. Berikut ini beberapa tips menaikan berat badan yang sukses bahkan telah banyak digunakan.

1. Pilih Makanan yang Tepat

Ada banyak makanan yang wajib dikonsumsi ketika ingin menaikan berat badan. Namun makanan yang dikonsumsi haruslah yang bergizi.

Dimulai dari perbanyak konsumsi yang mengandung protein. Protein terdapat dalam berbagai macam jenis makanan dan inilah satu-satunya yang dibutuhakan tubuh untuk menaikan berat badan Anda.

Jenis-jenis makanan yang mengandung protein adalah ikan, daging dan telur yang merupakan protein hewani, atau protein nabati yang terkandung dalam kacang-kacangan.

Protein akan sangat mudah untuk membuat Anda cepat kenyang jadi pastikan Anda mendapatkannya sesuai kebutuhan.

Baca Juga  Manfaat Ubi Ungu yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Sajakah Itu?

Selain protenin Anda juga perlu mendapatkan karbohidrat dan lemak. Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan lemak yang tinggi adalah prioritas.

Pada makanan karbohidrat tinggi, Anda bisa mengkonsumsi gandum, nasi, umbi-umbian. Sedangkan untuk makanan lemak tinggi konsumsilah susu, olive oil, avocado oil, dll.

Kuncinya menambahkan makanan sehat akan menambah kalori Anda. Dapatkan kalori dua hingga tiga kali lipat dari kebutuhan kalori orang sehari-harinya.

2. Pilih Minuman yang Tepat

Ada banyak minuman yang bisa Anda konsumsi setiap harinya. Salah satu minuman yang wajib Anda konsumsi adalah smoothies.

Dengan adanya smoothies maka Anda akan mencukupi kandungan air serta vitamin. Meminum smoothies jauh lebih baik dibandinghkan Anda mengkonsumsi minuman bersoda atau minuman rasa-rasa seperti kopi, teh dan sirup. Anda bisa membuat jus buah yang dicampur dengan susu dan yoghurt. Tambahkan protein pada smoothies Anda dengan kacang-kangan.

Anda boleh minum air putih namun aturannya berbeda dengan orang diet. Jangan pernah meminum air putih sebelum makan karena ini akan memudahkan perut Anda kenyang. Minumlah air putih sebanyak yang Anda bisa.

3. Olahraga Secara Teratur

Anda ingin menaikan berat badan bukan berarti harus meninghalkan olahraga. Anda tetap harus menggerakan tubuh secara rutin untuk membentuk otot dan tubuh yang kencang.

Baca Juga  Selain Diminum, Ternyata Masker Susu Dancow Bisa Dimanfaatkan

Olahraga juga akan membuat badah Anda tetap bugar. Pastikan Anda hanya menggunakan olah raga ringan agar tidak terlalu banyak kalori yang terbakar. Anda bisa mengangkat beban ringan dan lakukan setiap dua kali seminggu.

Tidurlah yang cukup merupakan tips menaikan berat badan yang ampuh. Anda harus selalu meluangkan waktu untuk beristirahat dan tubuh Anda akan lebih rileks.

Artikel Terkait

Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *